Berpikir Kritis Intelijen » INTELIJEN INDONESIA

Tuesday, November 03, 2009

Berpikir Kritis Intelijen

Kita sering mendengar istilah berpikir kritis, apakah maksudnya? apakah hal itu berarti kita menjadi seorang ahli kritik yang berhasil melihat kekurangan dan kemudian mengkritisi dan memperbaikinya? Ternyata tidak sesederhana itu.

Orang yang senang melakukan kritik, belum tentu memiliki tawaran jalan keluar yang tepat. Sebaliknya orang tidak bisa mengkritik sangat mungkin tidak mampu melihat kelemahan dari suatu persoalan.

Cara paling tepat dalam memahami berpikir kritis adalah sbb:

Suatu kebiasaan cara pandang kita terhadap suatu persoalan berdasarkan tujuan dan manfaat, serta didasari oleh penilaian-penilaian yang obyektif dan akurat berdasarkan observasi, pengalaman analisa, teori, serta informasi-informasi yang tersedia yang kemudian menghasilkan pemahaman-pemahaman yang beragam yang kemudian kita saring dan menghasilkan produk yang terstruktur dengan baik yang mencakup deskripsi dan argumentasi yang logis.

Jadi singkat kata agak lebih luas dari sekedar kritik mengkritik bukan?

Andaikata analis intelijen membiasakan diri untuk berpikir kritis, tentunya hasilnya akan luar biasa.

Sekedar Kopi hangat di sore menjelang malam yang dingin.

Salam Indonesia Raya
SW

Labels: ,

Comments:
senopati skr tulisannya datar2 aja, apa skr udah lelah dan tumpul dalam menganalisa kondisi dan situasi
 
lemahnya intel bukan krn kualitas SDM-nya,klo kita liat secret operation metro tv atau baca buku ken conboy,baru kita sadar ternyata intellijen kita cukup jago.masalahnya sekarang UU sbg payung hukum yg belum ada bahkan tidak menjadi prioritas di DPR.ada apa dengan DPR?apakah ada penyusup di DPR?
 
FYI, saat ini di DPR sedang dibahas RUU Intelijen. dan diharapkan awal 2011 sudah bisa diketok palu
 
Intelijen Indonesia sdh bagus,. tapi belakangan ini agak mirip obsesi per filman,. dulu waktu saya di Rekrut Ari.J.Kumaat semua Intelijen Lapangan agen2 muda tdk ada yg berkoar kalau dirinya intelijen krn selalu berfikir kritis, & sangat tertutup, eh skrg malah ada universitas nya,
 
suatu "keterbukaan" merupakn sebuah penyamaran yang sempurna.
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters