Soal Papua dan Blok Cepu » INTELIJEN INDONESIA

Tuesday, March 28, 2006

Soal Papua dan Blok Cepu

Ada salah seorang pembaca Blog I-I yang dua kali menanyakan tentang masalah Papua dan Blok Cepu. Kebetulan saya sedang mampir di Melbourne untuk menemui seseorang untuk urusan pribadi. Yah....agak sulit sejujurnya saya melihat persoalan yang masih aktual tersebut.

Papua
Khusus untuk soal Papua saya sudah jauh-jauh hari mengingatkan bahwa pengelolaan amatiran seperti yang masih terjadi sampai sekarang akan menimbulkan masalah Papua tetap eksis dan aktual dalam perpolitikan kawasan dan dunia. Sikap Australia baru-baru ini dengan memberikan visa sementara merupakan realita yang harus segera dipahami oleh segenap unsur pimpinan Indonesia. Bahwa trend perjuangan separatisme dengan teknik perjuangan HAM adalah sangat efektif . Di samping petualang-petualang politik lintas negara yang sebenarnya lama-kelamaan menjadi bagian dari hidup dan penghidupannya, fakta bahwa global governance yang digerakkan civil society sungguh-sungguh ada dan mempengaruhi kebijakan di setiap negara. Selama jaring civil society di Indonesia terus-terusan menjadi "musuh" atau dianggap "musuh" oleh pemerintah maka, Indonesia akan selalu ketinggalan kereta dalam penanganan kasus-kasus semacam pelarian dari kelompok separatis. Ingat kekalahan telak yang sangat memalukan dalam kasus Timor-Timur...hal ini adalah kekeliruan kebijakan yang fatal selama masa berkuasanya mantan Presiden Suharto. Tidak dapat dielakkan bagi pemerintah Australia untuk melonggarkan pintu imigrasi karena perjuangan kelompok Lobby Papua dan para pendukungnya, tentunya kita juga harus mempertimbangkan kelompok anti Indonesia (anti militerisme) yang masih melihat perilaku menyimpang dari aparatur keamanan Indonesia.

Syukurnya reaksi pemerintah Indonesia masih cerdas...meski ada tekanan emosional untuk pemutusan hubungan diplomatik. Indonesia yang sedang menata sistem demokrasi seharusnya terus menjaga perkembangan positif ini dengan mengutamakan perjuangan yang lebih cerdas dan sungguh-sungguh memulai lembaran baru penegakkan hukum, perlindungan HAM, pembangunan yang merata, serta membabat habis tikus-tikus korupsi di sektor publik maupun praktek ekonomi kriminal oleh kalangan swasta. Kasus kontrak karya Freeport yang kembali digugat karena ketidakseimbangan pembagian keuntungan jelas amat jelas disebabkan oleh politik kekuasaan dan praktek suap.

Cepu
Masalah Cepu sangat sarat dengan muatan politik, saya menduga the anonymous yang menanyakan soal Papua dan blok Cepu adalah lawan politik dari pemerintahan sekarang. Berdasarkan dugaan tersebut maka saya batasi komentar saya yang lebih bersifat umum agar hal ini tidak dimanfaatkan untuk menjatuhkan pemerintahan sekarang, sejujurnya sangat mudah menjatuhkan pemerintahan sekarang karena perilakunya belum lebih baik dari terdahulu. Bermodalkan data-data aktual tentang bagaimana sebuah prosedur diselewengkan karena bermainnya faktor kekuasaan dan uang, maka DPR bisa saja melakukan sebuah upaya impeachment. Saya perkirakan kasus-kasus semacam ini sedang dikumpulkan oleh mereka yang haus kekuasaan untuk menyusun siasat menuju pesta demokrasi 2009. Akankah matahari kembar bisa bersinar bersama, menjadi jelas di mata saya bahwa duet pimpinan Indonesia sekarang sarat dengan persaingan. Sehalus apapun permainan di antara mereka ujung-ujungnya mengarah pada kekuasaan untuk mengendalikan sebanyak mungkin sektor-sektor vital di negara tercinta ini, melalui tangan-tangan tidak kelihatan.

Mohon ma'af bila saya hanya menuliskan komentar kasar yang kurang akurat, tetapi setidaknya para pembaca sudah bisa membaca ke arah mana pembicaraan tulisan di atas.

Sekian
Comments:
bang, infonya bagus banget.....tp bang, boleh minta tolong ga..?
skirpsi saya tentang pengawasan aliran kepercayaan oleh kajaksaan, bisa bantu nggak bang nyari data2nya n analisanya, cara kerja intelejen kejaksaan, koordinasinya...dsb...makasih ya bang. YM saya bang (sy_aqua@yahoo.com)
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters