Memperkuat Intelijen BNN dan Intelijen Pajak » INTELIJEN INDONESIA

Saturday, December 17, 2005

Memperkuat Intelijen BNN dan Intelijen Pajak

Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Direktorat Jenderal Pajak adalah dua institusi yang perlu memiliki intelijen aktif yang kuat serta berkesinambungan dalam melakukan operasi di bidang masing-masing.

Bahaya narkotika tidak kalah penting dibandingkan dengan bahaya terorisme. Sementara potensi kerugian negara dari penggelapan pajak tidak kalah kecil dibandingkan dengan kasus korupsi.

Meski saya yakin baik BNN maupun Dirjen Pajak sudah melangkah maju dalam membangun struktur unit intelijen di dalam organisasinya, namun perlu kiranya didukung lebih jauh proses penguatan unit intelijen di dalam kedua institusi tersebut.

Lebih jauh BNN yang meskipun bertanggungjawab kepada Presiden adalah dikepalai oleh Kapolri, adalah lebih mudah dalam menciptakan unit operasi yang handal dengan dukungan personel polisi. Barangkali yang perlu diperkuat adalah citra operasi khusus BNN yang bersih dari penyalahgunaan wewenang. Karena polisi secara umum masih menyimpan citra negatif karena kelakuan sejumlah oknum personel yang melanggar hukum di wilayah tugasnya.

Lalu bagaimana dengan Dirjen Pajak? perlu digagas wewenang unit intelijen pajak dalam turut serta menegakkan hukum sebagai langkah antara untuk dilanjutkan oleh Kepolisian.

Proses penguatan unit intelijen di kedua institusi di atas adalah sangat vital bagi peningkatan performance organisasi. Hal ini lebih lanjut juga diikuti oleh profesionalisme dan pengawasan serta sistem internal security guna mencegah timbulnya penyalahgunaan wewenang.

sekian.
Comments:
Berdasarkan berita berita, kegiatan Operasi BNN sangat sering sekali, terkait pengungkapan Pabrik Narkotika di Indonesia yang merupakan SANGAT EFEKTIFnya Intelijen BNN, plus ITnya.. ditambah pula dengan pengungkapan kasus kasus Terkait dgn Artis Artis yg menjadikan Eksistensi BNN ttp terjaga.

sangat berbeda dgn Intelijen Pajak yg Justru masih bermain dgn Nikmat dunia merekaaa..

mungkin yg dimaksud SW adalah Intelijen Bea cukai yg Cukup Efektif dlm pengungkapan Penyelundupan (meskipun katanya itu baru 20% s/d 40% yg terungkap dan diketahui oleh Eselon Inya...)
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters