Perang Propaganda (Kasus Israel - Palestina) » INTELIJEN INDONESIA

Saturday, July 19, 2014

Perang Propaganda (Kasus Israel - Palestina)

Disamping perang fisik yang terjadi di Gaza, Palestina, terjadi perang propaganda yang meramaikan berbagai media utama maupun media sosial. Perang propaganda memiliki nilai penting mempengaruhi opini publik dunia yang pada gilirannya akan berdampak positif atau negatif kepada para pihak yang berkonflik di Gaza. Artikel Blog I-I kali ini mencoba melihat berbagai sisi dalam perang propaganda antara pendukung Israel dan pendukung Palestina.

Cara paling mudah memahami terjadinya proses propaganda adalah dengan mengikuti trend pemberitaan dan pengembangan opininya, memahami substansi, dan memisahkan antara fakta dan opini dari suatu berita. Apapun bentuk dan media yang dipakai, propaganda adalah tetap propaganda yang bertujuan mempengaruhi publik agar bersimpati kepada pesan yang dilemparkan, agar berpihak kepada pelempar propaganda, atau agar membenci sasaran tembak propaganda.
Salah satu akun twitter yang patut difollow dalam mengikuti perkembangan situasi di Gaza Palestina adalah akun @AlqassamBrigade namun sayangnya akun tersebut telah berada dalam status suspended. Meskipun masih ada beberapa akun lainnya yang dikelola oleh mereka yang langsung terlibat dalam konflik di Gaza, namun @AlqassamBrigade adalah akun twitter yang dapat membuat Israel khawatir. Akun tersebut selain mempopulerkan hashtag #GazaUnderAttack dan sejumlah hashtag lainnya, juga mengupdate serangan-serangan yang dilakukan sayap militer HAMAS terhadap Israel. Dalam kaitan ini, akun-akun twitter yang mendukung Israel juga berkembang pesat baik yang dikelola oleh jurnalis keturunan Yahudi maupun mereka yang bersimpati kepada Israel.

Pada segmen media resmi kita dapat membaca bagaimana pemberitaan BBC, ABC, dan CNN yang "menyalahkan" HAMAS serta cenderung berada dalam narasi yang membela Israel. Sementara opini-opini yang ditulis pengamat juga cenderung terpecah kepada mereka yang membela aksi militer Israel sebagai hak membela diri karena serangan roket HAMAS, dan mereka yang melihatnya dari kacamata kemanusiaan, dimana faktanya Israel sangat berlebihan dalam merespon serangan roket HAMAS.

Propaganda sangat penting dalam memberikan dukungan moril maupun mendudukan salah satu pihak pada posisi yang lebih baik secara moral. Oleh karena itu, kepada sahabat Blog I-I yang mendalami dunia propaganda pelajarilah baik-baik dan lakukan dengan baik dengan menggunakan fakta-fakta, Serta hindarilah fitnah karena bagaimanapun juga penggunaan segala cara dalam membentuk opini publik pada akhirnya tidak akan efektif, jangan pula lupa dengan dosa-dosa bila anda memang masih merupakan orang Indonesia yang beragama.

Sekian
Senopati Wirang

Labels:

Comments:
Saya juga heran kok ya tega menindas negara Palestina yang secara kekuatan militer pun jika dibandingkan sangat jauh dibandingkan israel jika dilakukan genjatan senjata, apalagi ditambah propaganda media barat yg menyudutkan Palestina, saya rasa ini ada kaitan dengan unsur politis
bukan lagi sentimen agama
 
hanya media yang memberikan analisis berlebihan tentang propaganda. propaganda di media sangat aneh dari kelaziman, saya harap media berusaha menciptakan kesedihan bukan menikmati keadaan di gaza! apakah media tv itu menikmati perasaan publik? ini penyakit dan berbahaya. ada proses untuk mengamati media tv di balik tayangan-tayangan mereka!? semoga agen rahasia mengerti maksud saya.
 
Menurut saya menyiarkan wacana konflik di Gaza oleh media secara terus-menerus merupakan wacana yang menjenuhkan, seandainya dari info ke info dikumpulkan dalam satu wadah/dikemas dalam "satu film dokumenter" itu lebih baik. Menggelikan sekali begitu gencarnya memberitakan hal-hal seperti itu berturut-turut seperti kehabisan materi. Dunia luar masih banyak berita positif yang bisa diekspos dan layak dikomsumsi oleh publik. Bagaimanapun juga berita propaganda adalah tindakan yang tidak bijaksana.
 
Post a Comment

Links to this post:

Create a Link



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?


blog-indonesia.com



PageRank

Flag sejak Agustus 2009 free counters