Pernyataan Sikap Blog I-I Soal Reshuffle Kabinet 7 Mei 2007 » INTELIJEN INDONESIA

Wednesday, May 09, 2007

Pernyataan Sikap Blog I-I Soal Reshuffle Kabinet 7 Mei 2007

Setelah pelantikan dan polemik yang mereda, izinkan Blog I-I menyampaikan kepada semua rekan-rekan bahwa peristiwa reshuffle kabinet yang kemarin adalah hal yang sangat biasa. Berbagai pendekatan dan analisa bisa dilakukan untuk mendukung ataupun menyesalkan reshuffle tersebut, tergantung pada kepentingan politik siapa kita berbicara. Kebebasan dan demokrasi membuat banyak pihak berani berkomentar, baik yang omong kosong, yang penuh tekanan, yang penuh intrik, yang sekedar pelepas kekesalan, yang bermaksud baik, yang bermaksud buruk, dst...dst.

Meskipun Blog I-I pernah "diajak" memikirkan oleh seorang rekan dengan mendiskusikan seluruh daftar calon yang ada pada Presiden (yang kemudian mengkerucut menjadi sekitar belasan nominasi), namun Blog I-I tidak meyakini bahwa pergantian figur akan mampu memperbaiki secara maksimal sejumlah kerusakan dan kelambatan pembangunan Indonesia Raya. Sehingga Blog I-I hanya memberikan catatan-catatan ringan yang kemudian menjadi bahan rekan Blog I-I untuk menghadap presiden sebelum reshuffle. Sebuah catatan penting yang mungkin tidak akan berani disampaikan kepada SBY adalah bahwa Blog I-I yakin SBY bukan seorang peragu ataupun lemah dan tidak tegas. SBY adalah seorang Jenderal yang pandai dan tegas serta keras dan memiliki strategi yang sangat jelas di mata Blog I-I.

Saya paham bila banyak rekan Blog I-I yang sangat kesal kepada Adipati SBY, namun kuranglah bijaksana bila kekesalan komunitas intelijen menjadi bahan provokasi yang akan semakin merusak suasana politik nasional. Meskipun komunitas intelijen analis dalam dan luar negeri di kantor pusat hampir seluruhnya menderita akibat minimnya kesejahteraan mereka, namun janganlah hal itu menjadi alasan untuk mengurangi loyalitas intelijen. Jalan intelijen adalah loyalitas sampai mati demi NKRI. Ancaman kepada Adipati berkorelasi langsung dengan eksistensi dan stabilitas NKRI. Betapapun pandangan negatif kepada Adipati SBY, perlu dipahami bahwa usaha-usaha perbaikan terus dilakukan.

Perhatikan bahwa Adipati ternyata berusaha memberi ruang gerak yang sangat luas kepada seluruh anggota kabinet, hal ini merupakan bagian dari pembelajaran demokrasi. Namun banyak pejabat yang melihatnya sebagai lemahnya kontrol, dan diperparah oleh soal posisi dukungan parti dsb.

Blog I-I sangat kritis dan keras terhadap kinerja Tim Ekonomi, namun sejujurnya Blog I-I belum melihat kandidat yang memiliki kapasitas yang melebihi Tim Ekonomi yang ada, khususnya dari sisi manajemen. Kritik Blog I-I mencakup kurang kreatifnya terobosan pemulihan ekonomi yang langsung menyentuh sektor riil.

Blog I-I adalah komunitas intelijen tanpa tuan, Komunitas Intelijen Indonesia memiliki tuan Presiden. Mohon pengertian bila Blog I-I berbeda pandangan dan lancang memberikan catatan kepada publik.

Catatan ini agak membela Adipati sebagai konsekuensi logis dan obyektifitas dari sisi prioritas. Yaitu bahwa yang terbaik bagi Indonesia Raya saat ini adalah membiarkan Adipati menjalankan sisa waktu pemerintahaannya dengan ketegasan yang berlandaskan kepada niat baik. Blog I-I menjamin bahwa rakyat teramat sangat merindukan kepemimpinan Adipati SBY yang sesuai dengan karakteristik seorang Jenderal Rakyat yang sesungguhnya.


Sekian

Comments:
Setelah membaca dua topik Blog I-I yg terbaru, yaitu: "Pernyataan Sikap Blog I-I Soal Reshuffle Kabinet 7 Mei 2007" dan "Pasir, Ekstradisi dan Masalah Pertahanan", sepertinya terasa ada kejanggalan disana.....

Apakah Bung Senopati Wirang sudah berganti orang ???
Ataukah blog I-I yg sudah "dikuasai" orang lain ???
........
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters