Selamat Jalan Bapak Intelijen Indonesia » INTELIJEN INDONESIA

Sunday, January 27, 2008

Selamat Jalan Bapak Intelijen Indonesia

Jenderal Besar Haji Muhammad Suharto pada hari ini tanggal 27 Januari 2008 pukul 13.10 waktu Indonesia bagian barat wafat meninggalkan kita. Dunia Intelijen Indonesia kehilangan salah seorang Master Spy yang telah menjadi legenda tersendiri dengan segala misterinya.

Blog I-I secara khusus menyampaikan penghormatan tertinggi atas jasa-jasa Master Spy Suharto dalam membangun Intelijen Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dengan ini izinkanlah saya memberikan gelar sebagai Bapak Intelijen Indonesia.

Berikut ini memoir khusus untuk Master Spy Suharto:

Jenderal Besar Haji Muhammad Suharto yang wafat pada usia 86 tahun merupakan prajurit perang fikiran sejati yang memiliki karakter menjadi semakin kuat dalam tekanan pekerjaannya. Bangsa Indonesia lebih mengenalnya sebagai sosok pemimpin negara selaku Presiden selama kurang lebih 32 tahun. Namun bagi Intelijen Indonesia, Jenderal Besar Soeharto adalah peletak dasar Intelijen Strategis yang fokus pada urusan politik dan khususnya pemeliharaan kekuasaan. Dengan langkah awal pembubaran dan pembersihan Badan Pusat Intelijen (BPI) pada tanggal 22 Agustus 1966, Master Spy Suharto membentuk Komando Intelijen Negara (KIN) dan langsung mengkomandoinya dengan bantuan tokoh intel kawakan Sudirgo. Sebagaimana lembaga intelijen di seluruh dunia, ada unit prestigius yang memiliki power kuat dalam KIN yaitu Opsus yang dipimpin oleh Letkol. Ali Moertopo dengan asisten Leonardus Benyamin (Benny) Moerdani dan Aloysius Sugiyanto.Dengan cikal bakal KIN tersebutlah kemudian pada tanggal 22 Mei 1967, KIN yang telah "bersih" dari unsur komunis berganti nama menjadi Badan Koordinasi Intelijen Negara (Bakin), dan almarhum Suharto secara cerdas mengelolanya melalui Jenderal-jenderal terdekat dengannya. Mulai tahun 1970 terjadi reorganisasi Bakin dengan tambahan Deputi III dan pos Opsus di bawah Brigjen. Ali Moertopo.

Pada era kepemimpinan Mayjen. Sutopo Juwono, Bakin memiliki Deputi II di bawah Kolonel Nicklany Soedardjo, perwira Polisi Militer (POM) lulusan Fort Gordon, AS. Pada awal 1965 Nicklany telah membangun unit intel PM, yaitu Detasemen Pelaksana Intelijen (Den Pintel) POM. Secara resmi, Den Pintel POM menjadi Satuan Khusus Intelijen (Satsus Intel), lalu tahun 1976 menjadi Satuan Pelaksana (Satlak) Bakin dan di era 1980-an dan kemudian berubah nama menjadi Unit Pelaksana (UP) 01.
Pada saat yang bersamaan dengan jalannya sejarah, intelijen militer yang secara teori harus fokus pada masalah intelijen tempur dengan segala informasi pertahanan dan ketahanan didesain oleh Master Spy Suharto sebagai penyeimbang informasi BAKIN sekaligus sebagai cross check.

Sebelum BPI dibersihkan dari unsur komunis, di Angkatan Darat ada lembaga yang bernama Pusat Psikologi Angkatan Darat (disingkat PSiAD) milik Markas Besar Angkatan Darat (MBAD) yang mengimbangi Biro Pusat Intelijen (BPI) yang saat itu di bawah pimpinan Subandrio. Seiring dengan pembersihan pada tubuh BPI, pada periode awal Orde Baru, Dephankam mendirikan Pusat Intelijen Strategis (disingkat Pusintelstrat) dengan anggota-anggota PSiAD sebagian besar dilikuidasi ke dalamnya. Pusintelstrat dipimpin oleh Ketua G-I Hankam Brigjen L.B. Moerdani. Jabatan tersebut terus dipegang sampai L.B. Moerdani menjadi Panglima ABRI. Pada era tersebut, intelijen militer memiliki badan intelijen operasional yang bernama Satgas Intelijen Kopkamtib. Tahun 1980, Pusintelstrat dan Satgas Intel Kopkamtib dilebur menjadi Badan Intelijen ABRI (disingkat BIA). Jabatan Kepala BIA dipegang oleh Panglima ABRI, sedangkan kegiatan operasional BIA dipimpin oleh Wakil Kepala. Tahun 1986 BIA diubah menjadi BAIS yang berdampak kepada restrukturisasi organisasi yang harus mampu mencakup dan menganalisis semua aspek Strategis Pertahanan Keamanan dan Pembangunan Nasional.

Master Spy Suharto yang Blog I-I kenal adalah sosok intelijen yang tegas dan sangat memperhatikan kecepatan dan keakuratan informasi sebagai dasar pengambilan keputusannya. Selain itu, Master Spy Suharto juga faham tentang pahitnya kebenaran dan jahatnya manipulasi informasi, sehingga ketabahannya dalam menghadapi perang opini tentang dirinya memperlihatkan kematangan mentalitas intelijennya. Begitu dingin dalam senyum yang sulit dipahami oleh kawan maupun lawannya.

Semua legenda Intelijen Indonesia seperti Zulkifli Lubis, Yoga Sugama, Ali Murtopo, Benny Moerdani, serta berbagai unsur pimpinan militer dan intelijen yang ada selama periode Orde Baru berada dalam genggaman strategi intelijen Master Spy Suharto. Perhatikan bagaimana kelihaian intelijen Master Spy Suharto dalam mengelola keberadaan Bakin-Bais yang praktis memiliki banyak kesamaan dalam operasinya.

Satu-satunya kelemahan Master Spy Suharto di mata Intelijen Indonesia adalah keterlupaan dalam membangun pondasi yang kuat bagi masa depan Intelijen Indonesia. Ketakutan yang kuat kepada loyalitas Intelijen yang dalam sejarah sering menjadi negara dalam negara menyebabkan besarnya kepentingan untuk mengkerdilkan intelijen. Rapuhnya struktur, mekanisme dan landasan kerja Intelijen Indonesia menyebabkan situasi dan kondisi intelijen bagaikan terombang-ambing dalam kepentingan politik. Sementara perubahan dan tantangan zaman yang begitu cepat telah meninggalkan dinamika Intelijen Indonesia yang tersangkut dalam pola dan paradigma kejayaan di masa perang dingin.

Jasa almarhum Jenderal Besar Haji Muhammad Suharto dalam dunia intelijen telah menjadi amalan yang tidak akan dilupakan oleh Intelijen Indonesia dari satu generasi ke generasi berikutnya. Intelijen Indonesia mendo'akan semoga amal-amal baik almarhum diterima Allah SWT dan kekeliruannya dapat diampuni.

Bagi Prajurit Perang Fikiran tidak ada dendam dalam setiap perbedaan dan konflik, semuanya begitu dingin dan beku dalam keheningan pengorbanan. Membawa rahasia negara sampai kematian menjemput. Bertahan dalam kesabaran dan pengharapan bahwa akhirnya dosa-dosa kita diampuni baik oleh Tuhan semesta alam maupun oleh umat manusia yang telah kita sakiti.

Semoga Insan Intelijen Indonesia di manapun berada tidak melupakan jati diri dan sejarahnya, namun demikian tetap berpegang pada tali yang kokoh yaitu misi dan visi memperjuangkan kepentingan nasional rakyat, bangsa dan negara Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama mencapai Indonesia Raya yang adil dan makmur sejahtera.


Hormat Intelijen Indonesia
Hormat Khusus Prajurit Perang Fikiran

Senopati Wirang

Labels:

Comments:
Kok postingan yang ini bertolak belakang dengan postingan sebelum postingan ini?

Apakah senopati juga terbawa propaganda dan gerakan anasir dari orde baru?


rgds,
kancil hutan
 
Master of spy atau Kepanjangan tangan CIA Bapak pilih yang mana?
ada banyak celah dalam tulisan bapak , bapak lupa ya...atau sengaja disembuyikan?
dari tulisan bapak ya.."Ketahuan deh" siapa bapak.:)
 
mr sw yang baik,
luar biasa.. mr spy master yang terhormat... mudah2an lebih berguna untuk yang baru mulai..
dibawah ini ada kawan yg mengutip persis isi tulisan mr sw..u/ blognya..apakah ada link? kalo tidak ada ya kebangetan copi paste tanpa ijin..!!!!
http://andritsu.blogspot.com/2008/01/selamat-jalan-spy-master-indonesia.html
 
bukankah pada masanya telah membatasi semua yang telah terbuka luas sehingga yang dirasakan sekarang tek lebih dari anak TK yang baru belajar memnaca.
 
Bukannya Bapak Intelijen Indonesia itu Zulkifli Lubis...... ?
 
MOHON IZIN UNTUK DI POSTING DI FACEbook, KARENA SAYA INGIN MENDENGA tentang hal ini, HARAP IJIN NYA DI TERIMA
 
Hati-hati akan upaya adu domba,isis yg ingin mendirikan negara islam beideologi kebangkitan khilafah islam seperti di irak dikala kedigdayaan dunia islam seperti di spanyol dari maroko,turki dinasti usmaniyah,tak bisa disangkal kejayaan tersebut sudah lewat diganti sekulerisme atau komunisme yg mengusung ideologi atheisme ,masyarakat yg tak beraga ma atau fanatisme agama- simbol agama untuk keyakinan bagi pluralisme dan hak asasi manusia malah mengekang kebebasan beragama.Hak individu kebebasan liberal kebablasan agama dipandang di negara sekuler sebagai ranah bagi pemeluknya bukan penuntun dalam bermasyarakat atau kehidupan bernegara sedangkan komunisme lebih ekstrem masyarakat tanpa kelas,perbedaan kelas ,kaya,menengah dan bawah,teori konflik oleh karl marx menafikan Tuhan dalam prakteknya massa proletar atau buruh pekerja adalah kelas yg tertindas kaum bourgouise atau kekuasaan ruling class dengan merebut dari kaum bourgouise dan membagikannya secara bersama-sama.Dari analisa saya invasi ke irak oleh Amerika dengan dalih Demokrasi harus ditegakkan dari tirani yg amerika ingini,timbul semangat kebangkitan islam demikian di suriah yg ingin kejayaan islam bersinar kembali ,porak porandanya suriah oleh perang saudara tentu ada sponsor negara adidaya seperti amerika ju ga rusia yg ingin punya pengaruh atau keuntungan dari perseteruan ini walaupun perang dingin telah lama berakhir.Isis suatu wadah bagi mereka yg ingin berjuang demi kebangkitan islam tentu jihad ini jangan mengusung ideologi kekerasan yg memaksakan kehendak sekelompok orang,keluar dari Rahmatan lilAlamin rahmatan semesta alam.perdamaian dan kebaikan olehBaginda RasulMuhammad SAW islam menjadi agama penyelamat umat manusia bukan sebaliknya bukan utk Islam.Sebagai bangsa yg merdeka kita dukung kemerdekaan dimuka bumi seperti yg termaktub dalam pembukaan UUD45 dan Pancasila ideologi negara aturan atat hukum dimasukkan kedalam lima sila utk berkehidupan berbangsa dan bernegara demi ketertiban bermasyarakat.oleh jatikramat-Bekasi.317

 
Israel ingin galang dukungan dengan berdirinya negara israel diatas tanah palestina jelas Bangsa Palestina diinvasi agresi zionis israel yg menjajah dengan diproklamirkannya negara israel menyrobot wilayah Palestina yg dimasukkan kedalam wilayahnya yaitu tujuan zionis israel raya didukung inggris imperialis sesama imperialis israel bercokol dijaja han inggris tersebut atas kontribusi zionis terhadap upaya invasi jerman di eropa sebagai negara superpower.317
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters