Rethinking 04 » INTELIJEN INDONESIA

Friday, July 13, 2007

Rethinking 04

Ungkapan-ungkapan Tsar sangat menarik untuk segera direspon. Karena hal itu mengingatkan pendidikan intelijen oleh Pusintelstrat, dibandingkan dengan pendidikan Investigasi Polisi, dan pendidikan intelijen oleh Counterpart Bakin dahulu.

Perbedaan nyata kerjaan intelijen dengan Polisi adalah dalam soal pengungkapan sebuah delik hukum, intelijen mengutamakan pencegahan atas terwujudnya ancaman terhadap negara (membuka tabir masa depan). Sementara Polisi berjaga-jaga (keamanan di saat sekarang) dan mengungkap kejadian kejahatan (yang telah terjadi). Saat ini Polisi sudah merambah wilayah intelijen dengan membangun unit intelijen sendiri, namun polanya masih dalam upaya pengungkapan kasus pro-justisia.

Jadi pikirkan kembali sebelum menuduh bahwa terjadi kelinglungan dalam menjadi bekas-bekas langkah di hamparan pasir. Bagi intelijen tidak ada yang membingungkan, semuanya begitu jelas meskipun buktinya tidak cukup diajukan ke depan hukum. Sementara bagi Polisi, meskipun juga sudah jelas, namun semua bukti awal di atas pasir tidak akan secara gegabah dibahas kepada media massa, karena itu merupakan bahan penyelidikan yang sangat vital. Dengan demikian, dunia kepolisian dan intelijen Indonesia terus bekerja tanpa harus melaporkan setiap detail perkembangan kepada publik, kalo dilaporkan tentu malahan akan kontra-produktif.

Intelijen juga mengupayakan minimalisir korban serta pencegahan aksi susulan, sementara Polisi berkonsentrasi pada pengungkapan misteri kejahatan dengan penangkapan dan pengungkapan jaringnya. Dengan demikian, siapa yang linglung.

Bahwa ada dugaan permainan intelijen asing juga sudah diketahui secara jelas oleh segenap aparatur keamanan Indonesia, namun tidak semua level mengetahuinya. Sehingga bila anda bertanya kepada bagian humas, meskipun bintangya ada 10 sekalipun kata-katanya tidak akan bisa mencerminkan 100% kenyataan, karena kenyataan itu hanya bisa dipertaruhkan di depan pengadilan resmi (meja hijau) ataupun pengadilan tidak resmi (eliminasi).

Semoga bermanfaat






Comments: Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters