Penting!!! Peringatan atas komunikasi via e-mail » INTELIJEN INDONESIA

Monday, December 19, 2005

Penting!!! Peringatan atas komunikasi via e-mail

Sehubungan dengan komunikasi e-mail diantara rekan-rekan dunia maya dengan saya, perlu saya informasikan bahwa sejumlah e-mail yang saya tulis seringkali mengalami delivery error. Meskipun saya bukan pakar teknologi informatika/jaringan internet, saya melihat beberapa indikasi adanya deteksi pihak ketiga atas e-mail yang saya kirim ke rekan-rekan sekalian. delivery message yang mengembalikan e-mail saya tersebut antara lain bukan dengan pola mailbox full, atau disebabkan kesalahan menuliskan e-mail address, tetapi dengan pola system pengamanan yang saya kenali dirancang oleh jaringan LAN. Dalam sistem administrasi atau protokol pemberitahuan ke alamat e-mail saya memang menggunakan pola umum dari Mailer-Daemon, tetapi reason sesungguhnya adalah model blocking atau locking. Dengan kata lain, saya ingin menyarankan kepada rekan-rekan yang masih ingin terus berkomunikasi untuk mengambil jalur yang lebih bebas walau tidak dijamin aman kerahasiaannya, yaitu dengan cara:

  1. Jangan menggunakan e-mail address dari kantor/organisasi tempat kita bekerja, karena semua yang mengalami kejanggalan delivery error berasal dari sana, khususnya untuk rekan-rekan di Amerika Serikat dan Australia. Ingat!!! Saya tidak berkepentingan dan tidak akan menyelidiki siapa-siapa saja yang mengadakan kontak dengan saya.
  2. Jangan berkomunikasi dari kantor bila ingin berdialog tentang hal-hal yang rekan-rekan anggap sensitif. Karena saya sudah melihat langsung demonstrasi pengawasan melekat menggunakan software tertentu untuk mengetahui aktivitas dunia cyber sebuah organisasi. Gunanya bagi perusahaan adalah untuk mengamankan sistem jaringan mereka atas upaya pembobolan dari bantuan orang dalam. Sistem ini meski melanggar hak kebebasan individu karyawan, tetap dipasang di banyak perusahaan atau organisasi.
  3. Gunakan e-mail address yang bersifat umum seperti yahoo, gmail, hotmail, dll.
  4. Bila berkomunikasi lewat Cyber cafe atau warung internet biasakan untuk logout secara komplet, bila perlu lakukan penghapusan history atau cookies yang bisa ditelusuri ke pengguna.
  5. Belakangan muncul isu pengawasan oleh IP provider, khususnya di negara tirai bambu karena pemerintah disana bukan saja melakukan sensor, melainkan juga melakukan deteksi atas siapa-siapa saja yang melakukan komunikasi sensitif via internet. Tetapi sesungguhnya hal ini juga terjadi di negara-negara barat pasca 9/11. Untuk Indonesia, saya tidak terlalu yakin...tetapi saya bisa meyakinkan bahwa apapun yang kita diskusikan adalah semata-mata untuk kejayaan NKRI, jadi janganlah khawatir.
  6. Saya tidak bertanggungjawab bila rekan-rekan mengalami persoalan dengan tempat bekerja, karena saya sudah mengingatkan hal ini.
Hal-hal tersebut diatas adalah sangat simple tetapi berguna buat keamanan rekan-rekan dan bisa juga diaplikasikan dalam komunikasi rekan-rekan dengan pihak lain.

Buat rekan-rekan yang lebih paham tentang pengamanan jalur komunikasi via internet, mohon sharing informasinya, saya akan sangat berterimakasih.
Comments:
pak,saya ingin komunikasi dengan anda,please ke email saya. jopiet98@gmail.com.tksb4
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters