Perubahan Visi dan Misi Blog I-I » INTELIJEN INDONESIA

Sunday, May 27, 2007

Perubahan Visi dan Misi Blog I-I

Sudah masuk sebuah usulan perubahan Visi dan Misi Blog I-I dalam bentuk komentar langsung dan sejumlah dukungan serta revisi dalam bentuk e-mail kepada saya. Beberapa tanggapan sangat menarik dan cukup baik untuk dipertimbangkan seperti usulan berikut ini:

Bisakah Visi tsb diubah sedikit:
“Menjadi Blog yang diakui Integritas-nya secara nasional melalui penguatan nilai-nilai intelijen strategis serta pencapaian Indonesia Raya yang Adil, Makmur, & Demokratis.”
Cat: menurut pemahaman saya, Integritas sudah mencakup kredibilitas, kompetensi, loyal & jujur.

Bisakah Misi Blog I-I menjadi:
“Mencapai dan memelihara kestabilan I-Pol-Ek-Sos-Bud yang ADIL & DEMOKRATIS melalui :
1. Penerapan jaring informasi intelijen,
2. Penajaman analisa intelijen,
3. Pembangunan sistem keamanan nasional yang TERPADU melalui sinergi seluruh unsur pendukung pertahanan dan keamanan.”
Cat: Kestabilan Han-Kam sudah telah tercakup di No.3.

Bisakah Nilai-Nilai Strategis menjadi:
Integritas - Demokratis - Efektif - Adil - Logis – Tepat - Rahasia - Universal - Terpadu - Hormat (IDEAL -TRUTH)

Kritikan terhadap konsep KILLER-CT tercatat ada 21 rekan Blog I-I yang keberatan, sedangkan yang setuju tampaknya diam-diam saja. Mengingat argumentasinya cukup meyakinkan, mungkin saya perlu tambahan komentar dari rekan-rekan yang lain, sampai akhirnya Visi dan Misi Blog I-I bisa dimantapkan.

Sudah ada masukan tentang masalah demokratis, apa maksudnya? Bila demokratis dimaksudkan dalam proses kerja intelijen, maka akan sulit karena akan terjadi kebanyakan debat dalam penentuan operasi. Namun apabila demokratis bermakna mendukung Indonesia Raya yang demokratis, maka oke-oke saja.

Mengenai masalah keadilan juga menjadi rancu karena itu berada dalam ruang penegakkan hukum. Sementara secara hukum, intelijen di Indonesia hanya menjadi bagian dalam jaring informasi nasional dan bukan dalam kerangka polisionil, penegakkan hukum, apalagi penegakkan keadilan di tengah-tengah masyarakat. Bukankah kebanyakan pihak (DPR dan LSM) tidak menghendaki intelijen ikut campur terlalu jauh dalam bidang hukum, bahkan proses pembuatan dasar hukum bagi intelijen tidak banyak yang mendukung. Akibatnya intelijen malahan bisa seenaknya saja.

Masukkan lain:
Mengenai kritik terhadap penyimpangan intelijen, sebaiknya diserahkan kepada komisi nasional seperti Komisi Nasional atau menjadi wewenang Komisi di DPR-RI saja, jangan dilakukan oleh Blog I-I...siapa yang memberikan hak ini? apa dasar hukumnya?, jangan menjadi pengawas liar. Salah-salah dianggap oposan liar yang harus dimatikan.

Ada juga yang menganggap Visi dan Misi Blog I-I tidak ada bedanya dengan idealisme sebagian besar organisasi di Indonesia yang memiliki Visi dan Misi yang baik namun miskin dalam pelaksanaan. Jadi yang terpenting bagaimana aksinya yang nyata...?

Komentar-komentar singkat yang oke-oke saja dan sedikit perbaikan masalah redaksi tidak saya tuliskan disini.

Saya tunggu sikap kritis rekan-rekan Blog I-I

Sekian









Comments: Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters