Tentang Selebaran Gelap atas nama BIN » INTELIJEN INDONESIA

Thursday, November 27, 2008

Tentang Selebaran Gelap atas nama BIN

Ada sekitar 71 email yang menanyakan tentang dokumen berjudul "Pengendalian Stabilitas Parpol Menjelang Pemilu 2009" yang ditulis atas nama As'ad Ali Said dan diedarkan di kalangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kemudian ada sekitar 3 komentar yang disampaikan pada tulisan-tulisan di Blog I-I yang menanyakan hal yang sama. Pihak-pihak yang mencoba konfirmasi sebenarnya telah memiliki keraguan yang mendalam tentang dokumen tersebut. Namun tidak ada salahnya jika saya berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana menilai otentikasi sebuah dokumen.

Pertama, perhatikan judul dan penulisnya. Model dokumen yang disebarkan jelas bukan laporan intelijen serta bukan pula telaahan intelijen (analisis). Judul yang digunakan mencerminkan bahwa penulis tidak mengerti politik atau berusaha mengaburkan maknanya. Judul berupa pernyataan "Pengendalian Stabilitas Parpol" tidak masuk logika intelijen kemudian isi dokumen tidak mencerminkan upaya-upaya pengendalian yang mengarah pada stabilitas parpol. Sebaliknya ada semacam pembenturan pandangan-pandangan penulis yang dikonfirmasi dengan sumber yang tidak jelas dengan mengutip pandangan orang tertentu yang tidak disertai fakta informasi. Kemudian penulisnya disana tertulis As'ad Ali Said, ada kesalahan fatal disana serta penyebutan Badan Intelejen Negara, juga ada kesalahan fatal di dalamnya. Dua hal yang tidak mungkin terjadi dalam kesalahan ketik sekalipun di dunia intelijen.

Kedua, alur tulisan yang lompat-lompat tidak terstruktur dalam pola analisa intelijen. As'ad adalah murid terbaik yang pernah saya latih, pendiam...tenang dan hampir tidak pernah meleset dalam menganalisa suatu keadaan. Satu hal yang membuat saya percaya dengan analisanya adalah pada struktur tulisannya yang khas. Tidak pernah diawali dengan kekonyolan kesimpulan berupa pernyataan sembrono yang penuh penilaian sebagaimana dokumen yang disebarluaskan tersebut. Bahkan murid saya yang paling burukpun tidak akan pernah mengawali sebuah tulisan dengan kesimpulan yang tendensius seperti dokumen tersebut. Ada suatu model analisa intelijen yang diawali dengan pernyataan yang cenderung menyimpulkan, namun hal itu sebatas pada suatu leading sentence untuk memudahkan Presiden segera memahami duduk persoalan karena gentingnya situasi atau pentingnya suatu masalah.

Ketiga, ketidaksesuaian judul dengan isi jelas mencerminkan penulis juga bukan seorang ahli propaganda yang baik sehingga langsung kelihatan. Atau bisa jadi tujuannya memang menjatuhkan nama baik seseorang atau kelompok politik atau hanya sekedar iseng agar terjadi suatu keadaan yang merugikan pihak-pihak yang disoroti.

Keempat, penulis tidak konsisten dalam memposisikan dirinya dengan menggunakan beberapa penyebutan atas dirinya sebagai subyek penulis (mohon pelajari teknik-teknik menulis dan analisa intelijen). Hal ini merupakan suatu hal yang fatal bagi analis intelijen yang dapat berakibat pada dicabutnya status sebagai analis intelijen. Perhatikan juga bagaimana tulisan-tulisan dalam Blog I-I ini.

Kelima, saya memperhatikan adanya percampuran yang bersifat fakta dan opini dalam beberapa paragraf. Hal ini khas tulisan penyesatan, namun karena ditulis oleh seorang amatiran hasilnya sangat buruk.

Keenam, silahkan rekan-rekan Blog I-I simpulkan sendiri.

Ketujuh, mudah-mudahan trik ini bermanfaat dan dapat dipergunakan untuk dokumen-dokumen lain yang mungkin akan muncul lagi menjelang pemilu 2009.

Terima Kasih

Salam
Senopati wirang




Labels: ,

Comments:
saat matahari ke sebelas tenggelam di ufuk barat jelang akhir masa kita pasang mata dan awasi telinga di sekitar kita fokus kepada nomor ibukota kuda empat warna merah di mana mana amankan keluarga di sisi timur ibu kita hanya di sana mercu suar tak bisa menembus pun kembang api tak kan terasa sinarnya trisula akan berbicara melati akan bergandengan.......jangan merahkan ibuku



werkudoro22
 
lihat juga..atas dan bawahnya jangan-jangan ada tulisan latihan....dokumen yangb untuk latihan para siswa...kalau analisisnya ngaco namanya juga tugas siswa....
 
UNTUK : PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DENGAN NOMOR URUT 8.
Sejak berkiprah di arena pemilu 1999 dan 2004, fakta menunjukkan bahwa perolehan suara dan kursi PKS mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebagai salah satu dampak dari konsistensi pengkaderan di di pusat dan didaerah serta konsisten menjaga citra bersih di mata publik Indonesia.Gerakan Peduli Tetangga yang dipromosikannya juga sedikit banyak memberikan pencerahan kepada rakyat untuk membentuk kesadaran politik sebagai warga negara Indonesia yang baik dan benar sekaligus membangkitkan solidaritas sosial.
PKS merupakan satu-satunya partai yang solid ditingkat kepengurusannya dalam arti mampu mengelola konflik internal serta mengemasnya dalam komunikasi publik yang elegan sehingga tidak menjadi preseden buruk bagi pengurus dan konstituennya di daerah-daerah.
Kader PKS yang loyal, disiplin, dan memiliki militansi yang tinggi, menjadikannya nilai lebih dalam pengorganisasian sekaligus menjadi daya tarik yang luar biasa bagi partai politik lainnya.
Anti-Narsisme sebagai jargon internal, cukup efektif untuk menekan rasa kebanggaan diri yang berlebihan yang mungkin bisa menghinggapi jiwa setiap kadernya sehingga mereka selalu rendah hati ibarat ilmu padi. Semangat anti-narsisme ini dipromosikan ke publik yang menimbulkan beragam reaksi.
Peduli Pahlawan sebagai Guru Bangsa merupakan jargon politik dan aksi politik yang menuai protes dari berbagai kalangan yang merasa hak monopolinya(Ikon Tunggal) terhadap tokoh pahlawan nasional tersebut coba diambil alih oleh PKS.
Islam-Nasionalis Inklusif merupakan positioning baru yang mulai dikomunikasikan secara implisit kepada publik.
Partai politik berbasis Islam, menjelang pemilu 2009 mengalami perpecahan dan muncul partai politik baru sebagai imbas dari konflik internal yang tak kunjung selesai.
Konteksnya adalah KOMPETISI antar parpol Islam dan antara parpol Islam dengan Parpol Nasionalis-moderat.
Kemelut bangsa dan negara yang dipicu oleh krisis ekonomi global membutuhkan kesadaran yang utuh dan bersama dari semua elemen bangsa untuk menyelamatkan Indonesia Raya dengan komitmen kebangsaan yang tinggi serta kedewasaan politik yang matang.
Bersatunya semua elemen politik Islam di negeri ini untuk membangun kejayaan Indonesia merupakan harapan yang dinanti rakyat se-nusantara.
Dengan keberadaan selebaran tentang PKS yang mengatasnamakan institusi Intelijen yang kita banggakan itu, cukup menjadi sebuah keprihatinan yang mendalam terhadap munculnya aksi kelompok tertentu yang berupaya mengoyak persatuan antaranak bangsa.
BIN merupakan lembaga negara yang cukup terhormat.
Analisa BIN hanya untuk PRESIDEN RI tidak untuk UMUM !
BIN hanya mengabdi kepada Negara bukan kepada kelompok kepentingan oportunis.
 
bagaimana dengan Plausible Denial?

terkadang laporan intelijen sengaja dibuat "cacad" agar bila terjadi kebocoran, atau memang sengaja dibocorkan, dapat dibantah dengan alasan "kecacatan" tersebut.

itu kan standar intelijen, saya yakin bang seno setuju.
 
Bisa ngga yah pihak BIN menelurusi dokumen itu. Karena telah terjadi KEBOHONGAN PUBLIK atas nama Lembaga Negara yang terhormat.
Biar tau rasa yang coba-coba mempermainkan Lembaga Negara..Biar Nyaho...
 
"Analisa BIN hanya untuk PRESIDEN RI tidak untuk UMUM!"
wah berarti BIN org suci donk? Presiden boleh beda BIN orangnya tetap sama.
Kebayang kaya difilm2 yang mimpin negara itu bukan Presiden tapi "sekelompok orang"
 
banyak intelijen asing masuk ke NKRI yang tujuannya memang untuk memecah belah, mengapa Israel berani menghantam Pelestina di tengah krisis ekonomi seperti ini ? dan kenapa mereka tidak takut akan kecaman negara lain ? Karena mereka sudah mengirim agen-agennya kesetiap negara terutama negara2 maju untuk melihat situasi bagaimana apabila israel menyerang palestina, kemudian para agen israel memberikan analisa bagaimana kemungkinan sikap dari negara yang sekarang tempat mereka tinggal, karena banyak analisa agen yang menyatakan negara lain hanya mengecam dan tidak mengambil tindakan maka israel berani mengempur palestina.. kembali mengenai dokumen yang tercecer atau yang sengaja dicecerkan bisa jadi itu adalah ulah para agen israel, ingat agen mereka pun sudah ada di sekitar kita.. untuk itu kita harus selalu setia dan waspada untuk mengawal NKRI ini...
 
masa'iya sih? kalo iya tentu ada targetnya ! paling2 supaya tidak ikut menuju.....
 
ibuku sayang ibuku malang..
utk menjaga keutuhan NKRI memang g mudah..dan ulah dari sebagian orang yang bisa dikatakan tidak bertanggungjawab memang sangat merugikan dan dapat membuat kekacauan seperti yang dituliskan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab kepada sebuah partai politik tersebut. yang jelas maksudnya hanya membuat propaganda semata.
mari kita jaga NKRI

salam sayap negara
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters