Mencla-Mencle » INTELIJEN INDONESIA

Friday, February 01, 2008

Mencla-Mencle

Sekedar menjawab beberapa pertanyaan yang mempertanyakan sikap Blog I-I atas wafatnya mantan Presiden Suharto, maka perlu ditegaskan disini bahwa dua tulisan sebelumnya tidak bertentangan. Karena sangat jelas, bahwa dari sisi pekerjaan sebagai seorang intel, almarhum Suharto punya catatan prestasi. Juga sangat jelas bahwa dari kontroversi masalah korupsi, pelanggaran HAM, dan rapuhnya struktur ekonomi nasional Indonesia, yang juga melibatkan keluarga besar Cendana dan kroni-kroni Golkar dan Militer, maka almarhum Suharto meninggalkan catatan yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah sekarang.

Dengan demikian Blog I-I mudah-mudahan tidak terlihat mencla-mencle.


Comments:
Hehehe .. terlepas dari beladiri atau tidak, Intelijen itu dasarnya memang mencla mencle


salam
 
Seharusnya kita menilai hasil karya seorang mantan pemimpin secara menyeluruh (bukan hanya dari bidang tertentu.. misalnya: politik), serta dianalisa mulai dari tujuannya.. prosesnya.. dan hasil akhirnya.

Mari kita lihat sekarang:
- Apakah arah pembangunan negara kita sudah sesuai dengan cita-cita bangsa? (PELITA 1 s/d 5 yang merupakan program pembangunan 5 tahunan hanya omong kosong belaka dan merupakan kesalahan jangka panjang. Buktinya, pada akhir dari PELITA 5 yang diharapkan merupakan tahap "tinggal landas" negara kita justru mengalami "jatuh bebas").
- Apakah kita sudah berjalan sesuai dengan arah yang sudah ditetapkan? (kayaknya belum tuh: jumlah departemen aja berubah2 terus setiap ganti kabinet; koordinasi aparat pemerintah sangat buruk.. pemimpinnya ngapain aja sih?; banyak kebijakan yang menyimpang, baik disengaja maupun tidak; penyimpangan pelaksanaan di lapangan lebih banyak lagi; dll.)
- Bagaimana dengan hasil kepemimpian beliau selama 32 tahun di berbagai bidang? (banyak sekali PR sulit yang ditinggalkan kepada kepemimpinan berikutnya, bahkan seakan-akan tugas2 tsb tidak pernah dikerjakan; korupsi & manipulasi sudah sangat mengakar di berbagai bidang; landasan politik/ekonomi/budaya/dll. sangat rapuh; pendidikan sangat tidak merata; kemiskinan di mana-mana; moral masyarakat yang tidak karuan; dll.)

Sekian dulu dari saya, salam.
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters