Bidang Studi Intelijen » INTELIJEN INDONESIA

Friday, September 08, 2006

Bidang Studi Intelijen

Apa sebenarnya yang wajib dipelajari dalam studi intelijen secara akademik?

Pertanyaan itu terus menggelitik hati dan pikiran saya sejak Pak Hendropriyono menggagas dan akhirnya mewujudkan sekolah Intelijen setingkat S1 dan S2 beberapa tahun silam. Tanggung jawab dalam mencetak kader intelijen yang memiliki kapasitas kesarjanaan yang tinggi secara akademis terus membayangi sekolah Intelijen. Karena saya tidak bisa ikut campur dalam penyusunan kurikulum maupun penyelenggaraan sekolah tersebut, maka saya akan ungkapkan apa-apa yang wajib dipelajari dalam studi intelijen berdasarkan survey internet dan pengalaman sekolah saya, sbb:


  1. Konteks studi intelijen seyogyanya lebih luas dari studi politik, ekonomi, hubungan internasional, kebijakan luar negeri, hukum internasional, kriminologi, etika, psikologi, dan usaha-usaha negara bangsa dalam memelihara keamanan politik, sosial, ekonomi, dan militer. Dengan kata lain studi intelijen bersifat multidisplin.
  2. Sebagai pondasi, diperlukan studi logika, matematika dan statistik serta dasar-dasar ilmu alam, filsafat manusia dan filsafat ilmu pengetahuan, geografi, dan sejarah dunia.
  3. Sebagai pengetahuan praktis dan teknis perlu dikembangkan spesialisasi khusus seperti bahasa asing, fotografi dan teknologi audio video, ilmu komputer, teknologi komunikasi, dan teknologi sistem pengamanan.
  4. Sebagai pilihan studi bisa disusun berdasarkan area studies (kajian wilayah/kawasan misalnya Asia Tenggara) atau issues studies (kajian masalah misalnya Terrorisme).
  5. Sebagai studi utama, tentu saja tetap mengajarkan dasar-dasar intelijen mulai dari internal security sampai pada analisa intelijen strategis tingkat advance.

Dalam waktu studi 4-5 tahun tentu saja variasi studi yang bisa disusun dalam sebuah kurikulum studi intelijen bisa diperluas ke bidang-bidang lain yang juga menjadi perhatian intelijen, bisa juga memasukkan studi lingkungan hidup, studi tentang gerakan NGO, studi tentang analisa psikologi (khususnya tentang personality), teori komunikasi beserta teknik praktisnya, dll.

Semoga saja, sahabat Blog I-I yang sedang atau sudah menempuh studi intelijen baik yg S1 maupun S2, juga mendapatkan apa yg saya tuliskan di atas. Karena dengan demikian, saya yakin cukup memadai untuk menjadi dasar dalam melangkah secara mantap dan profesional khususnya dalam melaksanakan tugas serta meningkatkan kapabilitas organisasi intelijen secara umum.

Catatan dari saya tersebut di atas bisa jadi masih sangat kurang. Bila ada yang ingin menambahkan ide silahkan.

Sekian



Comments:
Waahh...luar biasa pak...saya sedikit sudah baca tulisan2 bapak
saya salah seorang Pemuda Bangsa Ini yang hobby mempelajari tentang Intelijen....entah mengapa hari2 saya didepan internet selalu dihabiskan dengan mencari bahan2 bahan yang berhubungan tentang intelijen..kalau boleh saya tau e-mail bapak....?
 
saya kpingin banget mndaftar di STIN(Sekolah Tinggi Intelijen Negara)caranya gimana ?umur saya h 21 th apa masih bisa?tolong saya diemaili syarat2 pendaftarannya ya pak: raider1_go@yahoo.co.id
 
saya juga mau pak dikirimin email tentang intelijent

nama saya buyung
email h85.grison@yahoo.co.id
terima kasih om
 
syarat - syarat masuk stin??
 
Saya masih duduk di SMA kelas 3.saya mau tahu semua hal tentang STIN.Mohon bimbingannya.,

bimobesil@gmail.com
 
Kalau boleh saya juga ingin mendapat informasi tentang intlelijen, terima kasih pak.

yossuichan@yahoo.com
 
okay STIN. Iam coming. . .
mohon doanya, karena tahun ini saya mendapat kesempatan dari sekolah untuk test ke STIN. . .

TRIMS. . .
 
asslm ...
saya masih duduk di kls 3 sma ..
saya ingin melanjutkan sekolah ke STIN ...
mohon bimbingan nya ...
trima kasih pak ..

Khuro_u2@yahoo.com
 
saya dari sekolah baru dijambi...
bisa gak kami di sekolah ini diundang masuk ke STIN??
untuk thn 2009/2010
sekolahnya MAN CENDEKIA JAMBI..
anakan dari insan cendekia serpong
 
Saya juga mau..
tolong dikirim k dewabrata@ymail.com...
 
Sy jg mw.
icha_93mth@yahoo.co.id
trmksh
 
pak,saya siswa sma 1 pontianak, saya mendaftar sekolah tinggi intellijen negara melalui sekolah saya. tapi saya tidak tahu apa saja persyaratan untuk dapat mendaftar Sekolah Tinggi Intellijen Negara. Dari STIn sendiri tidak memberi penjelasan sevara lengkap. apakah saya boleh meminta data-data dan persyaratan apa saja untuk mendaftar di STIN? restusoods@yahoo.co.id ini emnail saya,pak
 
pak bagaimana caranya masuk stin?
syarat nya?
koriyantara@rocketmail.com
 
Awas...perlu diwaspadai. BIN yang merupakan lembaga intelijen sipil, kini posisi unit-unit tertentu marak diduduki oleh pejabat TNI aktif yang mengusung banyak Bintara, Tamtama serta Pamen dan Pati TNI. Pola operasi TNI yang represif mulai menggejala dan cenderung mendominasi operasi BIN sebagai lembaga sipil yang seharusnya memiliki pola operasi preventif. Dengan demikian, saat ini sulit mengidentifikasi dan membedakan apakah kebijakan BIN atau TNI. Oleh karenanya perlu adanya dorongan kuat untuk merevisi UU Intelijen Negara, khususnya yang menyangkut klausul (pasal) tentang Personil BIN. Selain itu, perlu merubah nama "UU Intelijen Negara" menjadi "UU Badan Intelijen Negara".
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters

Online Users
Tweet



Facebook Google Digg Reddit Pinterest StumbleUpon Email