"berani tidak dikenal, mati tidak dicari, berhasil tidak dipuji, dan gagal dicaci maki" » INTELIJEN INDONESIA

Saturday, December 04, 2010

"berani tidak dikenal, mati tidak dicari, berhasil tidak dipuji, dan gagal dicaci maki"

Hanya sebuah catatan pinggir yang mungkin dapat mengingatkan jati diri seorang insan intelijen.

Terhadap prinsip sebagaimana tertera pada judul artikel ini, saya berkali-kali memberikan catatan yang agak berbeda sedikit, namun juga ada hal-hal yang tidak dapat ditawar sebagai prinsip yang harus dipahami seorang intel.

Silahkan dibaca....

"berani tidak dikenal" adalah salah satu prinsip dasar yang tidak dapat dibantah lagi dalam profesi seorang intel. Apabila kita bertemu/berkenalan dengan seseorang dan yang bersangkutan mengenalkan diri sebagai seorang intel, maka ia telah melanggar prinsip kerjanya sendiri. Penngecualian dapat saja terjadi ketika kita berada di dalam pertemuan komunitas intelijen, ataupun dalam rapat di lembaga pemerintah dimana kita mewakili institusi intelijen, atau bahkan dalam pertemuan internasional dimana pesertanya adalah kalangan intel. Penyakit ingin dikenal biasanya terjadi justru pada tahap awal menjadi seorang intel atau pada saat telah menduduki jabatan yang cukup tinggi. Ibaratnya seperti juga seorang yang baru belajar bela diri silat sabuk putih dengan sedikit kembangan, jurus, belebat dan tapak, kadang kebanggaan menjadi bagian dari perguruan silat melebihi kemampuannya dalam bela diri. Semantara, harga diri seorang pejabat intel, kadang meledak pada saat ada pihak-pihak meremehkannya, sehingga munculah perilaku ingin dikenal.

"mati tidak dicari" sebenarnya merupakan prinsip government denial atau penyangkalan pemerintah terhadap keberadaan seorang intel/agen yang hilang atau mati dalam sebuah operasi di negara lawan. Hal ini sangat penting guna meredam terjadinya konflik yang lebih besar antar negara, sehingga seorang agen yang ditugaskan di luar negeri secara mental selalu siap untuk dianggap tidak ada, dimana kematiannya-pun tidak akan dicari. Prinsip ini hampir tidak pernah diterapkan dalam operasi di dalam negeri, kecuali pada saat terjadi perang saudara atau pemberontakan yang besar.

"berhasil tidak dipuji" adalah sebuah prinsip yang dibangun untuk memupuk/membangun jiwa rendah hati seorang intel. Mengapa seorang intel perlu memeiliki kerendahan hati? Hal ini semata-mata demi kelangsungan hidupnya untuk membiasakan diri tidak mencari pujian atau berkompetisi semata-mata demi nama atau jabatan. Secara psikologis, manusia akan selalu senang dipuji atas keberhasilan/sukses dalam kehidupannya. Intel juga manusia yang haus akan pujian, namun pujian dalam dunia intelijen perlu direduksi guna menghindari lahirnya kesombongan/takabur yang sering menjerumuskan seorang intel dalam keadaan yang menyedihkan karena kesombongannya.

"gagal dicaci maki" adalah sebuah prinsip dimana tidak ada kata gagal dalam kamus pekerjaan seorang intel, sehingga hanya caci-maki yang akan diterima seorang intel yang gagal. Mengapa intel tidak boleh gagal? bukankah manusia wajar saja apabila gagal? Dalam kondisi ekstrim, hal ini berangkat dari prinsip keadaan perang dimana kegagalan seorang intel dapat mengakibatkan kematian atau kekalahan dalam perang sehingga tidak dapat diampuni. Apakah kita dapat hidup tenang apabila kegagalan kita menyebabkan kematian banyak sahabat dan rekan kerja kita. Kemudian prinsip tersebut diabadikan dalam dunia intelijen untuk mendorong seorang intel memaksimalkan skill, kemampuan, dan kreatiftasnya dalam menyukseskan pekerjaan operasionalnya. Saya berikan contoh sederhana yang secara filosofis dapat menjelaskan kondisi ini sbb:

Tugas yang diberikan oleh pimpinan secara mendadak adalah menghadiri pertemuan rahasia di Hotel Indonesia jam 3 dinihari tanggal XX bulan YY tahun 2010. Posisi anda pada jam 2 dinihari di Depok tanpa memiliki kendaraan bermotor. Beberapa kawasan menuju Hotel Indonesia banjir. Dapat dipastikan anda akan terlambat atau bahkan tidak dapat menghadiri pertemuan dimaksud. Apakah anda bisa melapor pada pimpinan dan menyampaikan maaf Pak saya gagal mencapai Hotel Indonesia jam 3 dinihari, sehingga tidak tahu isi pertemuan rahasia dimaksud. Silahkan dipikirkan masing-masing.

Semoga bermanfaat.
SW

Labels: , , ,

Comments:
pak senopati wirang yang saya hormati

bisa bapak jelaskan bagaimana data2 rahasia negara bisa bocor dan tersebar melalui internet? apa ada intel kta yang berkhianat? atau intel kita yang lemah?

mohon penjelasannya agar bangsa dapat tenang

terima kasih
 
^.^
kalau menurutku, telpon staf terdekat untuk mengantar pakai heli, atau pinjam motor orang terdekat. Jika masih tidak memungkinkan langrung konfirmasi ketidakhadiran agar atasan menggunakan plan cadangan atau bantu.
 
:-)
 
sangat mencerahkan pak, terima kasih.
omong-omong dalam silat tidak ada istilah ban hitam :D
 
wah, saya memiliki seorang kakak tugasnya sebagai intelegent, semoga intelegent di indonesia makin hebat, biar kayak amerika jadi bisa counter dari segala hal yang gak baik :)

http://awaluddin.com
 
Thanks for share, it's a nice article
grammar
 
selamat sore pak, sebagai pikiran orang awam, saya berani berenang ya harus berani basah. selalu berupaya dan perbaikan terus menerus untuk hasil yang lebih baik apapun konsekuensinya. pak saya ingin bertanya apakah kabar dikabel diplomatik wikileaks benar A1, bagaimana bapak menganalisanya.
trims.
 
Pak SW semoga masih ingat saya "BY"
 
"berani tidak dikenal, mati tidak dicari, berhasil tidak dipuji, dan gagal dicaci maki"..walaupun dunia intel memang terkesan kejam dan "ruwet"..paling tidak ajarkanlah kami untuk mencintai NKRI, mencintai bangsa ini untuk generasi kita selanjutnya..terimakasih..
 
walaupun dunia intel memang kajam atau terkesan semrawut,anmun paling tidak ajarkan kepada kami bagaimana mencintai NKRI,mencintai negara ini..dan untuk generasi selanjutanya..terimakasih
 
Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )
 
Masih ingatkah sebutan Pasukan Prajurit Fikiran (PPF).."sbg prajurit aku hilang............"
 
Prajurit Perang Fikiran..."sebagai Prajurit..aku hilang..."
 
perlu ada reformasi, tidak hanya dalam sisi birokrasi tapi dari sisi pemikiran, mind set
 
salahe gelem dadi intel....
 
sangat mencerahkan bapak, trima kasih
 
saya kenal sama beberapa polisi
yg intel jg memperkenalkan diri sbg intel
makanya, sy heran
kirain prinsip2 diatas cuma ada di film2
ternyata emg seharusnya gt to??
 
tidak banyak intel2 kita yg berani bersikap seperti itu :(
 
Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)
 
Pak sw yth.mampor deh ke:www.shaykhabdalqadir.com,www.globaliamagazine.com,www.wakalanusantara.com,www.geraidinar.com,www.dinarfirst.com,www.cahyono-adi.blogspot.com.http://nurahmad.wordpress.com.terima kasih.bocah angon-SA. fb:akhmad pamadya pangaribawa,email witar81a@yahoo.com
 
nice..
sempatkan mengunjungi website kami http://www.the-netwerk.com
sukses selalu!
 
Intelijen adalah sebuah sistem organisasi, dimana loyalitas dan tanggung jawab dipegang sangat kuat, sedangkan manusia adalah individu yang unik. Hanya kesamaan ideologi saja yang membuat organisasi intelijen berjalan. Kalau ideologinya sudah berbeda, double agent adalah niscaya.
 
Hi, after I read the articles you write, to be honest I am very happy at all, because the article immense benefit to the people, I hope this will not stop here alone. To further strengthen the friendships you please visit my blog, comment, criticism and constructive suggestions for improvement blogs that I have. Glad I could meet you. Thank you
 
berani menantang arus....
salut dah..
saya belum sampai ke situ,..
nice info, sukses selalu..
slam kenal, http://www.hajarabis.com
Follow twitter kami di @hajarabis
 
bagus banget artikelmu…
tingkatkan, tetap semangat…
di tunggu kunjungan baliknya
@ Get A New Articles
d follow ya…thanks^^
 
Visit Back Please..
HACKER BLITAR
NEO DEEVRO
BACEM GAKURE
DEEVRO
ThnkZ 4 Visit .. ^_^
 
nice..
sempatkan mengunjungi website kami http://www.the-netwerk.com
sukses selalu!
 
Saya jadi sungguh salut dengan orang-orang yang berani bekerja sebagai spy atau bahasa halusnya intelijen ini. Mereka sungguh2 berperan besar bagi negara, sesungguhnya mereka ini juga pahlawan tanpa tanda jasa
 
Data Rahasia Militer Indonesia Dicuri di Korsel

Tiga pencuri membobol kamar delegasi Indonesia di Seoul, mencuri sejumlah data rahasia soal militer Indonesia. Demikian diberitakan The Korea Times, Ahad.

Ketiga pencuri itu masuk leluasa karena kamar delegasi Indonesia di Hotel Lotte tidak dijaga. Total ada 50 delegasi Indonesia yang menginap di hotel tersebut.

Menurut polisi lokal, pencurian ini diduga terkait informasi jual beli senjata antara Indonesia-Korea Selatan yang sangat sensitif.

Delegasi Indonesia bertamu di Korsel sejak Selasa pekan lalu. Selama tiga hari mereka berkeliling Korsel, bertemu dengan pejabat pemerintah dan pebisnis untuk kerjasama bilateral di bidang ekonomi dan militer.

Pencurian terjadi Rabu pekan lalu, ketika aparat keamanan Indonesia mengawal delegasi berkeliling.

Menurut polisi, ketiga pencuri diperkirakan dari ras Asia. Dua pria dan satu perempuan. Ketiganya membobol pintu kamar dan mengunduh file dari laptop seorang delegasi, menggunakan flashdisk.

Sayangnya, kamera keamanan hotel terlalu buram untuk mengidentifikasi siapa pencuri tersebut. Pihak Korea Times tidak mengetahui apakan pemerintah Indonesia akan mengajukan keluhan diplomatik terkait insiden serius ini.
 
nice..
sempatkan mengunjungi website kami http://www.hajarabis.com
sukses selalu!
 
nice...
sempatkan mengunjungi website kami http://www.hajarabis.com
sukses selalu..
 
semga intel indonesia semakin mantap
 
mang kasian org yg kayak gtu ntu
 
wah betapa beratnya jadi seorang intel, semoga intel-intel yang ada di Indonesia semakin hebat dn kualified...
 
Bagus

Bukankah seharusnya intel itu ada, terlihat, terasa tapi tidak bisa dibuktikan?

Kok pilihannya dari Depok ya? BTW Depok - HI dgn motor kira2 30-45 menit, nothing impossible ;)

Keep the good works.

CJR
 
apakah kualitas petugas intel di Indonesia semuanya sudah sesuai dengan prinsip2 di atas?kira2 berapa persen ya?ternyata berat juga yah jadi seorang intelejen,terutama harus melawan keinginan untuk dipuji,dan dibaggakan oleh orang lain
 
tolong bahas tentang pertahanan maritim indonesia, aku dapat informasi bahwa ada konferensi internasional tentang kelautan di surabaya bulan april ini
 
@caera mengecilkan perut

maaf newbie ikut nimbrung,,kebetulan temen sy ada yg berprofesi di Intel Kepolisian,,dia pernah menjelaskan klo intel Polri sifatnya Organik dalam artian pada situasi tertentu org2 boleh tahu identitas dia sbg Intel Polisi krn tugas dasar Polisi sbg Pelayan & Pelindung hanya saja yg perlu d garis bawahi adalah misi atau Tugas yg sedang d emban tetap tidak boleh dibocorkan..sekian...
 
wah perjuangan yang berarti dan membutuhkan energi extra. Tetap semangat pak menjalankan tugasnya..
 
seumur idup saya, udah 2 kali membongkar jati diri seorang intel, yg pertama karna faktor kelalaian dan yg kedua pengakuan dari yg bersangkutan sendiri....welehhhh welehhhh
 
wahh,, susah juga klo jd intel ya..
"mati tidak dicari?"
tp saya ga akn nyerah,soal.a kn itu cita2 saya..
apapun resiko yg hrs ditanggung..
harus siappin mental dari skrg..
 
Intel banyak musuhnya gan
 
Artikel yang menarik..
Makasih infonya..
Salam...:)

Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
http://fis.uii.ac.id/
 
pencerahan yang bagus sekali ...

artikel yg bagus ..
makasih banyak ya ..
salam kenal dan semoga sukses :)
 
salam kenal n sukses selalu....blog anda sanggat informatif. thanks
 
Salam Satu Jiwa Indonesia ku
 
Saya kagum dengan keberanian anda menulis blog seputar intelijen. Namun apa sudah dipastikan aman dari peretas alias hacker? Karena sebagai seorang terdidik, saya sangat menghormati peran intelijen.
 
wah berat juga ya tp niatin aja deh.udah jadi cita-cita saya untuk mengabdi sama bangsa dan negara yg saya cintai bukan untuk gaya-gayaan.penasaran gimana ya cara pengrekrutan rahasia?bisa tolong dijelaskan pak SW?
 
wauuu keren banget
untuk tau lebih lagi kunjungi aj websiti kami di http://ict.unsri.ac.id
terima kasih.
 
kalo misalkan diniatin inssya alloh smuanya pasti ringan
 
intel indonesia memang okee...
sipp deh buat tugasnya...
 
seandainya saya bisa jadi intelegent

jangankan mati ga dikenal, kenegaraan ga ada,ga ada ktp, ga ada identitas, atau udah dianggap mati, ga ktemu keluarga, atau mungkin operasi pelastik sekalian saya ga masalah

negara NKRI bisa salah/jahat, presiden bisa salah/jahat, pemerintah bisa salah/jahat,
BIN jg bisa salah/jahat...

saya cinta negara indonesia,Saya yang jelas memihak kepada kebenaran/kebaikan
 
seandainya saya bisa jadi intelegent

jangankan mati ga dikenal, kenegaraan ga ada,ga ada ktp, ga ada identitas, atau udah dianggap mati, ga ktemu keluarga, atau mungkin operasi pelastik sekalian saya ga masalah

negara NKRI bisa salah/jahat, presiden bisa salah/jahat, pemerintah bisa salah/jahat,
BIN jg bisa salah/jahat...

saya cinta negara indonesia,Saya yang jelas memihak kepada kebenaran/kebaikan
 
kenapa bisa berkhianat gitu yah, berarti gak sayang sama tanah air kelahiran sendiri
 
Jadi intel hrs brtanggung jawab. Tdk boleh mencari masalah.namun hrs bisa menyelesaikan masalah. Mohon agar kepolisian negri ini kmbali pada tugas dan fungsi masing2.krn diakui maupun tidak ,ada sebagian aparat yg tega menjual kode etik demi sesuap nasi. Maju terus intelkam indonesia.
Maaf jka comen ane agak panas. Demi kemajuan bangsa ini
 
Korps senopati tanpa lencana
 
Wakakakakakakkakakakakak
 
Maju terus intelejen kita..kami mencintai NKRI
 
pekerjaan para hantu, tapi bukan hantu. tak ada yang tahu hanya hati nuraninya dan Tuhannyalah yg tahu....
 
sesuatu definisi intelegen tidak lebih dari : Apapun yang diperintahkan harus dijalankan dengan ksatria pilihan dengan segala konsekwensinya dan bahkan bukan seperti sang nenek kehilangan sendok yang dipinjam tetangga.
# kode etik : Jika anda memberi bahwa anda intelegen atau anda ketahuan dan diketahui orang lain sebagai intelegen kecuali pimpinan anda MaKa Saat itu juga Anda GUGUR sebagai Intelegen, Alias Pecundang Murahan atau mirisnya Pengkhianat".
by x-1A
 
intel person yg bagus itu benarnya semi "metafisik" sifatnya. tidak bisa dirasa,tidak bisa dilihat,diendus, tapi ada. covernya adalah tanpa cover.
 
iki apik tenan, yg buat blog minta comment yg comment di catet siip sakses pakdhe hehehe intel-indomie telor
 
makasih info nya, salam kenal,.

model rumah
gambar rumah
Kreasi Jilbab
Obat Gatal
 
Intel it pekerjaan yg cool.....gampang aja klo mau tau itu intel tanya aja langsung begini, anda intel ya pak? Kira2 sorang abdi negara sekelas Intel...langsung marah gak ya pak!!!
 
trus kalo suatu saat seorang hotel itu tiba2 menghilang, bagaimana dgn nasib keluarganya, bingung mencari..
 
trus kalo suatu saat seorang intel itu tiba2 menghilang, bagaimana dgn nasib keluarganya, bingung mencari..
 
Tdk kemana-mana tp ada dimana-man
 
Weruh sak durunge winarah
 
MASIH BISA COMMENT YM SW' mhn YM berkenan lawat situs www.kesultananbintan.org, www.basyirahmedia.com, www.kesultananbintan.com,terima kasih.cantrik SPSW .SA (akhmad pamadya pangaribawa)
 
Walaupun banjir intel akan ttap mnhadiri prtmuan rahasia tsb, mskipun dia di dpok jam 2 dini hri, krna prtmuannya jam 3 dini hri tp tidak pada hari tsb, shgga msh bisa dtang
 
Intel itu apaan sih?
 
Yang benar2 indomie telor harap jangan pakai bumbu hidangkan mie nya saja terimakasih
 
Intel keren menurut gue adalah james bond
 
Thanx sangat bermanfaat..
 
Woiii...istighfar,.
Jalani hidup and nyari nafkah yg pasti2 saja.
Jang sok2an mau jadi intel,.
Kalian itu terlena,korban film,and tukang menghayal.
Ngurus diri sendiri belum becus,
Ngaca dulu kalo mau jadi intel.
komen kalian pada sok,argumen yg ga ada manfaatnya,
Ingaaat..kalian tukang menghayal
 
James Bond 007 itu intel terngetop sedunia gan, musuhnya banyak kalah semua oleh james bond tapi itu hanya film. Semoga Intel Indonesia bisa seperti James Bond
 
Semoga intel Indonesia semakin jaya. Indra Waspada Negara Raharja
 
-.. B3 -... --. 61c-
 
Almarhum pahlawan munir yg sering
Kita knal sbgai aktifis HAM ternyata seorang Intel... baarokallahu fihi...
Saya tau dri om saya yg ternyata seorang intel pula
 
Lalu kejadian di Ambon dan Poso itu, kenapa tidak di antisipasi oleh intelijen, dengan korban begitu banyak.
kan yg bermain di sana pasti unsur asing, senjata bisa diselundupkan seenaknya.
 
Berangkat kerja berarti mati...semoga para keluarga diberikan ketegaran dan hati yg lapang. Hidup Intel Indonesia....
 
patriot bangsa.

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

 
Film. Thhe bourne
 
Ya alhamdulillah intel indonesia masih memegang teguh prinsip itu. Contohnya saya mempunyai tunanagan, tapi saya tidak pernah tau pekerjaan asli dia itu apa saya hanya diceritakan garis besarnya dan mencoba perrcaya serta bertahan. Mereka hebat berani meninggalkan segalanya bahkan keluarga sekalipun mereka tinggalkan demi menjaga negara ini. Bagi mereka tidak ada cinta yg lain selain cinta terhadap tanah air. Hingga saya tau kalau dia itu intel ketika melihatnya sudah terbungkus kain kafan. Terakhir kali saya bertemu dengannya itu 6 tahun lalu ketika dia mengawali pendidikan dan bertemu sudah menjadi mayit :) semoga intel, densus, brimob dan abdi negara lainnya senantiasa diberi perlindungan dan keselamatan. Aamiin.
 
Semua sajian di artike ini sangat menarik dan bermanfaat. Sukses terus ya ???
 
mungkin kekuatan intelijen kita sudah bagus. namun dalam kekuatan cyber security. ini patutu diperketat. mungkin disitulah rahasia negara bisa bocor. penguatan intelijen di masa sekarang tidaklah cukup, dan harus diiringi penguatan di departemen2 lain, departemen politik, sosial dan ekonomi serta cyber security. intinya penguatan intelijen harus diiringi dg penguatan cyber security
 
your post is nice.. :)
keep share yaa, ^^
di tunggu postingan-postingan yang lainnya..
 
Rasanya hidup segan mati enggan aja kayanya yg jd keluarga, apalagi sebagai ibunya. Saya pengalaman pribadi pdkt pacaran deh sama intel kopasska. Dan gaenak banget sumpah.. Nomor hp nya banyak ganti2, nama di ktp nya beda2, di ktpnya ga ada alamat, pekerjaan dikosongin juga. Serem. Beneran deh kalo mati bawa ktp juga rasanya percuma soalnya di ktp dia pake banyak nama tanpa alamat dan data pekerjaan. Lewat ya sudah.. Jadi krn saya saat itu pengecut dan ga siap kalo tiba2 dia tugas trs mati menghilang, sy putuskan mending putus aja drpada beban mental.
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters