Prinsip-prinsip Kontra Intelijen » INTELIJEN INDONESIA

Friday, August 21, 2009

Prinsip-prinsip Kontra Intelijen

Sekedar sebagai penyegaran kepada para Ronin dan Senopati tanpa Tuan yang berhati merah-putih, khususnya jaring Blog I-I, perkenankanlah saya menyampaikan beberapa prinsip yang harus rekan-rekan hayati dan jalani dalam melaksanakan fungsi kontra intelijen terhadap musuh-musuh Indonesia Raya.

Beberapa prinsip tersebut antara lain:

1. Aktif dan menyerang, maksudnya adalah bahwa seorang perwira dan pelaksana fungsi kontra intelijen harus memiliki prinsip aktif mencari tahu gerakan dan tujuan lawan serta dengan seksama mengamati setiap langkah yang ditempuh lawan. Menyerang disini bukan berarti secara realita melakukan penyerangan, melainkan tidak bertahan, tetapi bahwa kita beroperasi di wilayah hukum kita, tidak ada yang perlu ditakuti dalam mengamati lawan siapapun dia. Berbeda dengan model bertahan, adalah hanya untuk pengecut yang ketakutan di rumah sendiri.

2. Menguasai medan dan jalanan, sebagai kelanjutan dari sikap yang aktif maka prinsip penguasaan medan dan jalanan adalah syarat mutlak dalam melakukan operasi kontra intelijen. Dengan penguasaan medan dan jalanan akan membuat jalannnya operasi berjalan lancar dan natural serta tidak ada kejutan dari pihak lawan karena berbagai seluk-beluk lingkungan adalah dalam penguasaan kita. Hal ini juga akan mengurangi manuver intel asing yang pandai menghilangkan jejak ketika sedang diawasi.

3. Tidak mengabaikan analisa. Salah satu kelemahan unit operasional adalah seringkali meremehkan analisa karena bagi mereka sudah bertahun-tahun melakukan kegiaan kontra intelijen, pengalaman dan insting di lapangan lebih penting. Namun dunia sangat dinamis dan berbagai metode juga berkembang pesat, sehingga sangat diperlukan pengetahuan yang luas khususnya dalam menganalisa model-model kegiatan intel asing yang dalam kaitan ini memerlukan analisa.

4. Terus-menerus dalam peningkatan dan penyegaran operasi dengan latihan-latihan. Berbagai pendekatan untuk meningkatkan profesionalitas unit kontra intelijen harus dilakukan secara berkala baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini untuk menjaga kesegaran dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. Selain itu juga untuk memperkaya dan mempersiapkan kesiagaan unit kontra intelijen dalam mencermati setiap dinamika dan kemajuan zaman dalam operasi-operasi intelijen di seluruh dunia. Denan bekal tersebut, unit kontra intelijen akan siap mendeteksi dan menghancurkan jaringan operasi intelijen asing di negara.

5. Bergantian, maksudnya adalah bahwa akan lebih efektif dan segar apabila para pelaksana dalam unit kontra intelijen bekerja secara bergantian dan tidak bertahan dalam satu posisi terlalu lama. Hal ini merupakan tuntutan pekerjaan untuk dapat fokus pada operasi dan tidak berpikir kemana-mana. Satu hal yang juga sangat perlu adalah adanya rotasi dimana petugas non-kontra intelijen juga perlu mengalami operasi kontra intelijen untuk melenngkapi, setidaknya 2 sampai tiga tahun.

6. Tidak pernah menyerah merupakan prinsip yang tidak bisa ditawar karena hal ini berkaitan dengan keberhasilan misi mengkonter intelijen lawan.

7. Tidak sombong/merasa paling hebat dalam jajaran intelijen. Setiap fungsi intelijen penyelidikan, pengamanan dan penggalangan memiliki keunikan dan kesulitan tersendiri yang menjadi model yang tidak dapat dihindari. Perilaku menang sendiri dan sombong yang dipicu oleh eksklusifitas suatu unit operasi seringkali membuat lupa diri dan ketertutupan unit yang justru akan berdampak negatif bagi pengembangan acara

8. Mudah bekerjasama adalah suatu prinsip sederhana yang sulit dilaksanakan karena seringkali kenyataan menunjukkan bahwa ego pribadi dan sektoral lebih besar dibandingkan dengan kepentingan operasi. Faktor ini sering membuat operasi kontra intelijen berantakan karena pihak musuh telah tahu potensi perpecahan yang dan memanfaatkannya untuk melakukan adu-domba.

9. Menghargai dan menghormati profesi

10. Mengetahui sejarah intelijen Indonesia, kisah-kisah legenda intelijen dan kontra intelijen, serta menjadikannya sebagai modal dan acuan dalam mengarungi perang intelijen tanpa akhir.

Demikian, silahkan ditambah atau dikoreksi.
Terima kasih
SW

Labels:

Comments:
sip...


jaya I-I

hehehe
 
peran intelijen diperbesar donk supaya dapat membantu keamanan dan ke stabilan politik dalam negri
 
Contra spionage in 20"th era perlu juga melihat cakupan penetrasi melalui jalur economic.
Strategy yg mapan dan bisa diterapkan secara sistematis akan dapat lebih menggalang para punggawa dan senopati untuk melakukan perang tanpo wujud.
Thanks banget Mbah SW, smoga ALlah memberkahi dgn amal meletakkan ketahanan indonesia raya melalui blog ini.
Salam.
Khembara.
 
Contra Spionage in the 21th era, sangat significan mengkaji celah economic. Disini Perang tanpa wujud sering terjadi bergelombang.
Sangat banyak hal di dalamnya yang perlu secara mendasar dipahami sehingga indonesia raya terus berkibar. sudahkah punggawa dan senopati all out disini ?.

Terima kasih mbah SW dengan berbagi halnya, semoga sehat dan berkah dengan peletak I-I.
Khembara.
 
Hanya saya dan beberapa kawan saya yang mengetahui ttg hal ini. Thanks
 
Saya hanya prihatin melihat bangsa kita sudah di kuasai oleh agen2 asing. Tetapi untung masih ada orang2 di Indonesia yang sangat mengetahui semua belang ini. Musuh2 dalam selimut semakin merajalela dan mau tak mau suka tak suka, mereka akan berhadapan pula dengan orang2 penyelamat di balik tirai. Jumlahnya bs dihitung dengan jari. Sekian dulu info saya, semoga dengan masih adanya orang2 ini, segala macam kedok dan tipudaya akan hancur dengan sendirinya.

Salam,

Imansyah Rukka
 
ada kegamangan d hati tiap2 kita untuk dpt membedakan mana jihad n mana jahat?
 
Faktor yang tak kalah penting untuk menandingi para teroris adalah peran serta aktif seluruh elemen masyarakat bangsa indonesia. Sangat jelas kalo teroris itu adalah musuh besar bangsa Indonesia. Teror yang ditebarkan telah merusak sendi-sendi pembangunan. Indonesia berusaha bangkit untuk mencapai Indonesia jaya, tapi karena ulah teroris membuat aspek keamanan di Indonesia membuat tidak nyaman untuk para investor dalam menanamkan modalnya dan bagi rakyat Indonesia sendiri. Ekonomi menjadi tersendat kembali. Untuk itu peran seluruh elemen masyarakat dalam memberantas teroris harus digalang kembali tanpa membedakan latar belakang. Kemana kah elemen2 bangsa yang biasanya peduli terhadap kondisi bangsa, tapi dengan adanya teroris yang menyebar teror, seakan tenggelam ditelan bumi. Praktis hanya pihak kepolisian yang banyak terlibat. Baru belakangan ini TNI mulai membantu. Harusnya seluruh elemen bangsa harus bangkit dari tidur, bahu membahu memberantas the no.1 public enemy yaitu teroris. jangan biarkan teroris hidup nyaman di Indonesia hanya untuk memaksakan sebuah tujuan demi sekelompok orang. jangan berikan ruang gerak yang luas bagi para teroris untuk mengembangkan sayap. Indonesia Jaya harus tetap berdiri dan tercapai, jangan takluk oleh segelintir orang saja.
 
Mossad, adalah Dinas Rahasia Luar Negeri Israel yang paling dibenci, ditakuti, sekaligus disegani. Konon, penangkapan Dr Azhari, teroris asal Malaysia, di Batu Malang, juga merupakan operasi Mossad.

Banyak sudah buku-buku yang mengungkap serba-serbi tentang kegiatan Mossad ini. Tapi tidak banyak buku yang mengungkap tentang kelemahan dan kebobrokannya, dan ini justru ditulis oleh mantan agennya sendiri.

Sisi Lain Tipudaya Mossad, ditulis oleh mantan agen Mossad yang kecewa dengan perlakuan Mossad terhadap dirinya. Ia terpaksa harus bekerjasama dengan intel Rusia, Inggris, bahkan mantan musuh bebuyutannya, intel Yordania dan Mesir, demi upayanya mempermalukan Mossad sekaligus menjatuhkan reputasi mereka di dunia internasinal. Buku ini dilampiri dengan artikel-artikel media dan sumber-sumber lainnya untuk menjaga kesahihannya.

Kenalilah lawanmu!!!

ISBN: 978-9-793-93026-8 Harga setelah diskon Rp 47.200 (belum termasuk ongkos kirim). Diantar sampai ke tempat Anda di mana pun di Indonesia.

Baca halaman depannya di http://puspri.com/product/89/292/sisi_lain_mossad

Wasalam,

Puspri
 
HANOMAN 61 SAID: KITA BUTUH BADAN KONTRA INTELIJEN, KITA BELUM PUNYA MAS. KEGIATAN KONTRA INTELIJEN MASIH DIBAWAHI OLEH BADAN2 INTELIJEN. MERAH PUTIH !!!!! HIDUPLAH INDONESIA RAYA
 
Sudah sejak lama saya menganalisa dan mempelajari secara empirik kegiatan-kegiatan kerja agen asing dan modus-modusnya.....
 
Soul The Ird

Dalam politik lintas negara, segala upaya intelijen & Kontra intelijen adalah Niscaya.Secara rasio, kontra intelijen itu dilakukan diluar wilayah domestik,bagaimana agar unit intelijen "negara sponsor" dapat melakukan segala kinerja intelijen didalam "negara sasaran"(yang lain), ini yang dinamakan secret war(penggalangan yang dipermulus oleh pengamanan Eksternal=Eksfiltrasi).Hanya saja di negara berkembang, logika itu menjadi terbalik yaitu kontra intelijen hanya menjadi pengamanan domestik atas lingkar kekuasaan. Maka jangan heran jika banyak dari para punggawa intelijen negara berkembang sangat Power Oriented(menjadi anjing2 Penjaga Kekuasaan).Terjadinya Teror Bom di J.W.Marriot yang lalu adalah bentuk dari lemahnya "logika intelijen" negara berkembang.Sehingga jangan heran jika segenap analisa intelijen RI hanya berkutat seputar situasi domestik.Oleh karena itu mengapa segenap sumber daya RI yang dikerahkan tidak pernah sanggup untuk membongkar segenap covert clandestine war(lintas negara,lintas benua)yang bisa terwujud secara alami, tanpa harus digalang ulang oleh negara sponsor.Teror adalah bagian dari operasi intelijen,tapi operasi intelijen tidak hanya semata-mata teror. Karena segenap peristiwa intelijen merupakan suatu situasi yang berisi begitu banyak plot(skenario)kinerja intelijen. Yang pasti, jangan mimpi.. akan ada penggalangan tanpa pengamanan, serta pengamanan tanpa penyelidikan.Adanya penyelidikan terlahir karena adanya Target(sasaran) yang jika menjadi Titik Penggalangan menjadi Situasi aktual yang berisi multi kepentingan.(08X XXXX X666X)
 
wah sy itu masy. Biasa tp sy salut kinerja intel2 kita bnyak yg perlu d apresiasi. Sy sdkt thu ilmu intelejn. Sy ingn blajar byk n expert d bidang intljen. Smg bgsa indonesia ini tetap jaya slamax.
 
Menurut Qu inteligen itu penuh kerahasiaan dan hanya user yg memegang kendali, apa pun konskwensi nya harus di jalani.
" Tiada kawan, tapi yg ada Calon Lawan."
indonesia memiliki intelijen-intelijen yg tak pernah di publikasikan.saya percaya bahwa indonesia memiliki intelijen yg handal & profesional.
 
makasih Gan, bnyak blajar dri tulisan ini. sukses slalu.
 
PEMIMPIN KITA HARUS SELALU WASPADA TERHADAP BANGSA YANG MEMPUNYA SEJARAH SEBAGAI PENJAJAH APAPUN ITU NAMA ORGANISASINYA KARENA MEREKA ITU TELAH MEMPUNYA PENGALAMAN RATUSAN MENJAJAH BANGSA LAIN DAN MERASAKAN BETAPA NIKMATNYA MENJAJAH ITU HINGGA KINI MASIH TETAP MEMPERTAHANKAN HEGEMONI. SUMBER DAYA MANUSIA MELIMPAH SEDANG SUMBER DAYA A;AM TIDAK MENCUKUPI YA HARUS EKSPANSI DENGAN CARA APAPUN. PENJAJAHN ITU TIDAK UNTUK GAGAH-GAGAHAN NAMUN PENGUASAAN KUE EKONOMI ITU YG PENTING. SAMPAI KAPANPUN BANGSA PENJAJAJAH TETAP MENJAJAH (TERUTAMA BANGSA KULIT PUTIH).
 
NKRI Harga mati. bagaimanapun cara nya

 
NKRI Harga mati. Hukum yg adil dan rakyat yg sejahtera pertahanan kuat satu negara.

 
NKRI Harga mati. Hukum yg adil dan rakyat yg sejahtera pertahanan kuat satu negara.

 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters