Artikel / Opini Anda » INTELIJEN INDONESIA

Wednesday, December 21, 2005

Artikel / Opini Anda

Sehubungan dengan minat yang terus berkembang dari rekan-rekan pembaca blog Intelijen Indonesia, saya akan membuka kesempatan kepada rekan-rekan untuk mengirimkan artikel dalam bentuk opini ataupun analisa singkat. Meskipun pembukaan kesempatan untuk berkomentar belum mendapat tanggapan yang berarti, namun kontak via e-mail telah mengalir dalam frekuensi yang lumayan mengagetkan saya. Kemudian untuk menjaga kesesuaian tema umum dalam blog Intelijen Indonesia, syarat utama dalam pemuatan artikel rekan-rekan adalah ada kaitannya dunia intelijen, walaupun cuma sedikit.

Saya akan melakukan seleksi dan mungkin sedikit editing tanpa merubah isi.

Sebagai aturan main adalah sebagai berikut:

  1. Artikel yang dikirim adalah hasil karya asli penulis. Bila sudah pernah dipublikasikan di media lain, mohon diinformasikan sebagai catatan yang wajib saya tuliskan sebagai penjelasan tambahan untuk artikel yang dikirim.
  2. Karena blog Intelijen Indonesia bersifat sukarela sebagai sumbangsih bagi masa depan NKRI yang demokratis, kuat berwibawa, dan bersih, maka sifat pengiriman artikel juga atas dasar sukarela untuk disharing kepada pembaca blog ini.
  3. Untuk identitas penulis mohon dijelaskan apakah akan mencantumkan nama asli atau nama alias. Dari sejumlah e-mail yang saya terima sebagian ada yang secara terbuka dan nyaman menggunakan identitas asli, dan ada sebagian yang menggunakan nama alias. Kemudian juga mohon disampaikan apakah pembaca blog Intelijen Indonesia bisa langsung berkomunikasi via e-mail dengan penulis. Bila boleh, saya akan mencantumkan e-mail penulis.
  4. Berbeda dengan fasilitas di media massa online yang sudah mapan, blog Intelijen Indonesia masih bersifat standard dengan segala kekurangan dalam menampilkan setting halaman demi halaman. Dengan pola lines maka tampilannya akan cenderung dibaca dari atas ke bawah, sehingga artikel yang panjang akan menyita ruang yang banyak. Dengan demikian, alangkah baiknya tulisan yang dikirim itu singkat padat, misalnya sekitar 1000-2000 kata. Tetapi aturan ini tidaklah kaku, untuk artikel yang sarat informasi data dan sulit untuk dipersingkat, mungkin tidak apa-apa.
  5. Untuk menjaga keseimbangan dengan tulisan saya pribadi, maka sebagai tahap awal dalam satu minggu maksimal saya akan mengupload dua artikel yang sudah saya seleksi. Hal ini juga bersifat fleksible dan bisa berubah di kemudian hari.

Tujuan dari publikasi artikel/opini anda ini adalah untuk membuka kesempatan bagi siapapun pembaca blog Intelijen Indonesia untuk berkontribusi.

Sekian. Silahkan sampaikan kritik dan saran di kolom komentar, atau bisa juga dikirimkan ke e-mail saya.

Comments: Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters