Krisis Blog I-I » INTELIJEN INDONESIA

Thursday, December 14, 2006

Krisis Blog I-I

Saya sangat berterima kasih atas masukan dari sejumlah rekan Blog I-I yang secara lugas maupun diplomatis mengkritik tulisan-tulisan dalam Blog I-I. Berkurangnya daya kritis Blog I-I tersebut semata-mata karena saya secara sadar melakukan penghalusan. Meskipun ada pihak-pihak yang menawarkan "keuntungan", saya tidak mengalihkan kendali Blog I-I pada siapapun dan saya tetap berupaya untuk kritis terhadap dunia keamanan, intelijen dan politik Indonesia. Tanpa harapan keuntungan, tanpa dukungan biaya pihak luar sedikitpun, tanpa kepentingan kelompok tertentu, Blog I-I akan berusaha tetap dalam komitmennya. Mungkin sulit dipercaya dan terasa konyol dan mungkin banyak pula yang beranggapan saya ini memang orang iseng. Padahal saya sungguh-sungguh dan kadang benar-benar capek serta tidak sempat mengupdate Blog I-I. Juga saya berterima kasih atas keberanian beberapa rekan Blog I-I yang memberikan bahan keterangan yang bagus dan penting.


Saya mulai memperhalus tulisan Blog I-I untuk menghindari tekanan beberapa pihak yang mulai membuat saya agak khawatir. Misalnya saja ancaman penelusuran eksistensi saya di dunia nyata yang semakin mendekati kenyataan. Bagi para pembaca mungkin hal ini terasa tidak terlalu beresiko, tetapi dari hasil penelitian saya ke beberapa unit teknologi intelijen di Kepolisian saya melihat sebuah peningkatan kemampuan yang cukup baik untuk mendeteksi saya. Singkatnya saya sudah melihat beberapa upgrade peralatan teknologi yang bisa mencari dimana saya terkoneksi meski harus dipadukan dengan teknik tradisional (manual) berupa pencatatan secara menyeluruh. Itulah sebabnya mengapa beberapa LSM juga menolak keinginan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk membentuk unit pengawas Internet. Software yang saya miliki masih cukup baik dengan mengalihkan alamat dan identitas saya, namun saya tidak mungkin melakukan upgrade setiap tahun. Artinya bila sampai keluar perintah untuk menyelidiki saya, maka riwayat Blog I-I akan segera berakhir

Ma'af bila tulisan ini terasa seperti keluh kesah. Tetapi dengan menuliskan secara blak-blakan begini maka rekan-rekan Blog I-I bisa paham situasinya.

Sekian
Seno
Comments:
Wah wah, om Seno koq sampai putus asa gitu to sampai2 blog I-I mau tutup segala, apa ngga' ada cara cerdas utk mengatasi "masalah" ini?
Biar tulisan diperhalus tapi tetap harus tajam dong. Ibarat sebuah silet halus dan tajam, siap merobek2 apapun. LANDAX
 
Salam sejahtera, dan selamat natal kepada saudara-saudara se-Indonesia yang merayakannya.

Om Seno, terima kasih atas penjelasan dan tanggapannya atas 'komentar' saya pada topik Kepemimpinan Sipil di BIN yang kemudian dijawab dalam "Krisis Blog I-I. Om Seno mengungkapkan kekuatiran karena adanya tekanan beberapa pihak.

Itu sebenarnya hanya semacam 'kegelisahan' karena mungkin selama ini sangat optimis dan merasa memiliki satu-satunya 'sumber' pengetahuan tentang intelijen. Terlepas apakah itu kemudian terkait BIN atau siapa saja, itu tidak masalah bagi saya.

Tetapi ternyata kondisi sosial politik kita tidak dan masih belum kondusif bila terkait hal-hal berbau rahasia atau intelijen. Berbeda sekali dengan di USA dan negara lain yang justru bahkan membuka diri (pada level tertentu tetap rahasia)tentang kinerja mereka.

Saya sendiri mulai 'gelisah' lagi mengetahui 'resiko' yang mungkin Om Seno alami bila tidak segera 'mengubah komitmen' dalam menyoroti atau menyikapi dunia intelijen Indonesia.

Menurut saya, sebenarnya Om Seno sudah lama menjadi target 'pencarian' oleh orang-orang BIN. Saya yakin sekali dengan hal itu. Dan, beberapa di antara mereka justru menyumbang tanggapan pada blog I-I ini.

Karena itu, sebaiknya Om Seno dapat memberi ekspos emerjensi bila ada sesuatu yang buruk terjadi. Biar semua blogger dapat mengetahuinya. Setidaknya bisa menjadi saksi kesewenang-wenangan yang menjadi kebiasaan para penekan itu.


tks.
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters