Tentang Institut Intelijen Negara - IIN » INTELIJEN INDONESIA

Friday, May 12, 2006

Tentang Institut Intelijen Negara - IIN

Bukannya tidak mau membahas sekolah yang digagas Jenderal (purn) AM Hendropriyono tersebut. Tetapi lebih dalam kaitan etis karena belum ada yang bisa saya ungkapkan secara terbuka tentang sekolah tersebut. Pertama usia sekolah yang relatif masih sangat muda dan tiba-tiba "tenggelam" pasca pergantian pemerintah dan pimpinan BIN. Bahkan website yang telah dirancang meliputi BIN dan IIN tiba-tiba juga hilang.

Saya merasa perlu ikut menjaga privacy calon-calon agen yang sedang mengikuti pendidikan di sana. Saya punya keyakinan akan potensi mereka karena seleksinya yang ketat melalui jalur-jalur khusus penelusuran bakat ke sekolah-sekolah menengah unggulan yang mudah-mudahan bersih dari unsur nepotis (identitas dan keberadaan mereka sangat penting untuk dilindungi). Inilah cita-cita Bung Hendro yang pernah saya rekam dengan perekam digital yang saya titipkan pada seorang agen muda. Bung Hendro sangat memperhatikan masalah pendidikan dan peningkatan kualitas BIN untuk menjadi lembaga yang profesional. Meski unsur "pamer" seperti celebrities beliau agak mengganggu sebagian kalangan intel, gebrakan Bung Hendro akan berdampak positif bila programnya terus dijalankan. Persoalannya tentu saja dana yang besar.

Akankan pimpinan yang baru juga berkomitmen untuk menganggarkan dana pendidikan yang besar itu?

Sekolah program Master Intelijen di Batam...quo vadis?
jawabnya status quo alias mandek karena visi dan misi pendidikan Bung Hendro terasa terlalu berat dengan minimnya sumber daya BIN.
Perbedaan konsentrasi perhatian pimpinan tentu menyebabkan prioritas kebijakan yang berbeda pula. Konon kabarnya program tersebut sudah diambil alih lembaga pendidikan yang bergengsi di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia...dengan program khusus pasca sarjana Kajian Stratejik Intelijen. Ini bukan promosi...tetapi bila ada berminat tidak ada salahnya mencari tahu ke Universitas Indonesia. Informasi dalam Blog I-I ini saya rasa perlu karena kajian tersebut juga agak tertutup pengumuman penerima mahasiswanya. Bila ingin cek websitenya silahkan kunjungi ketahanan nasional-stratejik intelijen. Seleksi ketat dan harus melalui tes dan rekomendasi yang memadai tentang kemampuan akademik calon pendaftar. Serta tidak menerima titipan nepotisme. Saya lihat staf pengajarnya para ahli dan ada juga praktisi, ada kemungkinan mahasiswa program ini bisa membuka peluang bertemu praktisi intelijen seperti saya...entah sebagai dosen tamu...entah sebagai bagian untuk membantu riset mahasiswa.

Bila staf administrasi atau staf pengajar program pasca sarjana UI kurang responsif dalam menerima dan menjawab setiap pertanyaan "ingin tahu" dari pembaca Blog I-I yang berbondong-bondong ingin mendaftar, sampaikan pendapat saya; "bahwa menjadi hak setiap warga negara untuk mendapatkan hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Bila UI membuka program kajian stratejik intelijen tentunya juga harus membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap peminat program tersebut".

Bila kesehatan saya tetap terjaga dan diberi umur panjang, untuk sekolah di Batam sebenarnya saya bersedia pulang ke Indonesia dan mengajar dimasa pensiun saya ini. Akan saya nyalakan kehidupan akademis-praktis ilmu kajian intelijen bersama komunitas intelijen Indonesia.

Saya senang dunia pendidikan, meski saya memenuhi kualifikasi untuk mengajar di UI dengan pengalaman dan latar belakang pendidikan saya. Saya kurang tertarik karena kurikulumnya masih didominasi perspektif national resilience serta kurang jelas spesialisasi mata kuliahnya. Saya memimpikan program intelijen yang dijiwai oleh school of thought intelligence. Saya juga memimpikan lahirnya the Sherman Kent School ala Indonesia, yang mampu menghasilkan analis-analis intelijen yang handal.

Sekian
Comments:
terimakasih atas infonya, anda selalu menjawab pertanyaan dari saya. terimakasih sekali lagi.


-HS-
 
Thank atas infonya Pak Senopati..,tetapi apakah masih mungkin untuk mendaftar sebagai mahasiswa di Institut yg terdapat di Batam tersebut untuk saat ini..?
Mohon sekali lagi pencerahannya..!
 
sebaiknya pakde seno membuat web lagi tentang teknik intelijen ringan. Kalau pakai fee kita juga bersedia kok .iya nggak teman-teman ?

sadewo
 
Daripada pusing tentang sekolah di Batam, saya lebih merekomendasikan untuk mendaftar program kajian stratejik intelijen di UI. Levelnya sama-sama Master/Pasca- sarjana....barangkali dari staf pengajar di UI anda bisa bertanya tentang sekolah yang di Batam.

Saya pastikan akan lebih jelas untuk sekolah di UI karena statusnya jelas dan institusinya bonafid. Sekali lagi ini bukan promosi....ini semata-mata karena sekolah di Batam memang belum siap kalo tidak mau dinyatakan BATAL dibuka.

semoga cukup jelas.
 
sepertinya banyak sekali yang tertarik dan berasal dari berbagai latar belakang..bagaimana kalo gathering saja pak? (menggunakan trik intel juga proses pertemuannya kalau tidak memungkinkan masing2 peserta menyebut indentitasnya)hehe..
 
pak denger denger IIN lagi proses penerimaan angkatan baru ya buat tahun 2006-2007!!beri kami info lanjutan dong gimana tatacara pendaftarannya

maksih bayak yaaa


KONRO
 
untuk pendaftaran mahasiswa IIN, terakhir yg saya tahu ketika berkunjung ke sentul, calon2nya direkrut dari SMA unggulan (TN, krida nus..dll). tetapi utk tahun ini sudah mulai menerima dari sma negeri, ini saya ketahui dari guru sma saya. IIN mengirim utusan utk merekrut siswa2 yg dianggap unggul bekerja sama dg guru BP. mungkin seperti yg dilakukan oleh AKMIL, hanya tanpa poster dan pengumuman terbuka. utk tambahan, IIN telah berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Intelijen Negara. penekanan kurikulum pada penggunaan teknologi dalam kegiatan intelijen. mungkin termasuk intelijen komunikasi.
 
PAk Seno

terus terang saya senang sekali dengan bidang intelijen..bahkan sudah menjadi cita2 saya sejak dulu berkiprah di bidangf ini..sekarang saya bekerja sebagai pegawai negeri..apakah ada batasan perekrutan seorang agen harus dari sekolah intelijen saja? ataukan seorang seperti saya bisa untuk mengikuti rekurtmen/seleksi agen..mohon balassannya

terima kasih
 
saya sangat tertarik dengan kajian intelejen
 
Salam kenal BUNG SAID
SAya termasuk salah seorang yang ingin menjadi salah satu agen profesional dalam dunia intelejen..saya ingin sekali bisa bekerja di BIN sebagai salah satu agen...
kira2 dari mana saya bisa memperoleh informasi mengenai itu reequitmen sebagai agen BIN...

Terima Kasih
Kopral100@yahoo.com
 
Saya akan mengelola suatu perusahaan Jasa Pengamanan dan Technologi Security. Bisakah saya mengikuti jenjang S-2 Inteligent?. Dan bagaimana perusahaan bisa juga berperan dalam fungsi keamanan negara.
 
saya sangat kecewa dengan STIN yang masih terkena virus nepotisme. saya sangat kecewa...
 
saya tidak tahu harus berkata pada siapa??
saya bingung harus menulis kritik di forum intelijen bagian mana??
 
pak,,,
mohon kebijaksanaannya,,

aliensky_luv_me@yahoo.com
 
tolong bantu saya mencari info bagaimana caranya untuk bergabung ke dalam dunia inteljen,
saat ini inteljen negara kita sangat lemah bila di bandingkan dengan agen FBI yang dengan seenak perutnya memasuki wilayah indonesia
 
om seno... wku itu saya dpet brosur ttg STIN tapi setiap di hubungi....seperti menutup diri...mohon pencerahan ya oom
 
saya ingin mengabdi menjadi intelijen negara!!!! bagaimana caranya?????
 
jujur pak saya ingin sekali bergabung menjadi intelijen negara karena itulah cita2 saya sejak kecil dari pada harus menjadi polisi..karena yang kami tahu disini polisi sering makan uang haram pak..jadi keluarga saya tidak mengijinkan saya menjadi polisi namun mereka ingin saya menjadi intel negara...pak bagaimana caranya..tolong kasi tau bagaimana caranya saya sekarang mahasiswa jurusan S1 TI sy merasa mampu untuk menjadi intelijen negara seperti intelijen negara2 yang lain itulah impian saya semoga nantinya terwujud amin...sekolah saya di STMIK BUMIGORA MATARAM tolong pak di beri info kepada sekolah saya...ini email saya nuckles_nuxer@yahoo.com tolong pak...
 
Nama saya dayu yunita putri.saya sangat ingin sekali menjai mahasiswa STIN karena saya tertarik an ingin tahu sangat ingin tahu tentang bagaimana cara kerja badan intelegen yang sangat rshasia.
dan karena serkarang saya sudah kelas 3 SMA, jai saya sangat memoertimbangkan dapat menjadi mahasiswa STIN.
oleh karena itu tolong kirimkan info selengkap - lengkapnya tentang bagaimana cara supaya saya dapat menjadi mahasiswa STIN. Tolong kirim jawaban melalui email saya beutypuput@yahoo.com atau kirim surat atas nama Dayu Yunita Putri dengan alamat SMA N 1 Bulakamba, Kab. Brebes, Jateng 52253.
saya sangat menunggu respon dari anda karena ini menyangkut masa depan saya.
teriama kasih.
 
nama saya "Jaka", saya tertarik sebagai pemerhati dunia intelijen, saya pernah menitikkan air mata kesedihan melihat carut-marut fenomena bangsa dan negara kita yang menurut analisa intelijen saya cukup mengkuatirkan (antara lain "Gajah dipelupuk mata sebagian kecil nampak, tetapi itu pun kita tidak berdaya"), saya masih optimis dan banyak berharap agar Intelijen kita dapat bangkit sehingga disegani kawan dan lawan, amiin.
 
Salam untuk semua, saya sangat tertarik sebagai pemerhati intelijen, setiap saya mendalami intelijen setiap kali juga saya merasakan betapa dangkalnya ilmu intelijen yang saya miliki, apalagi kalau sudah melakukan analisa intelijen, selalu memerlukan methode yang tepat dan nalar yang cerdas. Keinginan saya untuk menuntut ilmu intelijen secara akademis sangat kuat, karena saya mendapat kepuasan dalam bekerja apabila hasil analisa intelijen yang saya buat sangat tajam dan digunakan oleh Bos saya, namun keinginan tersebut sulit diraih karena keterbatasan kemampuan ekonomi, adakah instansi yang memberikan Beasiswa untuk menuntut ilmu di Program Khusus Pasca Sarjana bidang Kajian Strategik Intelijen Universitas Indonesia? Rekan... rekan...., jangan terlalu berharap....
 
Assalamalaikum

Syarat2 masuk IIN apa saja?
 
saya sangat tertarik untk mengetahui IIN dan bagaimana caranya agar saya dapat menjadi siswa yang menimba ilmu disana..
namun saya sangat merasa pengetahuan saya masih sangat jauh dibandingkan dengan teman2 lain yang sudah lama mengetahui IIN.
mohon bantuannya dari om seno untuk membalas komen saya ini ke alamat email saya di madakeren@yahoo.com
bagaimana caranya agar saya dapat besekolah disana?
terimakasih atas perhatiannya.email om seno sangat saya nantikan.
 
izin bertanya...
saya dulu alumni dari sma yang pernah ada test stin...saya ingin bertanya,apakah tesnya bsa lwat s1?atau saya boleh ikut test lg di sma yang kmren?
mohon dibalas ke email saya lightsreflection@yahoo.com
 
slm buat kawan2 1 impian n cita2, sya calak n sya pun menginginkan sprt y kalian inginkan tetapi kta hrs mencri tau bgmn cra n prosedur y bnr? Dunia intel tdk bsa lepas dri jiwa n hati sanubari sya y plng dlm, inilah cita2 sya! Almarhum bpk sya seorang anggota Bin di kejagung, tlng bnt sya untk menjdi sprt beliau, mhn info n pengarahannya. Sya fokus di bid strategy pengalihan persepsi. Trm ksh
 
lanjut nyambung calak, tlng info n bntuannya bla mna ada kesempatan untk sya menjdi bgin dri ank bangsa untk negara indonesia. Entrapment1@hotmail.com thanks for all.
 
slm buat kawan2 1 impian n cita2, sya calak n sya pun menginginkan sprt y kalian inginkan tetapi kta hrs mencri tau bgmn cra n prosedur y bnr? Dunia intel tdk bsa lepas dri jiwa n hati sanubari sya y plng dlm, inilah cita2 sya! Almarhum bpk sya seorang anggota Bin di kejagung, tlng bnt sya untk menjdi sprt beliau, mhn info n pengarahannya. Sya fokus di bid strategy pengalihan persepsi? entrapment1@hotmail.com. Trm ksh
 
Walah kok mau jadi orang munafik semua,lha memang kalian berani mati dan berani berkorban nyawa harta demi negara ini????pasti g ada yang mau karena pejabat saja g ada yang berani?????krn mereka hanya mengharap jabatan,harta,dst. krn sy sdh kenyang dengan tipu daya dan saya siap mati demi bangsa,negara dan AGAMA saya,meskipun hinaan cemoohan ada disaya,klu negara memerlukan pasukan bom bunuh diri silakan kontak di web saya,apa lg untuk menyerang malasya pasti saya berangkat tanpa sy mengharap gaji dst....hidup JENDRAL SUDIRMAN....HIDUP BUNG KARNO...HIDUP PARA PENDIRI BANGSA INI NKRI..KARENA NKRI HARGA MATI
 
Saya bukan agen intelejen negara, tp saya agen intelejen perusahaan bergerak di bidang hasil kelautan, teritorial saya cirebon, jakarta,lampung,palembang,pulau bangka, pulau belitung, saya mempunyai banyak info mengenai oknum negara yg merugikan negara. Kepuasan bagi saya jika mereka bisa ditindak. Saya tidak mengharap imbalan saya hanya minta kerjasamanya syukur2 saya di percaya menjadi agen negara. Menang tak dipuji,kalah di caci,mati tak di cari.!!! (ypurchasingarea@gmail.com)
 
STIN, Iam coming. . .
mohon doanya, karena tahun ini saya mendapat kesempatan buat test ke STIN.
trims. . .
 
STIN Iam coming. . .
mohon doanya, karena tahun ini saya dapat kesempatan bwt test ke STIN.
trims. . .
 
Wow,beberapa bulan yang lalu saya mengikuti seleksi STIN untuk tahun 2009 diSamarinda dan gagal gara-gara dokternya bilang kalau jantung saya ini masih tergolong lemah,tapi bagaimana caranya agar saya yang sudah kuliah dapat mengikuti tes STIN sekali lagi? Saya memanfaatkan waktu senggang ini untuk malatih jantung saya dan cukup berhasil.
 
STIN is best
 
slam damai!! saat mmbaca info ttg sklh intlgn ini, sya sedih karena sbnrnya saya dr msh duduk dibangku sekolah punya cita2 lanjut sekolah inteligen setelah lulus sma. tapi karena saya tinggal di daerah yang jauh, saya kurang mendapat informasi bahkan mungkin anak2 didaerah saya tidak mendengar hal ini. tapi dengan informsi ini saya yakin bahwa hrapab saya menjadi semakin besar untuk sekolah inteligen.
saya sekarang sedang kuliah di jenjang S1SI disalah satu PTN. bagaimana caranya untuk bergabung di sklah inteligen itu? masih bisa kah? tolong dibalas f41t_91rl@hotmail.com
 
giMana mw ndftr,,,tw infrmasiNa aja Gak,,,tny gk p'nah di jwb,,,huh jd kesal sndri,,,Pak Senopati Wirang tolong dong,,,sekali aja dijawab prtnyaanNa,,,temen-teman saya bnyk yag mw ndftr ke STIN tow IIN tow apaLah nmNa,,,pendaftaran STIN 2010 dimn???
 
ak pengen jadi intel..tp daftarnya di mana?kok cari di internet kagak ada?emang pake' syarat kayak akpol ya?
 
pak saya adalah mayat hidup, siap mengabdi pada negara tercinta, recruit saya!!
 
mf, saya baru saja mmbuka blog ini. sbenar'a saya ingn mngtahui lbih lnjut tntg skolah yg khusus untk mnjd intelegence, tp minim skali info yg saya dpat. bgaimana saya tau kalau ada agent yg datang kesekolah saya untk mncari bibit muda? krn mnurut saya, skolah saya blum prnah didatangi, ato saya saja yg tidak tau. yg jelas, saya mau tau, apa syarat2? trima kasih bapak...
 
Hilang tidak dicari mati tidak di kubur. putus lidah gunakan tangan putus tangan gunakan mata. ayah bukan bapak istri bukan bukan pendamping. berjabat tangan gunakan mata bertegur sapa gunakan gerak. besar bukan makanan kecil bukan cemilan. jalan tidak berbaju singgah tidak ber KTP. masuk tidak berpintu keluar tidak berjendela. tidak ada keistimewaan di dunia inteligen. jika ingin benar2 mengabdi kepada negara kenapa harus mencarin institusi, jika ingin menegakkan NKRI kenapa harus mencari legalitas? apakah anda semua paham apa itu inteligen? kalo paham anda tidak akan menuliskan keinginan2. buka mata dengar dunia buka hati dengar nurani. tidak ada nama tidak ada gelar menjaga nyawa dan menjaga nama bangsa. masih tertarik? pulang dan renungkan' sudahkah cukup makanan dan minuman keluarga dan diri anda ? kalo belum silahakn carilah ekonomi anda. sekian dari saya rahman pamenang
 
tertarik dengan dunia intelijen, suatu wahana untuk mengabdikan diri demi kemajuan bangsa, karena dengan tangan hampa tanpa wadah dan perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga mengungkap suatu permasalahan sama saja dengan bunuh diri....... ooh negeriku beritahu aku darimana harus melangkah.
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters

Online Users
Tweet



Facebook Google Digg Reddit Pinterest StumbleUpon Email