Selamat Kepada Bangsa Indonesia » INTELIJEN INDONESIA

Thursday, April 10, 2014

Selamat Kepada Bangsa Indonesia

Kebesaran hati bangsa Indonesia sekali lagi teruji melalui pesta demokrasi pemilu legislatif 2014. Berdasarkan quick count sudah tampak peringkat sementara hasil pemilu sbb:
  1. PDI-P
  2. GOLKAR
  3. GERINDRA
  4. PD
  5. PKB
  6. PAN
  7. PKS
  8. NASDEM
  9. PPP
  10. HANURA
  11. PBB
  12. PKPI

Kemungkinan pergeseran tidak terlalu besar kecuali pada papan tengah yang diisi oleh PKS, NASDEM dan PPP yang mungkin ada pergeseran karena persaingan suara yang ketat. Sementara yang lainnya memiliki perbedaan yang signifikan sehingga sulit bergeser. Pergeseran posisi antara PD dan PKB juga masih terbuka kemungkinan besar PD akan tetap sedikit lebih unggul dari PKB. 

Ramalan Blog I-I meleset sehingga dapat dikatakan perkiraan berdasarkan informasi jaringan Blog I-I kurang akurat. Meskipun demikian beberapa posisi yang disebutkan Blog I-I juga persis sama dengan hasil quick count. Dari semua perkiraan, jumlah suara yang paling mengejutkan adalah PKB yang mengungguli semua partai-partai berbasis umat Islam. Hal ini menunjukkan bahwa disamping pemilih tradisional dari kalangan NU, PKB juga mendapatkan limpahan suara dari masyarakat yang kecewa dengan Partai Demokrat. Sementara itu, dua partai yakni PBB dan PKPI diperkirakan akan sulit menembus ambang batas parlemen sebesar 3,5 persen.

Terlepas dari analisa politik terkait hasil pemilu legislatif, kita menyaksikan bahwa terjadi proses "pemerataan" suara pemilih dengan semakin banyaknya partai yang berada dikisaran 5-10% yakni 7 partai, sementara 3 partai dipastikan berada di atas 10% namun kemungkinan besar tidak ada yang dapat maju sendirian atau dengan kata lain harus berkoalisi untuk mengajukan pasangan capres-cawapres. Apabila PD dan PKB pada penghitungan real mampu menembus 10% maka akan semakin merata dimana 5 partai di atas 10% dan 5 partai antara 5-10%. 

Ujian berikutnya bagi pimpinan partai politik adalah kelihaian dalam berkoalisi yang tepat. Disini kita akan menyaksikan bagaimana proses koalisi akan terjadi dan dipekirakan akan mengerucut pada antara dua hingga tiga pasangan capres-cawapres saja. Karena UU No.42 Tahun 2008 mensyaratkan 25% suara atau 20% kursi di DPR, maka dalam analisa sementara berdasarkan quick count dengan menggunakan asumsi syarat 25%, maksimal pasangan yang mungkin terwujud sebagai capres dan cawapres adalah tiga pasang apabila gerak koalisi menjadi merata seperti dibawah ini.  
  1. PDI-P - PKB - Nasdem  = sekitar 35%
  2. Golkar - PAN - PKS - Hanura - PBB = sekitar 35%
  3. Gerindra - PD - PPP - PKPI = sekitar 30%
Mungkin saja akan terjadi koalisi yang tidak merata tergantung pada popularitas pasangan capres-cawapres. dimana perhitungan para petinggi partai lebih kepada kemungkinan menang mutlak pada pasangan tertentu. Kemungkinan memunculkan cawapres "independent" menjadi kecil karena masing-masing partai yang memiliki suara yang signifikan khususnya yang berada di kisaran 10% akan berani menawarkan posisi cawapres untuk berkoalisi. Apapun yang akan terjadi kita tunggu bagaimana proses politik akan berjalan selama 90 hari ini menghasilkan deklarasi pasangan capres-cawapres yang akan bersaing untuk memikul beban dan tanggung jawab mensejahterakan bangsa Indonesia.

Suatu kebahagiaan yang mengharukan manakala kita berhasil melalui suatu proses pergantian kepemimpinan nasional secara damai yang menjadi kesinambungan pembangunan. Betapapun masih ada kelemahan di partai politik dan elit politik, betapapun kita menyaksikan emosi para pendukung fanatik, dan betapapun kita kadang merasa pesimis dengan calon-calon pemimpin nasional, kita harus yakin bahwa dinamika dan segala kegaduhan demokrasi akan terbayar oleh akuntabilitas para wakil rakyat dan pemimpin nasional yang kita pilih. Para politisi akan terus belajar dan memperbaiki diri sekaligus memperbaiki kehidupan rakyat Indonesia. Gerak dan arah perubahan sudah semakin jelas, cahaya keberhasilan dan masa depan yang semakin gemilang menantikan bangsa Indonesia yang "santun" juga "tegas terbuka" apa adanya dalam berdemokrasi. Masyarakat-pun mulai terbiasa untuk berbeda pendapat dan pandangan untuk mencari solusi terbaik dan bukan untuk menang-menangan belaka.

Mari kita tanggalkan fanatisme sempit dan kita bangun nasionalisme yang bermartabat dalam semangat memajukan kehidupan bangsa Indonesia. Siapapun anda sudah dapat ikut berkontribusi dengan ikut serta menjaga persaudaraan Indonesia dalam perbedaan, dengan memelihara tali silaturahmi meski berbeda ideologi partai, dengan memupuk semangat keIndonesiaan yang dilandasi keberanian dan kecerdasan dalam menyikapi dinamika global.

Selamat kepada bangsa Indonesia. Selamat kepada Pemerintahan SBY yang mengantarkan proses pemilu dengan sangat baik. Selamat kepada tritunggal TNI, POLRI dan Intelijen dalam mengamankan jalannya pemilu legislatif 2014. Selamat kepada seluruh Partai Politik yang mendapatkan kepercayaan/amanat dari rakyat. Jagalah amanat tersebut dan buktikan janji-janji kepada rakyat !

Kita masih akan melalui satu lagi pemilu pada Juli 2014, yakni pemilu Presiden-Wakil Presiden. Kita sebagai bangsa yang demokratis akan mampu melaksanakan pemilu Presiden lebih baik lagi. Semoga, dan akhirnya kita tetap perlu berserah diri kepada Yang Maha Kuasa sebagai cermin bangsa yang beragama dan meyakini Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

Salam Intelijen,
Senopati Wirang
 
 

Labels: , ,

Comments:
Saya ingin mengucapkan selamat pada bangsa Indonesia atas suksesnya pemilu legislatif 9 april kemarin. Tapi perlu di ingat bahwa masih ada pemilu presiden 9 juli mendatang. Pilih calon presiden dengan hati nurani demi Indonesia yang lebih dan makin baik lagi...
 
Selamat buat Calon partai yang menang, tapi tepati janji-janji yang sudah terucap
 
semoga para wakil rakyat terpilih ini menjalankan tugas-tugasnya dengan baik
 
Selamat buat mereka yang duduk... Dam buat yang terduduk... Bersabar.... itu resiko untuk mendapatkan sesuatu yang BESAR... Semoga kita mendapatkan pemimpin yang membawa indonesia kearah yang benar dan baik.. Lebih dari sebelumnya... Nice posting bro... Ditunggu kunjungan baliknya di http://meitanteiamiterasu.blogspot.com
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters