NAMRU 2 » INTELIJEN INDONESIA

Friday, April 25, 2008

NAMRU 2

Namru 2 = Intelijen AS.....hahaha benar-benar ramai komentar dan pandangan para ahli dan pengamat intelijen di media massa tentang Namru 2, sampai-sampai ada yang menganalisa Namru 2 sebagai cover CIA untuk mengawasi pilpres seperti diungkapkan AC Manullang.

Reaksi pertama saya atas sejumlah polemik di media massa, termasuk komentar Pimpinan kita Bung JK, adalah sedih teramat sedihnya. NAMRU 2 (The Naval Medical Research Unit 2) yang berada dibawah Angkatan Laut AS adalah sebuah proyek bergengsi dengan nilai investasi yang sulit kita bayangkan, bila dikatakan alatnya miliran rupiah, maka sangat mungkin berpuluh kali lipat. Suatu investasi yang besar tentu mengharapkan hasil yang besar pula, apa bentuk hasil dari sebuah proyek penelitian tidak lai tidak bukan adalah sampel virus dan antidote-nya, yang apabila sukses akan menghasilkan pemasukkan yang luar biasa, sehingga nilai investasi penelitian akan kecil dibandingkan dengan keuntungannya.

Selain itu,.....


keberhasilnya menanggulangi keganasan dan pola-pola serangan virus juga sangat penting dalam pengembangan senjata biologi rahasia, itulah sebabnya akses ke NAMRU 2 sangat dibatasi. Blog I-I telah mengirimkan tenaga ahli ke dalam laboratorium NAMRU ketika masa terminasi kerjasama itu dilakukan pada akhir 1990-an dan awal tahun 2000. Rekomendasi dari berbagai pihak terkait adalah bahwa proyek itu selesai. Namun berkat kelihaian AS, bisa tetap eksis sampai sekarang. Informasi yang Blog I-I kumpulkan mungkin tampak biasa-biasa saja yaitu mengenai beragam sampel penelitian yang sangat penting dalam upaya pencarian anti virusya, ambil saja contoh malaria yang telah puluhan tahun tidak juga diumumkan kepada masyarakat Indonesia apa hasil kerja NAMRU, gagalkah mereka atau telah disembunyikan?

Belum lagi dengan kejanggalan Avian Flu yang telah Blog I-I pastikan bukan wabah di Indonesia. Kejanggalan yang tidak mengikuti seluruh pola berjangkitnya sebuah wabah (natural virus outbreak) tersebut bisa diperhatikan dari jatuhnya kematian demi kematian orang Indonesia yang secara random terjangkit Flu Burung hingga saat ini. Ketika kasus Flu Burung meledak di China, pemerintah China sudah mendeteksi adanya unsur kesengajaan untuk menghambat laju pertumbuhan ekonomi China, hingga pada saat itu kasus Flu Burung ditutup-tutupi oleh Kementerian Kesehatan, hingga akhirnya dinyatakan sebagai keadaan darurat. Karena kewaspadaan China sangat tinggi dan operasi intelijen segera digelar, maka upaya teror terhadap rakyat China tersebut segera teratasi, bahkan langkah drastis berupa penghancuran industri ayam di China-pun ditanggungnya.

Indonesia yang setengah hati dan masih dalam keraguan apakah Flu Burung itu sebuah wabah atau bukan berjalan dalam langkah yang tidak pasti, sehingga kebijakan penanganannya terkesan tidak terpadu, bahkan ada pihak-pihak pejabat di Depkes (tentunya bukan Menterinya) yang mencoba menjelaskan bahwa Flu Burung adalah wabah alami, seharusnya yang bersangkutan segera dipecat saja karena tidak memiliki sensitifitas terhadap kewaspadaan nasional dan kematian orang Indonesia akibat Flu Burung.

Apakah lantas kita tuduh saja Namru 2 itu sebagai suatu operasi intelijen? Tentu saja hal ini menjadi reaksi yang kurang elegan juga karena terlalu banyak pengamat yang entah mengapa berkicau memberikan komentar yang tidak bermutu. Seharusnya dalam kasus ini para ahli asal Indonesia segera dimintai keterangan karena para ahli asal AS pasti akan membantahnya habis-habisan.

Mengenai Dino Patti Djalal, meskipun Blog I-I pernah secara keras menegurnya, namun kurang setuju apabila karirnya dimatikan begitu saja atas dasar dugaan dan karakternya dihancurkan dimata publik sebagai akibat tuntutan sejumlah pihak civil society dengan tuduhan sebagai agen AS. Dino adalah anak muda yang cerdas dan memiliki potensi yang baik, namun kesombongan dan over confidentnya telah membutakan matanya dari dinamika perdebatan politik dan kepentingan di dalam negeri. Seandainya saja Dino mendengarkan kritik keras Blog I-I untuk lebih berhati-hati dan mencoba melihat persoalan dari sisi lain, mungkin ia tidak akan terlalu keras dalam menentang intelijen Indonesia bahkan bisa bersinergi untuk Indonesia Raya. Nasi sudah menjadi bubur, apakah ada langkah-langkah perbaikan dari Bung Dino, sebaiknya demikian...bukan asal bantah saja. Perlu Bung Dino pahami bahwa pengadilan publik lebih sadis daripada klarifikasi di depan hukum.

Kekesalan para Patriot Indonesia Raya dalam kasus Namru 2 sangat wajar dan harus kita dukung bersama dalam kerangka kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Meskipun demikian, langkah-langkah yang diplomatis juga hars secara gigih mengikuti gejolak kekesalan itu. Jangan sampai secara emosional mengeluarkan segala caci maki atau bahkan tuduhan yang tidak dilandasi oleh fakta-fakta. Karena hal itu akan dengan dimanfaatkan balik oleh AS untuk kembali menekan Indonesia. Patriotisme tanpa kecerdasan akan membabi buta, sebaliknya kecerdasan tanpa bimbingan kepedulian kepada nasib bangsa dan negara juga akan terpuruk dalam kesombongan pribadi.

Kasus Namru 2 akan dipertahankan oleh AS bukan karena masalah atau kondisi politik di Indonesia, tetapi lebih kepada kekayaan sumber-sumber penelitian dan investasi biomedik yang sangat mahal. Tentunya Indonesia harus bisa menekan untuk dapat memperoleh atau menikmati hasil penelitian tersebut. Namun dalam prakteknya, seperti diungkapkan seorang informan Blog I-I sangatlah sulit karena keseluruhan kontrol.kendali ditangan para ahli AS, sementara tenaga ahli asal Indonesia sebagian besar telah disuapi oleh AS sehingga wajar bila terjadi divided loyality. Bahkan sejumlah pejabat birokrasi baik di Depkes, Dephan dan Angkatan Laut secara diam-diam juga ada yang memuluskan proyek Namru.

Apa yang Blog I-I harapkan dari merebaknya polemik Namru yang telah berulangkali terjadi adalah kesungguh-sungguhan pemerintah secara terpadu mengambil langkah yang tegas sekaligus juga tetap menjaga norma diplomasi dengan menyampaikan posisi dan sikap secara utuh. Apabila AS tetap ngotot untuk melanjutkan proyek Namru, maka harus ada keberanian untuk mengatkan tidak atau mengatakan iya dengan syarat yang mnguntungkan Indonesia. Syarat yang menguntungkan Indonesia itu juga harus dilengkapi dengan rencana dan program pengawasan penelitian Namru. Kemudian pemberian status diplomat juga harus dicabut segera.

Akhir kata, semoga gerakan civil society yang menyoroti Namru 2 juga juga didasari oleh kejujuran dan kepedulian dan bukan karena manuver politik tertentu untuk menjatuhkan seorang Dino Pattu Djalal. Mudah-mudahan juga Dino memiliki jawaban yang jelas atas segala tuduhan kepadanya serta dapat mempertanggungjawabkan posisinya yang selalu membela perpanjangan proyek Namru, singkatnya apa dasarnya?

Apa yang terjadi dalam proyek Namru 2 setidaknya dapat menjadi pelajaran dan case study bagi komunitas intelijen tentang pentingnya menyatukan derap langkah kebijakan pemerintah. Sehingga kita bisa melihat bahwa meskipun Menlu, Panglima TNI, dan BIN sudah pernah menyarankan berakhirnya proyek Namru, namun hal itu tidak terkoordinasi dengan baik. Karena kebocoran-kebocoran pada level pejabat di Depkes cukup memprihatinkan, semoga Ibu Menkes tetap diberi kekuatan dalam membersihkan jajarannya.

Sekian, mohon koreksi dari pihak-pihak yang paham tentang proyek Namru 2
SW



Labels: , ,

Comments:
Kasus NAMRU-2,menunjukkan bahwa pemerintah indonesia tidak memiliki kordinasi politik yang kuat antar birokrasinya.Saling bantah, saling tuding,adalah drama pejabat politik kita.NAMRU-2 akan tetap bergeming.
Bukan bermaksud meremehkan intelijen indonesia,apakah ada kepentingan intelijen indonesia dibalik NAMRU-2?siapa yang diuntungkan dengan adanya NAMRU-2?murni kepentingan riset kah?atau riset pertahanan-biologis?
 
sepertinya kurang mendalam beritannya
 
jadi gimana kelanjutanya si namru ini?
 
om seno tulisanya saya dukung banget..... emang insan-insan pemerintahan kita khususnya inteliken harus belajar banyak dari kasus ini...agar tidak kecolongan di masa yang akan datang

by the way koq lama gak muncul sih om? kmana aja..

dylan_beatles@yahoo.com
 
om ada yg mau saya tanya sama om....apa sih om bedanya kegiatan intelijen sama spionase
apakah semua kegiatan intelijen adalah kegiatan spionase?
soalnya setahu saya kedatangan NAMRU ke indonesia dari awal adalah untuk melakukan kegiatan Medical intelligence (medint)......dan apa bedanya NAMRU dengan Armed forces medical intelligence center(AFMIC)?

saya rasa kalau benar kegiatan intelijen sama dengan kegiatan spionase seharusnya indonesia sudah awas dengan kegiatan mereka dari awal......

oiya om kayaknya senopati-senopati muda kita harus banyak belajar ya! soalnya kalau benar NAMRU "bermasalah" ber-arti kita kecolongan 2 operasi besar negara 50 bintang. EHM dan NAMRU.....

mohon pencerahanya ya om.
-Bob'dylan'Kalashnikova-
dylan_beatles@yahoo.com

salam hormat
 
AS FAR I CAN RECALL, I'VE TOLD THE DPR REGARDING THIS MATTER A YEARS AGO... SEEMS THAT THEY HAVE A VERY SLOW PROCESS IN THEIR BRAIN.
 
SW apakah di negara lain yg terdapat project Namru para penelitinya juga mendapatkan kekebalan diplomatik penuh? selain di Asia tenggara dimana sajakah Namru?
 
namru-2 memang double mission
 
Jadi betul, NAMRU itu terkait riset biomedik dan senjata biologi di Indonesia?
 
Yah, gak usah kerjaan yang skalanya canggih. Yang ece-ece aja dulu. Pernah gak ada koordinasi antara Telkom, PAM, sama PLN. Gali-tutup lobang. Bukti paling jelas dan paling kasat mata. Apa di antara mereka ada koordinasi? Masing2 membawa kepentingannya sendiri. Uang, uang, uang yang ada di otak koruptor2 itu, gak ada keinginan gimana caranya menyelamatkan uang negara. kerja yang efisien dan lebih cerdas gitu.
 
Let me tell you about this Lab namru 2...Its 1 of the USA Bad Planning, Before they put namru 2 in Indonesia, USA put this lab in Philippines but the Government over there have strength and brain to kicked them out because the government knew if one of the virus spell out and build uncured disease its will destroyed whole country but for USA if its happen its only "ASIAN MONKEY" who will suffer not an American. If Namru is profit for world why USA not put it in their country?? the answer is simple because again USA tried to destroyed ASIA.why USA not allowed Indonesia to access into that LAB?? simple because they didn't want We find out what their are doing inside and we find out their secret to destroyed Indonesia using Virus GUN.
After got kicked from Philippines they came to Indonesia and met stupid representative in Government and paid Corruption money and again behind us USA laughing because Corruption Government help their Job to destroy this country and for USA we are just"ANOTHER ASIAN MONKEY".
 
Namru-2 tuh yang dipercetakan negara, bukan? hehehe, gw dah pernah kesana taun 90-an, gw diajak jalan ke sana sama kakak sepupu gw yang kerja disana (skr dah pindah ke amrik). waktu gw disana emang kelihatan peralatannya emang canggih, gw aja sempet diajarin meriksa nyamuk pakek mikroskop disana. cuman emang untuk penjagaannya (manusia-nya) ga terlalu kuat, ga tau lg deh kalo yang lain. satu lagi yang gw ingat, kakak gw ini pernah pergi ke papua untuk ambil darah masyarakat disana. sepertiya memang masih banyak pertanyaan yang harus dicari jawabannya menyangkut namru-2.

NKRI=Harga Mati...
 
Qq_marley sAid

think

Itu dah complicated.semua

Mengapa karena Namru Tu dah lama BAnget di Indonesia

Sejak zamAn Orde Bru. Yg mengherankan. Kenapa baru sekarang YA.Orng bertanya tanya.buat saya Nonsen Menkes Ga TAhu!!!!!.Apa LAghi ada StateMent Nya yg mengatakan 'Saya Aja Ga Tahu ITu aPA'.itukan dah pembodohan.
KALIAN peRCAYA gA?
ya JELAS GA MUNGKIN laH DIA GA taHU.iNI SEMUA MASAKAH kEPENTINGAN
bANYAK kALI CERITA MENKES.MUNGKIN DIA GA KEBAGIAN jatah ato Palah Namnya.karena sudah sifat NEgara ini Panas panas Taik Ayam.menggali isu isu.trus dikubur. Awak Rakyat biasa dibutakan.ditulikan.ya GA?
bicara mengenai solusi.

Qq_marley said

Ga Ada.never.kita lihat saja tutup namru.mana Ada.ga bisa.bukan PESIMIS.cause Qq_MARLEY hampir semua demang2 di indonesia baik udah berakar dengan AS.kalau melawan,mwmbelot.Pasti jatuh.Kita cuman bisa berkoar di blog Ini.GunanYA ga Ada.benarkan?
Malah di spy intel Asing.kasihan Banget indonesia Ku.Rusak dalam LAh pokonYA.trus membusuk.cerita mngenai senjata biologi.Qq_marley said

indonesia dijadikan Bahan percobaan.nuklir da biasa bro.biologis memang bukan baru tapi jarang KAn.terdengar IsuNYa.yakin dan PAsti.imdonesia dijadikan bahan percobaan.sebagai senjata anti biologis.IstilahNya
diKASI RACUN DULU BARU MADU.kasihan.
Ironist_lesh@yahoo.com
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters