Komunitas Penuh Kejutan » INTELIJEN INDONESIA

Sunday, May 27, 2007

Komunitas Penuh Kejutan

Pertama kali membaca tulisan Rusia yang kemudian juga diikuti oleh mas Bajil, sungguh agak sedikit menggoda untuk membahasnya dalam tulisan singkat ini.

Komentar singkat dalam shoutbox memiliki makna khusus dari "Tsar" yang menyebutkan tentang Izobrazhaya Zhertvu ada baiknya saya bahas agar sebagai bagian dari pelajaran publik tentang pentingnya wawasan insan intelijen. Hal itu juga berlanjut dengan komentar dalam aksara Arab dari seseorang berinisial الضحيه yang ternyata juga paham soal Izobrazhaya, apakah ini benar-benar tanda kebangkitan Rusia Novaya di bumi Indonesia? ah ternyata bukan..., ternyata sebuah upaya penyelidikan terhadap karakter Senopati Wirang yang hampa bagaikan black hole dengan mengajak rekan-rekan Blog I-I mempelajari kisah Izobrazhaya. Yah mau bagaimana lagi, rekan-rekan Blog I-I memang penuh kejutan dan sekali lagi membuat saya terhenyak.

Bisa terasa sebagai kritik, bisa juga sebagai pujian dari sisi mana rekan-rekan menterjemahkan kisah Izobrazhaya dalam kaitannya dengan tulisan-tulisan Blog I-I. Sebagai perbandingan, Mas Pagaruyung dan rekan-rekan yang lain tidak berani mengirimkan tulisan kepada Blog I-I karena takut terbongkar dari karakter atau model tulisannya. Sementara dari apa-apa yang saya tuliskan mungkin sebagian rekan Blog I-I sudah semakin dekat dengan identitas Senopati Wirang.

Mbak Stella yang ternyata juga fasih Rusia, saya setuju bahwa salah satu persoalan yang sangat penting adalah pemberantasan korupsi, perlu juga dipertimbangkan cara-cara revolusioner, entah bottom-up atau top-down. Rasanya kalau di tingkat yang paling TOP ternyata berlumuran hasil korupsi, maka akan teramat sulit.

Buat penulis kode-kode rhs, sudah diterima 10-4. Terimakasih.

Kemudian ada juga komentar "iwak pindang" yang dengan jelas menyampaikan tuduhan Kucing Garong Double Agent terhadap saya...yah mau dibatasi bagaimana? nanti disangka tidak demokratis dengan menyeleksi tulisan-tulisan yang anti Blog I-I.

Sungguh yang paling lucu adalah komentar tuduhan saya sebagai seorang komunis dan kebohongan informasi tentang Kidon. Mengapa lucu, karena Code Name yang dipakai jelas merupakan intimidasi kepada Blog I-I. Pesannya adalah Blog I-I tidak akan sanggup menandingi propaganda Mossad.

Mengenai pertanyaan mengapa saya membuat Blog I-I, rekan-rekan bisa merasakan dari isi dan dinamika diskusinya. Bisa bermanfaat bisa juga tidak tergantung dari sisi kepentingan maupun kebutuhan rekan-rekan Blog I-I sendiri.

Buat Ndorokakung dan rekan-rekan yang rajin berkunjung, saya sulit memberikan waktu yang lebih sering untuk mengupdate Blog I-I, jadi mohon dimaklumi dan jangan kapok mampir.

Buat Mas Bajil, ide merubah penampilan Blog I-I cukup menarik saya pernah coba dengan link yang Mas Bajil kirim, tapi sayang saya kurang paham caranya (bukankah Blog I-I pernah beberapa kali "rusak" karena saya coba-coba merubahnya), lagi pula anak saya yang biasa membantu memperbaiki penampilan Blog I-I sudah tidak bisa diganggu karena kesibukannya sendiri.

Buat semua rekan-rekan, dalam polemik tentang saya, adipati, masa depan Blog I-I, tuduhan yang kembali bergema, semua itu sudah pernah terjadi sejak awal peluncuran Blog I-I. Mungkin persoalan itu kembali ramai karena Blog I-I yang mereka ramalkan mati sendiri ternyata masih hidup terus, bahkan komunitasnya meluas ke kalangan Mahasiswa dan jaring intelijen.

Mudah-mudahan Mas Ray_19 benar-benar mahasiswa yang tertarik menulis tentang intelijen dalam studinya, karena kesempatan untuk menjadi akademisi Indonesia yang menguasai masalah intelijen sangat terbuka, bisa menjadi yang pertama. Bandingkan misalnya dengan Andi Wijayanto yang sebenarnya lebih tepat disebut sebagai pengamat hankam dari pada pengamat intelijen. Bandingkan juga dengan AC Manullang yang sebenarnya keahlian akademiknya (Doktornya) jelas-jelas bukan bidang intelijen. Saudara Ray bisa menjadi salah satu ahli intelijen di masa mendatang kalau serius mendalaminya. Sering-sering saja bertanya di forum Blog I-I, selain saya ada rekan-rekan Blog I-I yang lain yang akan berbagi informasi, ilmu pengetahuan serta pengalaman mereka. Jangan berharap mendapatkan hasil matang hanya dengan menunggu datangnya e-mail di inbox setelah memberi alamat e-mail di Blog I-I. Butuh proses dan pengenalan serta keseriusan bila ingin meneliti intelijen secara akademis.

Buat mbak Stella, Om 13-13-1313, Om Kethul, Om Bird, Pa Ete Pagaruyung, Om Tukang Jam, Om Si Butet Yogya dan Mbah Kakung, Mas Ovi, Agent P5, Cah Bodho, dan semua jaring yang selalu tanpa nama anonym, juga pengunjung baru Blog I-I, beginilah suasana rumah Blog I-I. Jangan ada yang sakit hati, tersinggung atau menjadi dendam karena perbedaan pendapat belaka.

Sekian


Comments:
saya, panggil saja Jon, lulusan sastra rusia, tertarik masalah-masalah terkait Rusia-Indonesia. Rusia negara besar, begitu pula Indonesia memiliki cakupan wilayah besar pula. Dahulu pernah terjalin hubungan dan kenapa sekarang nggak segera dianyam lagi hubungan ini. Potensi kedua belah pihak tidak akan tergali bila tidak ada hubungan kerjasama.
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters