Sedikit nasehat buat para agen muda » INTELIJEN INDONESIA

Sunday, February 12, 2006

Sedikit nasehat buat para agen muda

Seorang agen operasional maupun agen analis senantiasa dipengaruhi oleh kapabilitas dirinya dan keraguan lingkungan atas kemampuannya. Sehebat apapun seorang agen, bila telah terperosok dalam suasana "merasa hebat", maka kejatuhannya akan segera datang.

Di luar aspek kapabilitas seorang agen mengembangkan kemampuan dirinya, dia mesti senantiasa memperhatikan adanya pendapat/analisa yang mungkin lebih baik dari kalangan pakar ahli. Satu hal yang perlu dipisahkan adalah aspek emosi individual yang seringkali mewarnai sebuah pendapat (subyektifitas). Subyektifitas seringkali berhasil mempertajam analisa atau perkiraan dari satu sudut pandang karena ia diperkuat oleh emosi. Namun kekeliruan dalam mengandalkan pada sikap seperti ini akan menjerumuskan bila ternyata insting intelektual/intelijen meleset, sehingga emosi yang membimbing analisa tersebut akan kelihatan begitu bodohnya, dan penyesalan tidak akan berguna.

Oleh karena itu, sangatlah perlu untuk melihat secara umum, membandingkan dengan pendapat lain, dan sekali lagi membuat penglihatan ulang kepada sebuah duduk persoalan. Proses ini berlangsung lambat pada awalnya, namun akan termekanisasi seiring dengan kebiasaan seorang agen.

Ingat pada nasehat Kipling's "If":

"If you can trust yourself when all men doubt you"
--and here comes the rub--
"But make allowance for their doubting, too."

Memang benar seorang agen yang baik hanya percaya 100% pada dirinya sendiri, namun tetap berilah ruang pada keraguan orang lain pada anda.

Anda akan menjadi orang yang percaya diri sekaligus waspada pada kekeliruan yang mungkin terjadi pada diri sendiri. Sehingga tidak akan terjadi keyakinan yang berlebihan yang bisa mendorong pada kehancuran diri sendiri.

Sekian

Comments:
great.....!


post by : bajil
 
mksdnya rudyard kipling ya....
oke deh blog anda menarik
 
Kepercayaan seorang agen harus 100%, tapi kerguan orang lain di gunakan untuk katalis dalan tindakan dan proses analisis
 
"Buah , apabila sudah pada saatny matang maka dia akan jatuh dengan sendirinya"

pak sw pernah mengucapkan kalimat ini ?

Selalu ditunggu arahan
agar kami tidak hanya membaca shingga sering menafsirkan kejadian" dengan kacamata awam

-orog merapi
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters