Bagaimana Caranya Mengabdi dan Menjadi Anggota Intelijen Indonesia? » INTELIJEN INDONESIA

Tuesday, May 09, 2006

Bagaimana Caranya Mengabdi dan Menjadi Anggota Intelijen Indonesia?

Saya telah menerima dan mengecewakan entah berapa puluh e-mail dan unpublish comment dari rekan-rekan, mungkin mencapai seratusan lebih yang menanyakan bagaimana menjadi intel, meminta informasi tentang BIN atau bahkan meminta rekomendasi untuk bisa masuk dalam komunitas intelijen Indonesia.

Mungkin sudah waktunya bagi BIN untuk lebih transparan dengan melakukan rekrutmen terbuka yang lebih kompetitif sehingga calon-calon agen yang direkrut benar-benar pilihan. Hal ini tentunya tetap diiringi dengan sistem spotting agen yang tertutup. Dua mekanisme rekrutmen yang memiliki tujuan berbeda sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Menurut saya untuk agen-agen khusus operasional, sistem rekrutmen tertutup dengan spotting berbulan-bulan masih relevan, karena karakteristik agen yang dibutuhkan adalah kemampuan khusus yang unik yang dimiliki seseorang karena pengalaman hidupnya, karena keterampilan khususnya, karena jaring komunikasinya, karena aksesnya, dll. Setidaknya model ini sangat efektif dan tampak tetap menunjukkan bahwa agen yang direkrut cukup handal dan sebagian besar unsur sipil pimpinan BIN mungkin dari model ini, selebihnya sampah.

Sementara agen-agen analis lebih membutuhkan rekrutmen kompetitif yang bisa dilakukan secara terbuka di kampus-kampus terkemuka untuk mendapatkan calon agen terbaik. Seluruh Badan Intelijen di dunia seperti CIA, MI6, MOSSAD, ASIS, dll telah melakukan rekrutmen terbuka sejak lama. Bidang-bidang pendukung seperti teknologi informasi dan peralatan intelijen jelas membutuhkan kemampuan teknis yang tinggi dari lulusan informatika, telekomunikasi, elektronika, dll. Model ini sedikit-demi sedikit juga ditempuh oleh beberapa petinggi BIN yang mencoba mendeteksi calon-calon agen potensial dari kampus, cukup banyak yang menonjol hasilnya dan berhasil menyelamatkan muka BIN dikala krisis, tetapi jumlahnya sangat sedikit.
Sementara mayoritas agen BIN yang direkrut melalui jalur kekeluargaan yang tidak transparan oleh pejabat lainnya hanyalah sampah.

Sistem penyaringan yang ketat dan berlapis mudah saja untuk disusun bila BIN benar-benar ingin melakukan revitalisasi organisasi. Informasi tentang dibukanya kesempatan bergabung dengan BIN hanya dilakukan oleh para pejabat BIN yang akhirnya hanya memasukkan kenalan atau anggota keluarganya. Meski ada jaminan loyalitas, tetapi bagaimana dengan kemampuannya yang sangat terbatas. Sudah saat ketakutan BIN disusupi oleh calon agen yang tidak loyal kepada Negara dan Bangsa Indonesia disingkirkan, karena sekarang Indonesia sudah demokratis, tidak lagi menginteli bangsa sendiri secara intensif demi kepentingan dan kekuasaan politik kelompok penguasa. Tetapi mewaspadai ATHG yang sungguh-sungguh menjadi bahaya bagi rakyat, bangsa dan negara Indonesia.

Kehancuran organisasi BIN sejak akhir era 1980-an, 1990-an bahkan mungkin sampai tahun 2000-an jelas disebabkan oleh buruknya sistem rekrutmen kekeluargaan semacam itu. Meski saya dengar mantan Kepala BIN, Jenderal (purn) AM Hendropriyono telah merancang mekanisme rekrutmen yang lebih baik dan kompetitif serta meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan. Namun fakta bahwa tidak semua calon agen potensial di masyarakat tahu tentang adanya rekrutmen BIN, menurunkan prosentase kemungkinan calon agen terbaik yang terpilih masuk menjadi anggota intelijen.

Semoga para pejabat BIN tergugah untuk melakukan reformasi organisasi.

Sekian
Comments:
Saya setuju dengan Tulisan Anda Pak!
Sudah saatnya BIN lebih Transparan dalam proses rekruitmennya, seperti yang diadakan oleh Agen2 Intelijen Dunia lainnya, agar mereka bisa bertindak "profesional" dalam menjalankan tugasnya.

Bagi petinggi BIN, di tunggu "reformasi" dan restrukturisasi proses rekrutmen calon "agent2" nya..!
 
Coba Dech BIN mengumumkan recruitment di Koran-Koran Terkemuka. Dijamin banyak bibit unggul yg akan mendaftar.
Jangan system tertutup seperti sekarang ini. Hasilnya hanya intel-intel gebleg yg memberikan analisis SAMPAH kepada SBY. Atau, memang itukah tujuannya ?? Wallahualam....
 
saya kira banyak mahasiswa hubungan international kita yang bright, highly skilled dan multi talented, yang bisa direkrut dan juga dididik di Caraka Muda untuk jadi diplomat sekaligus agen intelijen. It's about time Departmen Luar Negeri dan Badan Intelijen Negara memikirkan hal ini.

oh iya, mengenai rekrut terbuka itu, bagaimana bila I-I membahas mengenai sekolah Intelijen di Sentul (S1) dan International School of Inteligence di Batam (S2) tidak banyak yang tahu bagaimana caranya bisa masuk dan diterima disana.
 
Yah,menarik sekali ulasan Bapak tersebut. Saya sendiri selama ini nyari2 info gimana sih prosedur rekrutmen anggota BIN tersebut. Tahunya gitu ya. sangat nepotik. Pantas hasilnya begitu.
 
Setuju...!!saya sangat setuju dengan anda.Saatnya BIN lebih profesional,lebih kompeten.Saya yang sudah beberapa kali "main" ke SENO RAYA dan sempat mengambil beberapa copy-an dokumen, masih bisa mengulangi aksi serupa.tapi sekarang saatnya dewasa, tidak lagi seperti dulu yang sangat berani untuk adu nyali seperti itu.Semoga ALLAH SWT memberikan kekuatan bagi kita semua yang cinta dan rela berkorban bagi RI.

ABWEHRMEISTER
 
Ada yang tertarik untuk membahas bagaimana masuk sekolah intelijen di sentul (s1) atau yang di batam (s2), atau rencana ini gagalkah..? Karena pergantian tampuk kepemimpinan di negara ini dan juga perubahan rezim di organisasi BIN..? Benarkah..? Mohon Pencerahannya..!
 
Bapak Senopati Wirang yang saya hormati dan saudara/saudari pengunjung/pembaca blok I-I yang budiman. Ijinkan saya untuk berbagi beberapa pertanyaan sebagai berikut:

Sebenarnya, yang disebut dengan intelijen yang "profesional" itu pengertiannya bagaimana sih?

Atau, apakah memang ada alat ukur/ standard untuk menilai ke"profesional"an intelijen?

Atas perhatian, jawaban dan tanggapannya,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

PS: Ngomong-ngomong soal "SAMPAH", saya jadi inget pepatah yang mengatakan, "SAMPAH BAGI SESEORANG, MUNGKIN SAJA MERUPAKAN HARTA KARUN BAGI ORANG LAIN".
 
saya sangat setuju sekali dengan apa yang bapak ungkapkan.Sudah seharusnya terdapat transparasi pada lembaga ini.Saya berharap semoga di masa mendatang tidak terjadi nepotisme dalam rekruitmen anggota BIN
 
saya sangat setuju sekali dengan apa yang bapak ungkapkan.Sudah seharusnya terdapat transparasi pada lembaga ini.Saya berharap semoga di masa mendatang tidak terjadi nepotisme dalam rekruitmen anggota BIN
 
Wah saya ini kebetulan buka-buka internet lalu masuk disini ... sangat menarik pak ! terutama komentar tentang transparansi perekrutan untuk menjadi Intel. Tapi bagaimana ya... namanya juga jadi Intelijen, kalau semuanya harus terbuka dan transparant wah kayaknya malah jadi berbahaya bagi agen-agen kita .... dan kalau tidak salah perekrutan agen itu kalau dilihat dari kebutuhan juga unik ... ada yang organik ada yang jadi aset ... ada yang tidur hanya bangun kalau disuruh.... sesuai bidang nya... baik analis,combat atau lainnya nya .... jadi, bagaimana ya ? kayaknya harus dibedakan perekrutan agen rahasia dan reserse polisi ... wah saya juga nggak tahu benar nggak nih komentar saya. Maklum tahu beginian cuma dari buku, film dan internet saja.

Salam hormat
CRT
 
selama ini rekrutmen BIN dilakukan melalui 2 cara, terbuka dan tertutup. utk terbuka sampai saat ini hanya bagi yg memiliki akses langsung ke dlm institusi, sdgkan tertutup dilakukan melalui spotting, proses pembinaan dan rekrut yg cukup lama. hal ini yg membuat BIN tdk dpt menyerap tenaga ahli yg cakap dan kompeten.
 
kakkak bisa jadi intel apa saja
 
menilik tulisan dan komentar di blog ini, khususnya tentang sistem perekrutan intel, saya juga sedih. benar juga bahwa sistem perekrutan tertutup bisa menjamin loyalitas, namun juga di sisi lain kurang menguntungkan karena hanya akan menghasilkan intel "karbitan". jadi, mungkin ada baiknya kalau sistem perekrutan intel juga sudah mengakomodir tujuan perekrutan itu sendiri, mencari bibit intel handal : jaring bibit intel dengan teka-teki dan biarkan mereka menentukan sendiri kualitasnya
 
heran gw ...kanapa sech pd doyan amat jade agen intelijen ...emeng dah pd hebat apa klo jade kayak jamesbond bisa pistol dikanankiri, cewek-cewek bahenol pd lengket, kluar masuk hotel, wira wiri pceicilan ....hahahah geli gw liat lho pada yg mo jade intel....intel melayu ....kacian de lhoooo.....kayak benyamin spion jigo ( 25 )maseh mending kayak jony english mr.bean.......hahahaha....puas ...tawanyab
 
Pak bagaimana cara rekriutment intellejen bagaimana cara saya ikut andil dalam membela negara...saya pernah didekati oleh seseorang yg mengaku sebagai "komandan Intel untuk sunda besar" benar ada nama komandan seperti itu? dia mau merekrut saya...
thx pak..mohon tanggapan bapak e-mail saya dewa_kayana@yahoo.com
 
YANg TerhoRmat Bapak SenoPAti, SayA KepEngen SekAli mEnjaDi IntelIjen Untuk mENgaBdi KEpAda NEgArA ini. BagaimanA Caranya?
 
bApAk SenopaTi KawiLArang Yang SAya Hormati. Saya tertarik sekali dengan Sekolah Intelijen. Bagaimana caranya masuk ke sekolah itu? Apakah Peraturannya begitu ketat? Syaratnya apa Saja? Saya mohon jawaban yang Jelas Dari BApak. Wassallam
 
saya mendukung bapak sepenuhnya. seorang Intel memang diajarkan seperti itu untuk bertahan hidup sesuai instinct mereka. hidup Indonesia
 
hidup Indonesia
 
salam merdeka, saya akan mendukung sepenuhnya perjuangan bapak.
 
Salam kenal Senopati, tulisan bapak sangat asyik untuk dibaca.
Pak apa sich keuntungan menjadi intel ? Apakah setiap intel harus hidup dalam kepura-puraan ? Bukankah hidup itu lebih nikmat bila kita bersikap apa adanya dan tidak pusing dengan urusan orang lain.

rian zombie
 
sampah masuk, kelauarnya juga produk sampah. gimana mau ada informasi berharga
 
Sbenarnya saya cman iseng doang buka blog bapak..
but, stelah baca ulasan bapak saya setuju kalo Intelijen Indonesia dlm prekrutannya perlu sedikt transparan,,
if u dont minD,
kenapa bapak tdk menjlaskan potensi2 apa yg diperlukan, plus kriteria dlm perekrutan,
and gmN caranya ke terima di sekolah intelijen di sentul/international school og inteligence di Batam...
soaLnya dari kecil sy sukaaaa bgt sama dunia inteligen & pengen bgt mengabdi di dunia intelijen.
saya jamin tidak sdikit warga indo yg punya potensi tertarik masuk dalam BIN..
yeA..
BapK sMangat Aja Ya,
sy stuJu koq dgn bapak..


[Lrz12]
 
Apa kabar senopati wirang, mari bicara soal masa depan nusantara
-Jafaro-
 
apa kabar senopatI..?
riNdu ingin jumpa..
-jaFarO-
 
sy gak setuju kalau perekrutan secara terbuka,kalaupun terbuka hanya sebatas untuk civitas akademika S1/S2 intelejen di Batam,namanya juga intelejen ya harus rahasia donk. Walau dalam kegiatan operasionalnya bisa diubah sesuai kebutuhan tetapi tetaplah perlu waspada prilaku "intel melayu",lebih baik peningkatan keilmuan intelejen bagi rekan2 yg bekerja dikedutaan ataupun masyarakat arus bawah spy lebih mengakar.
 
Salam hormat, Saya adalah jaring intel di 204, dan saya ingin menanyakan, apakah di BIN juga ada jaring intelnya, dan kalo ada bagaimana cara menjadi jaring intel BIN..Thx.scout_smabelz@yahoo.co.id
 
bagaimana caranya untuk menjadi anggota bin, apakah harus mempunyai latar belakang militer atau mempunyai kemampuan untuk bela diri atau kemampuan tertentu yang dibutuh bagi seorang intelijen, tapi saya nyakin bahwa orang awam akan dapat bersaing dan menjadi yang terbaik jika diberi kesempatan yang adil serta pelatihan yang intensif.

jaya selalu BIN

terima kasih, harap di balas.

moro_koresha@yahoo.co.id
 
Saya Atha, salam kenal..
Hmmm... bisa minta alamat e-mailnya...

please send your adress to: sukhoi7lima@yahoo.com

Thanks b4...
 
saya sebenarnya stuju2 saja klo rekruitmen scr trtutup. tp yg perlu disadari oleh para atasan2, bahwa sangat byk diluar sana warga negara yang jg ingin ber pro aktif dlm bela ngara.
hidup intelijn...........
 
saya berminat utk menjadi agen BIN, apa saja syarat2nya?
email saya reza_kadir@yahoo.com
 
Apa selama ini Anda tidak tau, bagaimana cara untuk jadi agen Intelejen Negara?
Negara kita sudah memberikan kesempatan kepada para generasi muda untuk dididik menjadi intel, dan sesuatu yang menyangkut rahasia negara.
Jika Anda Ingat "Akademi Sandi Negara" yang beralamat di Jl. Harosno RM No. 45 Ragunan Jakarta Selatan, Disitulah generasi muda kita didik menjadi calon Intel yang profesional.
tapi Jujur saya kurang tahu apakah selain di akademi tersebut ada jalan lain untuk jadi intel negera, sebab kalau melalui pendidikan di AKSARA (Akademi Sandi Negara") Usia dibatasi max 22 th. Mungkin ada jalur lain untuk bisa jadi agen intel di indonesia, mohon bagi yag tahu, beritahu saya.
Terima kasih.
 
saya siap berbakti pada negara.
 
PARA PEMIMPIN NEGARA PASTI TAHU YANG TERBAIK BUAT NEGARA.SAYA JUGA INGIN BERBAKTI PADA NEGARA TAPI JIKA ITU BELUM DIBUTUHKAN ???? SEKARANG KITA BANTU NEGARA DENGAN JALAN LAIN.CONTOHNYA BEKERJA DENGAN TEKUN SUPAYA PEREKONOMIAN LEKAS BANGKIT. SAYA IDFI DI J.IDFI@YAHOO.CO.ID
 
"Haaaah..?" jadi agent.....mmmmmm
enak kali ya,bayarannya dollar,kerja cuma kalo ditelpon saja, kalo nggak ditelpon ya jadi sleep cell,punya gadget macem2, bisa ngerjain orang sampe babak belur lagi..kikikik....
bisa jadi siapa saja.....

paradoxiah at ipaddr 192
 
Mau Tanya Caranya Untuk Menjadi Intelejent Bagaimana?
Dan Prosedurnya Bagaimana?

E mail Saya bima_primaga@telkom.net
 
Wah.Wah saya baru nemu tulisan yg sangat berani. padahal baru semalam saya berencana untuk menulis blog mengenai intelijen. Karena selama ini saya hanya post blog ttg dunia telematika, hacking dan marketing. Walau saya orang elektro, Saya sangat suka dengan dunia intelijen, politik dan perkembangan dunia.Dari komik detectif conan,sherlock holmes sampai tontonan berbau intelijen/mata2 kayak prison break dan the x-files, saya sikat.Bahkan berencana tuk terjun di dunia ini.setelah membaca tulisan anda membuat saya malah tambah penasaran.Bacaan yg full energy!!!Saya sangat tertantang. Saya tunggu POST anda selanjutnya
 
saya setuju tuh BIN biar dapat agen yg baik tuh harus input yg baik.jadi binkin aja web biar smua org bisa liat seperti apa. even CIA punya web site and tawarin beasiswa lagi.ngaak smua intel tuh kayak james bond..justru ini typical agent cepat mati.kta hrs bangga banget gila ngaak bnyk lo org yg mau kerja kayak gini..its not something yo can be proud of..masak masuk warteg trus lgs bilang gue agen BIN gila bisa kabur dong penjahat nya...yg ada we lie,decive bahkan to the people we love dsb.live somebody else live apa anda siap buat itu smua??.klau anda tanya saya. SAYA JAWAB SIAP!!!.SAYA CINTA NEGERI INI DAN SIAP MATI UNTUK DIA MERDEKA
 
Pak, saya sangat setuju dengan tulisan bapak. Untuk personil BIN di bidang operasional, lebih baik perekrutannya dari psikologi perorangan yg bisa memenuhi kriteria dan standar nasional. Banyak anggota BIN kita untuk mudah ditrobosi brikade pertahanannya yg disebabkan karena goblok........ Bayangkan aja, warga papua visa mengibarkan bendera pemberontakan di hadapan presiden. Berarti BIN ga di ajarin cara mendeteksi info secara dini. itu semua karena anggotanya yg lemah, atau kualitas pendidikan yg bego....
Presiden juga harus ambil andil dalam hal ini. untuk Bpk Senopati, teruslah berjuang untuk ketahanan NKRI. OK!
 
saya seorang laki2 umur 17 tahun.saya sdh kenal dunia inteligen dri bangku sd....

bin jgn memper sulit orang bwt jdi intel donk.....

sya harap ad kejeleasan bwt para agen muda......
 
maaf saya kira untuk gabung atau masuk kedalam BIN tidak mudah seperti apa yang kita bayangkan . jika BIN melakukan perekrutan secara terang2an maka namanya buka BIN. karena semua yang dilakukan harus seara rahasia.kinerja BIN saat ini cukup baik untuk mencari informasi dinegara kita yang tercinta ini.dalam perekrutan anggota2 baru untuk BIN banyak syaratnya.maaf apakah anda sudah mengetahui bahwa BIN membela NKRI mati2an.banyak dari para anggota BIN yang tewas tetapi namanya tidak ada dimedia manapun ( bahkan untuk ukuran seorang pahlawan). para anggota BIN mengapdi pada NKRI tanpa mengembel2kan identitas sebagai pahlawan melainkan pengabdian terhadap NKRI.coba anda lihat kasus lain yang telah dipecahkan oleh BIN. apa anda sudah mengetahui kasus apa yang sudah dipecahkan oleh BIN ? anda tidak tau kan bahwa anggota CIA agent america ada diindonesia.
 
saya sangat setuju dengan komentar bapak,saya rasa perlu adanya reformasi di bin terutama pada permasalahan rekrutmen agen intelejen negara.
saya siap mengabdi kepada negara dengan menajdi salah satu agen intelejen negara, bagaimana caranya pak ?
 
saya sangat setuju dengan komentar bapak, saya kira perlu adanya reformasi di tubuh bin itu sendiri, dan perlu adanya transparansi dalam perekrutan agen intelejen negara.
saya siap untuk mengabdi pada negara ini dengan menajdi salah satu agen intelejen negara, bagaimana caranya pak ?
tolong diiinformasikan ke saya sekiranya ada rekrutmen agen intelejen negara. ni email saya arifman_78@yahoo.co.id.
 
pak, bagaimana caranya saya untuk bisa menjadi agen entelejen negara ?
tolong informasikan ke email saya arifman_78@yahoo.co.id
 
pak, tolong informasikan kalo ada rekrutmen calon intelejen negara ke email saya arifman_78@yahoo.co.id. trims....
 
Saya tertarik untuk ikut andil bela negara di bidang Intelijen, mohon petunjuk bagaimana caranya untuk dpt mengakses ke dlm jaring BIN tersebut. Mengingat masih banyaknya muatan yg telah saya miliki utk dpt ditindaklanjuti rekan2 dari BIN, terimakasih. Caping gunung. E mail : www.gubugopak@yahoo.com
 
Seorang intelejen itu melakukan semua tugas pengamanan tertutup, tidak mungkin dibuat menjadi transparant ntar namanya bukan intel lagi. Dari perekrutan, pelatihan, lulus, tugas lapangan dan mungkin akhirnya mati semua dalam situasi yang TERTUTUP. Kalau membayangkan seorang agen intel selalu bawa senjata, main perempuan, keluar masuk hotel, berantem... itu karena anda terlalu banyak nonton film 007, seorang intel harus melakukan tugasnya dengan "silent" tidak menarik perhatian, mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan seakurat mungkin dan selalu menghindari kontak fisik dengan sumber informasinya. Kalau urusan angkat senjata atau berantem itu bukan kerjaan intel, serahkan saja pada pasukan khusus yang memang dilatih untuk itu. So... mau jadi intel???... lakukan saja, cari dan kumpulkan semua informasi yang anda nilai membahayakan stabilitas NKRI disemua aspek, analisa dan simpulkan. Kemudian laporkan ke BIN, InsyaAllah informasi anda akan ditindak lanjuti, dan saat itu anda sudah menjadi seorang INFORMAN INTEL. Sama aja kan ???... sama-sama membela, mengabdi dan menjaga NKRI. Bedanya kalau anggota BIN dapat Gaji dan tunjangan, sedangkan anda tidak. Tapi kalau anda sudah lakukan tugas intel/Pengamanan Tertutup untuk NKRI, siapa yang tidak ingin merekrut anda sebagai agen ?????....
 
waw, gimana ya cara daftar ke-BIN? saya dari dulu juga bercita-cita jadi spy gituh, hehe.. oh ya agen untuk tingkat SMA ada gak ya? kalau ada tolong dikirimin ya ke e-mail sayasal_nibel@mig33.com , thanks..
 
menanggapi pak kawilarang,tentunya bapak tau bahwa open recruitment yang dilakukan oleh CIA dan badan intelejen negara asing dilaksanakan n,hanya sebatas untuk perekrutan staff admin,sedangkan untuk field operative(agen),tidak pernah mereka lakukan secara terbuka,bahkan sampai level setingkat eselon 2(kalau di Indonesia)tidak memiliki akses pada agent log file (daftar agen) karena sifatnya yang top secret,saya rasa langkah yang dilakukan oleh bin saat ini sudah tepat,memilih field agent berdasarkan pemantauan lapangan dari agen senior,karena kalau kita melihat pada keadaan Indonesia itu merupakan hal yang tepat (budget),tapimemang kalau perekrutan agen berdasarkan koneksi/hubungan keluarga saya dapat mengatakan bahwa saya sts (sangat tidak setuju) karena hal seperti inilah yang akan mengakibatkan timbulnya seorang agen yang mengungkap identitas dirinya di khalayak umum demi kepentingan pribadi (intimidasi ,kebanggaan belaka)...seperti misalnya ada komen yang saya baca mengaku sebagai jaring 204,hehehehehehe INTEL kok ngaku
 
aq mau dong jadi anggota bin kalau ada rekrutmen hub aq yah
dirga_conan@yahoo.com
 
MENJADI ANGGOTA BIN TIDAKLAH ENAK SEPERTI YANG KALIAN TAHU....
SEORANG ANGGOTA BIN MEMPUNYAI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB YANG BESAR...
( HIDUP ADALAH PILIHAN )
( MATI ADALAH KEPUTUSAN )
SALAM " 107 "
 
tidak gampang menjadi seorang agen,dimana dia diharuskan menciptakan suatu alibi setiap kegiatan yang dia buat,seorang agen harus bisa "membunuh orang tuanya baru bisa jadi agen sukses"
 
Banyak yang ingin bergabung dengan BIN.apakah anda tahu gimana cara kerja BIN ? mungkin hanya menebak nebak,jangan samakan BIN dengan yang lain.yang mengaku BIN semua BIN palsu.yang tau dia anggota BIN hanya atasan dan diri dia sendiri.jadi apakah BIN itu ada apa tidak ? tidak ada yag tau.hanya orang tertentu saja yag tau.saran saya jika ingin menjadi anggota BIN pikirkanlah 1000 kali.TIDAK SEGAMAPANG YANG ANDA ANDA PIKIRKAN.....SALAM XXX
 
BIn ga akan pernah open recruitmen, selain buang2 duit juga loyalitasnya diragukan.
BIN telah menghususkan diri sebagai pelayan penguasa dan pengusaha. yang direkrut hanya orang2 tertentu sekeliling pejabat BIN, penguasa dan pengusaha. persetan soal kerjaan yang penting dapat gaji buta.. kalo bin ada kerjanya BALI ga mungkin bisa diledakin sampai dua kali.
 
menjadi anggota BIN tidaklah keren, cuma makan gaji buta tanpa kerja.. keahliannya cuma nakut-nakutin orang kere..paling hebat cuman bisa bunuh rakyat bangsa sendiri
 
humas di perusahaan2 besar di indonesia dijadikan intelijen aja tuchh,,bapak2 BIN...di rekrut trus mreka di didik,,coz mreka itulah ujung tombak perekonomian negara RI pak..gak ada mreka gak bakal bisa makmur negara kita pak...please di follow up yach..bapak2 Intelijen RI!

salam
spy_88
 
Perekrutan agen rahasia sepertinya memang dilakukan secara diam-diam, treatment nya perseorangan, seperti John Perkins yang direkrut oleh NSA, atau Viktor Ostrovski yang direkrut Mossad. Kalau terbuka, bukan agen rahasia namanya, tapi agen rahasia umum.
 
Sesuatu hal yg wajar jika BIN lemah, saya amati BIN slalu kecolongan karena mental positif agent kurang di bangun, yg meliputi integritas,loyalitas,kesediaan untk melayani, disiplin,fokus,dan ikhlas. Itupun juga bisa di terapkan untk semua golongan. Saya memang tdk skolah tinggi hanya lulusan smk penerbangan, tp saya selalu mengamati NKRI ini, saya saat ini mendapat kepercayaan dari salah satu perusahaan besar indonesia untk mengawasi,mengamati, memberi informasi, perkembangan hasil laut untk wilayah indonesia barat. Survive, segala medan. Istilahnya menang tak dipuji, kalah di caci,mati tak dicari. Mungkin itu yg harus benar2 di realisasikan di tubuh BIN...! Pak seno smoga tulisan ini bermanfaat bagi BIN khususnya. Karena NKRI ini harus kita jaga keutuhannya. Dari pengamatan saya indonesia timur harus di backup BIN lebih ekstra. Jng sampe kena infiltrasi. Tank's ypurchasingarea@gmail.com
 
Ada orang-orang yang melebihi Intelijen BIN atau apapun hasil rekayasa manusia, yang lebih dominan dengan kekuatan intelektual. Namanya aja Ikan ntelijen artinya, dari kekuatan hasil pikiran intelektual mencari dan menganalisa sesuatu informasi secara berkala, tapi Intelijen yang saya maksud adalah Intelijen yang dibentuk oleh Alam itu sendiri. Orang-orang inilah yang sangat pantas menjadi Intelijen Dunia, karena potensi dan kelebihannya bisa menyelamat dunia dan alam semesta ini dari kehancuran. Mereka lebih banyak menggunakan teknologi Quantum yang ada dalam dirinya, dengan peran otak intelektual hampir dikatakan sedikit saja. Orang-orang inilah terpilih secara alami oleh alam dan Tuhan.
 
Rekrutlah orang-orang yang benar punya potensi insan kamil dan perannya dibalik tirai' cukup teruji. Seperti peledakan bom oleh kelompok2 teroris akan bisa digagalkan dengan orang2 seperti ini. Cobalah rekrut, pasti ketemu urangnya...samapai ketemu.
 
Pak Seno di Batma sekolahnya dimana??? Kebetulan saya tinggal di Batam... Saya mau masuk nie jadi intel untuk negara....
 
Lalu, hingga saat ini apa sudah ada cara merekrut agen yang lebih transparan?
Atau sudah ada beberapa orang (masyarakat non pemerintahan) yang tau hal rekrutisasi BIN?
Cara paling tidak mendaftarkan diri di 'tes' calon agen gmn?
 
Saya rasa BIN anggarannya perlu ditingkatkan lagi deh supaya kinerjanya meningkat,seperti CIA yg anggaranya mencapai 20 miliar US$/tahun
 
Apa konsekwensi bagi anggota bin yg identitasnya diketahui oleh orang lain?
 
Wah wah wah...
Sampe ngiler Om, saya membacanya...
Sebelumnya saya mohon maaf nich Om... Mnrt Saya dari dulu jg ada lho om yang d rekrut scr terbuka, tp di bagian OB n Cleaning Service BIN...

Klo yang laen saya kurang tau persis nich om, Tapi Jika kita bayangkan ya Om... BIN Rekrut scr "buka2an" ??? Apa gak sama dengan ngbugilin Negara kita Om??? :'(
Itu khan Aib Namanya Om...
Kita manusia aja kagak mau d bugilin, apalagi d tengah umum...
 
Wah wah wah...
Sampe ngiler Om, saya membacanya...
Sebelumnya saya mohon maaf nich Om... Mnrt Saya dari dulu jg ada lho om yang d rekrut scr terbuka, tp di bagian OB n Cleaning Service BIN...

Klo yang laen saya kurang tau persis nich om, Tapi Jika kita bayangkan ya Om... BIN Rekrut scr "buka2an" ??? Apa gak sama dengan ngbugilin Negara kita Om??? :'(
Itu khan Aib Namanya Om...
Kita manusia aja kagak mau d bugilin, apalagi d tengah umum...
 
Gw pernah mau direkrut paksa untuk menjadi anggota BIN.
knp? karena gw punya indera ke 5 untuk mengenal mereka wlpun berwajah 82. Benar2 lucu jd spy kok gitu! Hahaha

Alhamdulillah gw selamat dari lingkaran itu..!!

Kalo pingin hidup bebas dan bahagia JANGAN MAU JADI ANGGOTA BIN!!

Banyak cara untuk membela NKRI salah satunya tidak membuah sampah sembarangan.. hehe


SELAMAT BERJUANG!!!
 
Dengan segala kerendahan hati saya untuk mencari tahu, bagaimana proses rektuiment institusi BIN. Ketika saya ingin meng-aktualisasikan diri saya sebagai abdi negara dalam wujud agen rahasia (informan) sesuai dengan kapabilitas dan kemampuan saya. Mungkin ada yang saya tahu, tapi tidak diketahui oleh BIN. Dengan demikian hal-hal yang menyangkut keselamatan dan keutuhan sebuah Negara seperti Indonesia bisa diberikan informasi secara berkala. Salam
 
BIN. BADAN INTELJEN NEGARA, saya Harap dengan rendah diri sebagai warga indonesia. Bebaskan Budaya Birokrasi"
 
saya mau dunk jadi anggota BIN..saya siap aja...ni no hp saya 085718666042..saya di kemayoran Jakarta..makasi
 
"kekuatan anggota intelejen negara terletak pada jiwa masing2 individual manusia itu sendiri, kerahasiaan harus benar2 dijaga... kekuatan seorang intelejen negara tidak diukur dari kemauan keras untuk memiliki sesuatu, tetapi kemauan keras untuk menyimpan sesuatu,. bukan dengan pemikiran tapi dengan nurani.......
untuk menjadi anggota badan intelejen negara, harus rela meninggalkan apapun, keluarga, uang, dan kehidupan normal....
karena anggota intelejen, adalah pengabdi negara, untuk membantu negara, dan bukan untuk membantu diri sendiri...........

thank's Darkley 31
 
Namanya juga BIN, masa transparan....Bukan BIN itu!!!!
Kalau BIN, pacar, istri, keluarga, bahkan siapapun tidak ada yang tahu, kecuali pemberi perintah, kali....

Intinya, tidak transparan bukan berarti tidak berkualitas, tapi tunjukanlah rekruitmen yang berkulaitas namun tetap tersembunyi, namanya juga BIN....hidup BIN
 
Namanya juga BIN masa harus terbuka!
Kalau terbuka bukan BIN...
BIN itu, istri, kekasih, keluarga bahkan orang terdekat pun, tidak tahu..kalau ditahu bukan BIN lagi tu...
 
Indonesia sdh seharusnya memiliki intelijen yang tangguh dan kompoten, mengingat indonesia sekarang menjadi rumah bagi para benalu teroris...

maju terus BIN...

rekrutlah yang benar2 loyalitas untuk negara..

kami siap membela negara

NKRI harga mati....
 
Jika bagian rekruitmen BIN tanggap, ada memang orang-orang yang tidak butuh pengakuan untuk bisa bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab, dan mereka-lah yang sangat tahu persis apa yang terjadi seluruh belahan dunia ini, termasuk apa yang menjadi rahasia Mozzad". Namun hanya sedikit yang paham. Semoga BIN tidak sia-sia dalam mencari dan menemukannya, walaupun sama halnya mencari jarum dalam belantara hutan...
 
Personil BIN setidaknya mempunyai pengetahuan, pemahaman mengenai manusia dan proses terjadinya manusia secara sains. Sehingga ia menjadi personil BIN yang handal dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan tugas-tugasnya yang sangat holistik. Tanpa itu, saya rasa mereka terkalahkan oleh musuh-musuh yang akan setiap saat mengintai mereka. salam - semar
 
Personil BIN setidaknya mempunyai pengetahuan, pemahaman mengenai manusia dan proses terjadinya manusia secara sains. Sehingga ia menjadi personil BIN yang handal dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan tugas-tugasnya yang sangat holistik. Tanpa itu, saya rasa mereka terkalahkan oleh musuh-musuh yang akan setiap saat mengintai mereka. salam - semar
 
saya heran melihat teman2 banyak yg tertarik ingin menjadi agen.., padahal kalau hanya ingin mengabdi kepada negara cukup dengan menekuni profesi kita dengan baik dan tetap menjaga rasa nasionalisme serta integritas kita kepada negara.., dengan begitu saya yakin kita telah ikut membantu sebagian tugas-tugas intelijen..., yg penting bagi kita INDONESIA ADALAH HARGA MATI.
 
saya heran teman2 pada banyak yg pingin jadi agen..., padahal dengan kita menekuni profesi kita masing2 dengan baik dan tetap selalu menjaga nasionalisme serta integritas kita.., maka secara tidak langsung kita telah ikut membantu kerja para agen.., yang penting bagi kita NKRI adalah harga mati
 
tetaplah selalu menjaga integritas dan nasionalisme kita.., maka kita dalah agen.., terbaik bagi nusa dan bangsa kita.
NKRI tetap harga mati
 
ada benarnya ,juga ada salahnya..tolong hargai mereka yang bekerja dengan "diam" untuk negri ini..trimaksih atas saran2nya..salam.
 
maksimalkan dan optimalkan semua lini di masyarakat atas ,menengah, dan bawah, BIN harus buka mata,telinga,penciuman, dan kepekaan tinggi untuk deteksi dini di semua IPOLEKSOSBUD dan hankam.
bila ada gejala lakukan tindakan pencegahan awal yang sesuai hukum dan prosedur, jangan beri kesempatan siapapun yang mau mengganggu PANCASILA dan memecah belah persatuan dan kesatuan. kita semau punya program dan rencana untuk menjadikan negara INDONESIA RAYA. jangan sampai kerikil kecil yang mengganggu melalui IPOLEKSOSBUD dan hankam tadi menghambat menjadi virus bagi bangsa kita.
 
siap jual diri untuk Nusa dan Bangsa
gonzales179@gmail.com
 
pak senopati, saya mau usulnih mendingan buka aja organisasi BIN spykids untuk melatih anak2 untuk menjadi agent BIN untuk agent BIN masa depanya. seperti CIA dan FBI skrng sdh membuka agent khusus anak2 dan remaja dari umur 10 tahun sampai 17 tahun. jika bapak senopati setuju dengan usul saya segera hubungi no,hp 089662138883 atau alamat email:rizkyseptiana96@gmail.com dan facebook di bang_arab@yahoo.com
soalnya saya ingin mendaftar menjadi agent BIN dan teman2 sya juga banyak yg ingin menjadi agent rahasia. sekian atas usul saya. wasalam
 
apa yg kita lihat dan dengar adalah kenyataan, bukan sekedar kertas utk bungkus kacang goreng yg berserakan...
 
saya dulu pernah mendapatkan sms yg berisikan sya harus mengikuti perintah dari sms tersebut..

tp saat saya mengikuti ny...
d akhir petunjuk ny saya tidak menemukan apa-apa...

apa mungkin itu salah satu cara BIN untuk merekrut anggota baru....???
 
saya dulu pernah mendapatkan sms yg berisikan sya harus mengikuti perintah dari sms tersebut..

tp saat saya mengikuti ny...
d akhir petunjuk ny saya tidak menemukan apa-apa...

apa mungkin itu salah satu cara BIN untuk merekrut anggota baru....???
 
perbaikan rekrutmen di segala instansi di Indonesia seluruhnya omong kosong pak..
orang kita semuanya masih "miskin" sehingga muncul banyak kasus "penyusupan" di dalam badan instansi negara.
bagi saya pribadi, menyeleksi seorang intel itu bagai mencari jerami di tumpukan jarum... susah dan sakit.
namun, membuat seorang intel itu lebih mudah..
organisasi rahasia, seharusnya merekrut anggota dengan rahasia, serta dengan cara rahasia.
bukan melalui pendidikan sekolah tinggi atau apalah namanya..

loyalitas itu yang pertama..
loyalitas mudah dibentuk sejak manusia belum mempunyai motif "materi"
semua orang yang sudah hidup di masyarakat selalu punya motif "materi" sehingga mereka bisa menjadi "pengemis" nantinya.. yang mudah menerima sogokan dan lain sebagainya..

jika BIN ingin mendapat intel yang professional dan loyal..
rekrut mereka sejak kecil, didik mereka dalam karantina, tanami nasionalisme di otak mereka, ajari mereka kemampuan seorang "prajurit".. dan buat mereka tidak butuh materi..

Anda tahu keloyalan seorang teroris?
gunakan cara teroris dalam mendidik, maka Anda akan mendapatkan "teroris" baru MILIK ANDA...
bagaimana kualitas mereka dibanding "rekrutan"? hah! itu tidak perlu ditanya..

jika Anda ingin mengalahkan serigala, berpikirlah seperti serigala.
 
Trust no one...!
 
Not all people interested in becoming a member of the Intelligence demonstrated and met a national problems is real, that the issue had been threatening the integrity of Republic of Indonesia, or the problem he faced was to himself how he can analyze quickly, precisely and accurately, (usually a recruitment process) without his conscious................
 
Tak semua orang yang berminat menjadi anggota Intelijen diperlihatkan dan dipertemukan sebuah persoalan bangsa yang benar-benar nyata, bahwa persoalan itu telah mengancam keutuhan NKRI, atau persoalan yang ia hadapi itu adalah untuk dirinya bagaimana ia bisa menganalisa secara cepat, tepat dan akurat, (biasanya sebuah proses rekruitment) tanpa ia sadar. Untuk itu lakukanlah yang terbaik dalam hidup ini.
 
jujur aku pengen sekali jadi anggota BIN mohon informasinya ke email maredputra@yahoo.co.id
 
menurut saya.

rekrutment terbuka adalah ditujukan untuk mencari orang-orang yang mempunyai bibit-bibit inteligen dan teknis,dengan kata kasarnya adalah mencari bayi yang mempunyai bibit untuk menjadi superman.

dan, rekrutment tertutup ditujukan untuk mencari bidang-bidang khusus yang telah dimiliki seseorang dari lahir.

mau jadi intel...?
cukup untuk tidak menjadi "sampah" seperti yang di tuliskan bapak senopati wirang dan "galilah" semua potensi yang ada pada diri anda sendiri semaksimal mungkin yang sesuai dengan segala sesuatu yang berpotensi menjadi ancaman-ancaman yang datang dari apapun yang harus anda lindungi baik negara,dll.
salah satu caranya adalah mungkin kira-kira seperti "cobalah anda mengingat berapa baju kah yang anda punya di dalam lemari pakaian anda,berapa celana,benda-benda apa sajakah yang ada di dalam kamar anda,apa sajakah isi dompet anda,berapakah jarak lantai rumah anda dengan langit-langit rumah anda,apa yang terjadi bila sampah di rumah anda tidak dikelolah dengan baik?apakah cara menanggulanginya?" cara-cara sederhana bukan? namun,faktanya hanya segelintir orang yang memikirkannya dan dapat melakukannya,apakah ada batasan umur jawab nya adalah tidak,selama meraka mampu melakukannya.bedanya adalah bila anda bekerja pada badan resmi maka anda akan "digaji" dan menjalankan pekerjaan sesuai dengan badan resmi tempat anda bekerja,lalu apa bedanya anda dengan karyawan-karyawan swasta lainnya?.dan,jika ingin mendapatkan kebebasan untuk memegang senjata maka pergilah ketempat penjualan senjata ilegal yang ada,lalu apa bedanya anda dengan seorang remaja labil yang memiliki pisau dapur ditangannya?.

Bila tujuan inteligen dapat dilakukan sebenar-benarnya maka dapat dikatakan bahwa mereka yang melakukannya merupakan orang-orang suci atau bisa dibilang guardian angel,yang "harus" tidak dapat diketahui keberadaannya dan bila dapat diketahui maka haruslah menjadi manusia yang biasa yang kembali menjadi seorang anak bayi yang polos,dengan segala konsekuensinya.

Bila ada yang bertanya "apakah saya mau menjadi orang-orang suci atau guardian angel tersebut?" maka saya akan berkata "mau" namun dengan makna dari intel itu sendiri.dan bila ada yang bertanya "bagaimana cara anda untuk dapat memasuki badan inteligen yang ada?" .Saya akan menjawab "tulisan ini adalah salah satu contoh usaha dan formulir pendaftaran saya".lalu bila ada yang bertanya mengapa tulisan ini dapat membuat anda berpikir badan" inteligen tersebut dapat menghubungi anda bila anda tidak meninggalkan informasi tentang anda pada tulisan ini?" saya akan menjawab "bila sebuah badan inteligen tidak mampu melakukan hal itu maka saya tidak ingin bergabung dengan mereka".saya hanyalah seorang bayi yang ingin menjadi orang-orang suci dan para guardian angel itu.
 
menurut saya.

rekrutment terbuka adalah ditujukan untuk mencari orang-orang yang mempunyai bibit-bibit inteligen dan teknis,dengan kata kasarnya adalah mencari bayi yang mempunyai bibit untuk menjadi superman.

dan, rekrutment tertutup ditujukan untuk mencari bidang-bidang khusus yang telah dimiliki seseorang dari lahir.

mau jadi intel...?
cukup untuk tidak menjadi "sampah" seperti yang di tuliskan bapak senopati wirang dan "galilah" semua potensi yang ada pada diri anda sendiri semaksimal mungkin yang sesuai dengan segala sesuatu yang berpotensi menjadi ancaman-ancaman yang datang dari apapun yang harus anda lindungi baik negara,dll.
salah satu caranya adalah mungkin kira-kira seperti "cobalah anda mengingat berapa baju kah yang anda punya di dalam lemari pakaian anda,berapa celana,benda-benda apa sajakah yang ada di dalam kamar anda,apa sajakah isi dompet anda,berapakah jarak lantai rumah anda dengan langit-langit rumah anda,apa yang terjadi bila sampah di rumah anda tidak dikelolah dengan baik?apakah cara menanggulanginya?" cara-cara sederhana bukan? namun,faktanya hanya segelintir orang yang memikirkannya dan dapat melakukannya,apakah ada batasan umur jawab nya adalah tidak,selama meraka mampu melakukannya.bedanya adalah bila anda bekerja pada badan resmi maka anda akan "digaji" dan menjalankan pekerjaan sesuai dengan badan resmi tempat anda bekerja,lalu apa bedanya anda dengan karyawan-karyawan swasta lainnya?.dan,jika ingin mendapatkan kebebasan untuk memegang senjata maka pergilah ketempat penjualan senjata ilegal yang ada,lalu apa bedanya anda dengan seorang remaja labil yang memiliki pisau dapur ditangannya?.

Bila tujuan inteligen dapat dilakukan sebenar-benarnya maka dapat dikatakan bahwa mereka yang melakukannya merupakan orang-orang suci atau bisa dibilang guardian angel,yang "harus" tidak dapat diketahui keberadaannya dan bila dapat diketahui maka haruslah menjadi manusia yang biasa yang kembali menjadi seorang anak bayi yang polos,dengan segala konsekuensinya.

Bila ada yang bertanya "apakah saya mau menjadi orang-orang suci atau guardian angel tersebut?" maka saya akan berkata "mau" namun dengan makna dari intel itu sendiri.dan bila ada yang bertanya "bagaimana cara anda untuk dapat memasuki badan inteligen yang ada?" .Saya akan menjawab "tulisan ini adalah salah satu contoh usaha dan formulir pendaftaran saya".lalu bila ada yang bertanya mengapa tulisan ini dapat membuat anda berpikir badan" inteligen tersebut dapat menghubungi anda bila anda tidak meninggalkan informasi tentang anda pada comment ini seperti orang-orang lain nya?" saya akan menjawab "bila sebuah badan inteligen tidak mampu melakukan hal itu maka saya tidak ingin bergabung dengan mereka".saya hanyalah seorang bayi yang ingin menjadi orang-orang suci dan para guardian angel itu terutama untuk bangsa ini.
 
menurut saya.

rekrutment terbuka adalah ditujukan untuk mencari orang-orang yang mempunyai bibit-bibit inteligen dan teknis,dengan kata kasarnya adalah mencari bayi yang mempunyai bibit untuk menjadi superman.

dan, rekrutment tertutup ditujukan untuk mencari bidang-bidang khusus yang telah dimiliki seseorang dari lahir.

mau jadi intel...?
cukup untuk tidak menjadi "sampah" seperti yang di tuliskan bapak senopati wirang dan "galilah" semua potensi yang ada pada diri anda sendiri semaksimal mungkin yang sesuai dengan segala sesuatu yang berpotensi menjadi ancaman-ancaman yang datang dari apapun yang harus anda lindungi baik negara,dll.
salah satu caranya adalah mungkin kira-kira seperti "cobalah anda mengingat berapa baju kah yang anda punya di dalam lemari pakaian anda,berapa celana,benda-benda apa sajakah yang ada di dalam kamar anda,apa sajakah isi dompet anda,berapakah jarak lantai rumah anda dengan langit-langit rumah anda,apa yang terjadi bila sampah di rumah anda tidak dikelolah dengan baik?apakah cara menanggulanginya?" cara-cara sederhana bukan? namun,faktanya hanya segelintir orang yang memikirkannya dan dapat melakukannya,apakah ada batasan umur jawab nya adalah tidak,selama meraka mampu melakukannya.bedanya adalah bila anda bekerja pada badan resmi maka anda akan "digaji" dan menjalankan pekerjaan sesuai dengan badan resmi tempat anda bekerja,lalu apa bedanya anda dengan karyawan-karyawan swasta lainnya?.dan,jika ingin mendapatkan kebebasan untuk memegang senjata maka pergilah ketempat penjualan senjata ilegal yang ada,lalu apa bedanya anda dengan seorang remaja labil yang memiliki pisau dapur ditangannya?.

Bila tujuan inteligen dapat dilakukan sebenar-benarnya maka dapat dikatakan bahwa mereka yang melakukannya merupakan orang-orang suci atau bisa dibilang guardian angel,yang "harus" tidak dapat diketahui keberadaannya dan bila dapat diketahui maka haruslah menjadi manusia yang biasa yang kembali menjadi seorang anak bayi yang polos,dengan segala konsekuensinya.

Bila ada yang bertanya "apakah saya mau menjadi orang-orang suci atau guardian angel tersebut?" maka saya akan berkata "mau" namun dengan makna dari intel itu sendiri.dan bila ada yang bertanya "bagaimana cara anda untuk dapat memasuki badan inteligen yang ada?" .Saya akan menjawab "tulisan ini adalah salah satu contoh usaha dan formulir pendaftaran saya".lalu bila ada yang bertanya mengapa tulisan ini dapat membuat anda berpikir badan" inteligen tersebut dapat menghubungi anda bila anda tidak meninggalkan informasi tentang anda pada comment ini seperti orang-orang lain nya?" saya akan menjawab "tergantung kepada bapak senopati yang saya hormati untuk memunculkan blog ini pada blog beliau,bila sebuah badan inteligen tidak mampu melakukan hal itu setelah comment saya ditampilkan pada blog beliau maka saya tidak ingin bergabung dengan mereka".saya hanyalah seorang bayi yang ingin menjadi orang-orang suci dan para guardian angel itu terutama untuk bangsa ini.
 
hahaha,... Bagaimana kalian semua mau jadi anggota BIN,seorang intelejen harus memiliki kemampuan MENEMUKAN apa yg di cari,nah sekarang untuk menemukan cara jadi anggota BIN saja kalian tidak bisa,manamungkin kalian bisa menemukan TERORIS dan ANCAMAN negara yg organisasinya bersifat SILENT,apakah kalian tau berapa banyak anggota BIN meninggal dlm tugasnya karena ketahuan IDnya oleh teroris,apakah kalian siap menyusup menjadi anggota teroris dan mengikuti pelatihannya,.
INGAT anggota BIN adalah orang yg tidak di akui keberadaannya,dan bukannya makan minum enak serta menerima gaji..
Salam,..
 
Setuju !!! anggota intelijen BIN ataupun BAIS tidak pernah mengaku keberadaannya. Mungkin saja cara perekrutannya adalah bahwa orang yang direkrut tidak mengetahui bahwa ia telah direkrut. Bisa mermacam2. Yang terprnting adalah bagaimana ketajaman mata dan hati dlm melihat yg terjadi disekelilingnya, apalagi yg mengancam keutuhan NKRI, baik dlm maupun dr luar.
Jika dianalogikan intelijen itu "sampah" ya itu benar.., apa bedanya dengan seorang "sufi" yg berkelana kesana kemari, dlm hijrahnya selalu memberikan hal-hal yg baik baik sikap maupun perbuatan, namun yg diterima selalu hal2 yg buruk sekalipun. Itulah barangkali "sampah" bagi diri seorang intelijen.
Demikian ulasan singkat saya. salam
 
Mengabdi tdk hrs jdi BIN, Anda berbuat hal yg bermanfaat, menjadikan tindakan anda sbg contoh akan hal positif,paham arti kemerdekaan, junjung tinggi kemanusian, pahami sejarah
, lakukan apa yg seharusx anda lakukan, tinggalkan pekerjaan yg mmg bukan kapasitas/pekerjaan anda. kerjakan itu semua hanya karna ibadah, tanpa mengharap pahala ataupun takut dosa. dasari smua itu hx dgn cinta, maka anda lebih dari sekedar BIN yg hx untuk KEUTUHAN NKRI tapi sudah untuk keutuhan dunia, yg dimulai dari pribadi anda sendiri.
salam damai.99
A'DHOM ALFATH (RAWA PRIBADI)
nb. klo hx untuk mengalahkan srigala tak perlu berfikir seperti srigala...! tapi buatlah srigala jinak temui pemilikx sblum anda menghadapix..
 
Haha.. boleh..boleh.., orang yg gak tau ente pasti bakal nyangka ente ini anggota BIN. Tapi, gak masalah, ente mau ngaku2 anggota BIN atau BEN, ya monggo.. Tapi kalo ente masih cinta sama kita punya negara, ente mikir dikitlah.. tulisan macam begini ini yg diam2 menanamkan ketidakpercayaan org Indonesia pada lembaga2 negaranya sendiri, termasuk BIN.

Buat pembaca lain: soal rekrutmen di BIN, biarlah itu menjadi urusan 'bawah tanah'; menjadi sesuatu yang tdk terjelaskan, tetap kabur, dan memang begitulah mestinya. Dan, tentang rekrutmen CIA yang katanya terbuka itu? Hai-hai, CIA itu Amrik punya Bro! BIN sama sekali bukan CIA. lagipula, yang direkrut terbuka itu tentu akan ditempatkan utk pos2 terbuka, macam operator mesin2 tertentu de-el-el. yang undercover gak mungkin dibuka kayak lowongan kerja CPNS. waduuuh, yg sederhana2 macam gini, jangan dibikin ribet dah!

nagaoon1@gmail.com
 
wah saya tertarik banget sama yang bpk tulis, itulah kekurangan BIN kalo di bandingkan dengan badan intelijen seperti CIA, NSA, FBI dll, BIN di negara kita itu kurang berkembang menurut saya karena mereka tidak merekrut orang" kompeten, BIN aja jarang merekrut anggota" seperti nmahasiswa, yg ada malah orang" koneksi dll, padahal orang" dari kalangan terpelajarlah yang punya potensi besar buat jadi anggota BIN terbaik, kayak misal CIA mereka seperti yg bapak bilang ga tanggung" kalo merekrut anggota bener" diselediki dulu dan kebanyakan mereka merekrut dari universitas ternama dan dengan backgroubd negara kita yang gampang kena suap orang"nya dan kurang cinta tanah air sehingga banyak yg lebih memilih berkerja sama dgn pihak asing menurut saya BIN ga bakal bisa berkembang, ya istilahnya cuma sebagai atribut pemeriah aja
sekali lagi menurut saya kalo BIN mau merekrut anggota harus bener" kompeten dan punya kemampuan khusus bukanya cuma mau"an jadi agen intelijen
 
Saya mencari suatu lembaga berisikan orang-orang yang walau hanya segelintir, memiliki sejuta teka-teki dan misterius plus jiwa petualang imajinatif dengan tugas 'serius' juga menantang mati. Setidaknya pada saat saya putus asa, saya dapat berimajinasi bahwa saya memang bagai 'pahlawan'. Itulah bekal semangat hidup saya.
 
iya betul tuh
seharusnya bisa transparan :)

kita tunggu aja nanti
 
bagaimana sih caranya jadi BIN....?kalo bisa balas koment saya ke email jangkis_20km@yahoo.com
 
Jika saya menjawab SETUJU : Dengan adanya pengrekrutan yang terbuka pasti lebih mudah untuk mencari orang yang sangat ahli dibidang tersebut.

Jika saya menjawab TIDAK SETUJU : Dengan adanya pengrekrutan yang tertutup dapat menjaga kerahasiaan dan kestabilan organisasi tersebut.

Terimakasih
Salam Hormat
 
Orang-orang seperti kalianlah yang akan membahayakan rekan-rekannya dilapangan kalau benar jadi anggota intel?lagian mengabdi kepada negara bukan hanya jadi anggota intel,masih banyak profesi lain?yang mengajukan diri menjadi anggota intel saya yakin nantinya hanya akan petentang petenteng,jangan juga mencerca kondisi Republik yang kita cintai ini kalau hanya secuil pengetahuan yang kita punya?
 
Maaf saya sekedar memastikan rasa penasaran !!
apakah ada perekrutan anggota intelijen dimana menggunakan sistem putus dalam menjalankan tugasnya ?

Sekian
Terima kasih
 
cari aja aktivitas kerjaan lain semoga anda bahagia dunia akhirat dan akan menjadi orang hebat juga kaya walau tidak menjadi intelejen (BIN).
saya yakin tipe anda-anda suka mengekspose diri didepan orang-orang kalau anda sudah menjadi anggota BIN nantinya, apalagi kalau sudah dipersenjatai wah bisa-bisa anda akan berkoar dan pamer didunia dan akhirat dengan status keanggotaan anda.
 
saya siap kapan pun dimana pun negara membutuhkan saya
 
WOI GOBLOK,,, lu kira masuk BIN itu sama seperti masuk PNS biasa, pake pengumuman dikoran2 atau media.. Jgn bodo, namanya juga agen rahasia.. Ya harus dirahasiakan juga dong.
 
perasaan pada ngebet bgt pengen jadi agen bin .. -__-" ,tanya knapa??
 
Saya masih SMA pak.
di sekolah saya ada anggota BIN (info dari seseorang.katanya waktu itu lagi ngomong" tentang raja minyak)
Yang saya mau tanya..
1)saya yang bisa disebut rakyat jelata ini,bisa mencalonkan diri?
2)apakah jika dengan menjadi seorang polisi nanti dapat mendaftarkan diri?
3)apakah ada unsur SARA dalam perekrutan anggota BIN?
 
klo terbuka ya namanya bukan sistem perekrutan anggota BIN dong hahaha LOL daftar aja sono anggota koperasi apa satpam Bank
 
M.A.N.T.A.P
 
M.A.N.T.A.P
 
mungkin ini aneh.....tapi menurut saya BIN harus mencari rekrutmen yang muda dan mampu beradaptasi dimana saja.... dan bukan sekedar ikut2an


hormat saya

MSI
 
http://www.bin.go.id/stin

ada perekrutan BIN . tp unt skolah dulu
 
http://www.bin.go.id/stin

ada rekrutmen unt skolah di BIN
 
Yg benaaar aja pak, masaaa rekrut secara terbuka dan transparan? Ckckckckkckcck yg gak transparan aja sudah bnyak intelijen yg mati krn ketauan, klu secaraa transpaaraan bukan intelijen pak.
 
Maaf Yaa Saudaraku..
Saya "Bingung"... terlalu banyak anak SD minta pelajaran anak SMA!!
"Matinya saja tidak dicari" kok pada mau direkrut???
Hiduplah Secara Wajar, jangan berangan-angan menjadi "dewasa" sebelum waktunya apalagi jikalau tidak mampu tuk menjadi "dewasa".. Main Gundu, petak umpet, Cuci kaki, terus Bobo., tidak usah belajar"
 
hati2 yg pengen jdi intel.. Harus siap membunuh klo ga mau terbunuh.. Siap mengabdi tanpa pamrih.. Bnyak loh intel yg di bunuh2in negara sendiri.. Ngeri..
 
Caranya bagaimana masuk anggota BIN saya dari,AMBON,DEMAK,,AMBON,REMBANG,MEDAN,YERA sebelumnya terima kasih,

 
Beneran mau jadi bin?ga salah denger hahahha
 
Mau. Jadi bin syaratnya siap mati dan tidak punya identitas
 
Bila ingin menjadi BIN kaita harus lebih pintar,cerdik,dan mengerti dalam ke adaan apapun,seperti di komentar tadi banyak sekali yang mengajukan e-mail dan nomor telepon,apakah kalian tahu banyak sekali orang jahat yang mengincar dan menghancurkan denagn cara apapun contoh bila kalian melampirkan e-mail atau nomor telefon orang jahat atau terorris atau yang lainnya bisa saja mereka mengaku dan menawarkan infor masi cara untuk masuk BIN dan berpura pura ingin membantu anda bisa masuk BIN dan selanjutnya mencuci otak kalian dan merubah kalian bukannya menjadi badan intellejen malah menja di badan penjahat!
 
kalau informasi pemilihan agen intelejen dibuka di surat kabar atau media massa lainnya, namanya buka intel. pemilihannya memang harus tertutup. justru orang-orang yang terlalu menggebu2 untuk menjadi seorang intel itu yang akan membahayakan tubuh intel sendiri
 
Perekrutan terbuka? list di koran? :D 1bulan kemudian kalian yg dalam koran dan keluarga dalam ancaman organisasi dan spy yg ada

ibaratkan saja BIN Seperti hacker Hacker sejati tidak akan ada yang tau Begitu Juga BIN

Jadi BIN Napas dan denyut jantung mu itu milik negara,

BIN merekrut secara rahasia karena mencari jarum di dalam tumpukan jerami itu susah,coba masuk ke International School of Inteligence kalau memang serius pengen jadi BIN
 
yang bilang BIN kurang profesional karena dalam perekrutan tidak transparan adalah orang yg bodoh. namanya saja sudah organisasi intelijen. klo mau mnjadi anggota BIN, perbanyak dulu penegetahuanmu ttng organisasi intelijen dan operasi kalndestine. jgn asal ngeposh yg justru memperlihatkan kebodohan anda dan ketidaklayakan mnjadi seorang agent intelijen.berangkat tugas dianggap mati,hilang tidak dicari,berhasil tidak dipuji, gagal dicacimaki dan diintrogasi. fikirkan baik2 kawan klo mau share di media publik sprti ini. keluarga jadi taruhannya. salam damai indonesiaku.
 
Salam,,
menanggapi Comment-Coment dan respon mengenai BIN & recruitment,,
untuk BIN sendiri, adalah badan intelijen yang system operasinya bersifat clandestine service.
dan untuk perekrutan atau Recruitment progress, semua bersifat tertutup, namun bukan berarti BIN tidak memberi kesempatan kepada putra-putri bangsa. hanya saja seringkali terjadi kebocoran intelijen yg bersifat eksternal, yg akhirnya berdampak pada saat operasi penyamaran.. sehingga untuk tetap pada clandestine sevice, maka recruitment ditutup pada 1 jalur. proses perekrutan tidak pernah memakai jenjang waktu seperti proses rekruitment CPNS / BNN. proses perekrutan anggota BIN bersifat Acak. dengan kata lain, bisa kapan saja, dan bisa dimana saja.. sekian, dan semoga bermanfaat..

wasalam,

No Name
 
Pada intinya bukan pada terbuka atau tertutupnya akses perekrutannya saja,,
Akan tetapi pada sistem penyaringannya harus diperketat seperti halnya perekrutan dengan prosedur yg jenuh dan cenderung menjadi rutinitas saja, bukan penyaringan yang profesional dan lebih mengintikan kemampuan para agent-agent nya,, bahwa sebenernya tidak pernah disadari bahwa banyak individu yg berbakat yg tidak di ketahui,,
Sekian dan terima kasih.
 
Pada intinya bukan pada terbuka atau tertutupnya akses perekrutannya saja,,
Akan tetapi pada sistem penyaringannya harus diperketat seperti halnya perekrutan dengan prosedur yg jenuh dan cenderung menjadi rutinitas saja, bukan penyaringan yang profesional dan lebih mengintikan kemampuan para agent-agent nya,, bahwa sebenernya tidak pernah disadari bahwa banyak individu yg berbakat yg tidak di ketahui,,
Sekian dan terima kasih.
 
sebenar nya bisa pak rekruit lah orang yang sudah krisis kepercayaan namun memiliki nasionalisme tahan banting dan pastinya loyal,siapberkorban orang seperti ini banyak di indonesia pak thx
 
menjadi agen intelijen adalah suatu kebanggaan,walaupun orang tidak pernah mengetahuinya seperti artis yang di gandrungi banyak orang atau jendral yang punya bintang di pundaknya
 
Intelijen adalah sebuah permainan informasi yg tdk sempurna. Kita bisa membaca pergerakan lawan tapi kita tdk bisa memastikan hingga permainan usai.

 
Intelijen adalah sebuah permainan informasi yg tdk sempurna. Kita bisa membaca pergerakan lawan tapi kita tdk bisa memastikan hingga permainan usai.
 
Tidak gampang apa jadi anggota BIN, harus mau dan siap turutin mau Tuan nya..
Jangan mikir enak nya aja,..

- Siapa tah ninggalin keluarga berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk sebuah misi
- hidup berbulan-bulan di tengah hutan dengan kondisi memprihatinkan,
- hidup jadi gembel di jalan berbulan-bulan untuk mencari data dan informasi
- gaji gak di bayar berbulan-bulan
-siapkah kita menyiapkan data yang akurat dengan gak tidur berhari-hari
-siapkah kita jadi pemain peran (jadi pejahat, preman, pengedar narkoba, kiai, tukang becak, tukang somay, supir angkot dsb)
-siapkah kita mati terbunuh dan membunuh dalam misi
Masih banyak yang lain..

Salam
Eagle105

"Apa yang anda liat dan anda dengar hanya untuk anda sendiri" - Keep silent
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters

Online Users
Tweet



Facebook Google Digg Reddit Pinterest StumbleUpon Email